Selasa, 05 Februari 2013

Sumber Vitamin A, Fungsi dan Kekurangan Vitamin A Yang Perlu Anda Ketahui



Vitamin A selalu identik dengan kesehatan mata dan wortel. Pernyataan ini tidak salah, karena memang manfaat vitamin A salah satunya untuk menjaga kesehatan mata yakni dengan meningkatkan integritas retina dan dalam sayuran wortel pun juga banyak mengandung pro-vitamin A atau betakaroten yang selanjutnya dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Namun, perlu anda ketahui bahwa vitamin A memiliki fungsi lain untuk kesehatan tubuh anda.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan mata tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan cahaya dari luar. Gejala awal kekurangan vitamin in akan menyebabkan anda terkena rabun senja dimana keadaan ini menyebabkan penglihatan kurang jelas di kala senja. Mengingat fungsi vitamin A untuk kesehatan mata begitu penting maka penuhi kebutuhan vitamin ini dalam tubuh anda. Vitamin A sebenarnya tidak hanya terdapat pada sayur wortel saja, tetapi juga terdapat pada sayuran berwarna hijau tua seperti bayam dan buah-buahan berwarna jingga. Selain itu, vitamin A juga dapat berasal dari hewan seperti susu, hati, keju, kuning telur dan mentega.

Selain untuk kesehatan mata, berikut beberapa fungsi vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan anda:

1. Vitamin A membantu sel bereproduksi secara normal yang biasa disebut diferensiasi. Jika tubuh tidak melakukan diferensiasi akan berdampak pada kondisi pra-kanker.
2. Fungsi vitamin A yang kedua yakni dapat membantu menjaga kesehatan jaringan tubuh. Oleh karena itu, vitamin ini dapat membantu proses penyembuhan luka.
3. Vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan embrio serta janin, menentukan gen pada proses pembentukan organ-organ perkembangan embrio.
4. Vitamin A dapat membantu mempertahankan kesehatan dan struktur kulit, rambut dan gigi.
5. Vitamin A juga dapat membantu mengatasi penyakit kulit seperti jerawat.
6. Fungsi vitamin A yang terakhir yaitu vitamin A diperlukan dalam reproduksi normal dengan mempengaruhi fungsi dan pembentukan sperma, indung telur serta plasenta.
7. Menjaga kesehatan mata.
Vitamin A sangat berperan dalam pembentukan indera penglihatan. Vitamin ini akan membantu mengubah sinyal molekul dari sinar atau cahaya yang diterima retina untuk menjadi suatu proyeksi gambar di otak kita.

Macam-macam Sumber Vitamin A


1. Sereal
Berasal dari jagung kuning dan gandum

2. Umbi-umbian
Umbi-umbian yang mengandung banyak vitamin A adalah ubi kuning, ubi kuning kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah,

3. Biji-bijian
Dari biji-bijian atau kacang-kacangan adalah kacang ercis dan kacang merah

4.Sayuran
Sayuran yang mengandung banyak vitamin A diantaranya bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daun talas, bayam merah, daun genjer, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjangl, serta daun hijauan lainnya, Gandaria, kacang panjang, kankung, kol cina, labu kuning, pak soy, putri malu, ranti muda, rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo dan wortel.

5. Buah-buahan
Contohnya adalah apel, buah negeri, kesemek, mangga, pepaya, pisang, sowa serta sukun.

6. Hewani
Sumber vitamin A Hewani berasal dari daging ayam, bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur ikan dan juga telur asin.

7. Hasil olahan
Selain vitamin A alami ada juga yang berasal dri olahan seperti kepala susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta tepung susu.

Makanan yang mengandung vitamin A Tinggi

hati (sapi, babi, ayam, kalkun, ikan) (6500 mg 722%)
wortel (835 ug 93%)
brokoli daun (800 mg 89%)
ubi jalar (709 mg 79%)
mentega (684 mg 76%)
kangkung (681 ug 76%)
bayam (469 ug 52%)
labu (400 mg 41%)
collard hijau (333 mg 37%)
Keju cheddar (265 mg 29%)
melon melon (169 mg 19%)
telur (140 mg 16%)
aprikot (96 mg 11%)
pepaya (55 mg 6%)
mangga (38 mg 4%)
kacang (38 mg 4%)
brokoli (31 mg 3%)
susu (28 mg 3%)

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin A

Pernah dengar berat bayi lahir rendah? Pasti pernah kan. Nah, berat bayi lahir rendah yang terjadi dapat memunculkan adanya kekurangan vitamin A. Karena bayi dengan berat rendah, dimana berat badan bayi kurang dari 2,5 Kg lebih mudah terancam kekurangan vitamin A. Pada perkembangan umurnya jika sang bayi tidak segera ditangani mendapatkan asupan vitamin A, penyakit seperti rabun senja, xerosis kornea akan dideritanya.

Penyakit lain seperti penyakit paru-paru autoimun dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut). Penyakit paru ini akibat kurangnya berbagai vitamin termasuk vitamin A. Biasanya penyakit autonium pada paru-paru ini menyerang orang dewasa yang punya kebiasaan merokok. Namun dapat juga menyerang bayi jika kekurangan asupan vitamin A. Karena menurut tabel defisiensi vitamin, bahwa vitamin A yang memberi pengaruh lebih besar terhadap sel T pada tubuh. Sel T inilah yang berpengaruh pada imunitas tubuh.

Penyakit akibat kekurangan Vitamin A

– Hemeralopia yang timbul karena menurunnya kemampuan sel basilus pada waktu senja
– Bintik bitot (kerusakan pada retina)
– Seroftalmia (kornea mata mengering karena terganggunya kelenjar air mata)
– Keratomalasi (kornea mata rusak sama sekali karena berkurangnya produksi minyak meibom)
– Frinoderma (kulit kaki dan tangan bersisik karena pembentukan epitel kulit terganggu)
– Pendarahan pada selaput usus, ginjal, dan paru-paru karena rusaknya epitel organ
– Proses pertumbuhan terhenti

Nah, ternyata manfaat vitamin A bukan hanya untuk kesehatan mata saja kan? Semoga beberapa penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar