Jumat, 01 Februari 2013

Manfaat Vitamin dan Cara Mendapatkannya





Pentingnya vitamin bagi tubuh

Selain karbohidrat, mineral, kalori dan zat lain tubuh kita juga membutuhkan vitamin. Gunanya adalah untuk menunjang kesehatan dan memunculkan vitalitas di badan kita. Manfaat vitamin yang lain adalah untuk membantu dan mempercepat proses penyembuhan ketika kita sedang terserang suatu sakit.

Sedangkan untuk anak-anak dan remaja vitamin juga berguna untuk melancarkan proses pertumbuhan dan membangun sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Untuk golongan yang sudah dewasa maupun tua manfaat vitamin antara lain untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperlambat proses penuaan. Jadi bisa dikatakan bila di tubuh kita punya cadangan vitamin yang cukup, maka keinginan agar tetap awet muda bisa terwujud. Namun tentu saja harus disertai dengan pola hidup yang sehat dan disiplin yang ketat.


Kegunaan vitamin dan sumber-sumbernya

Jenis-jenis vitamin itu banyak sekali. Demikian pula dengan manfaat dan kegunaan serta sumber untuk mendapatkannya. Di antara vitamin yang sering mendapat perhatian dari para ahli kesehatan diantaranya adalah :

Vitamin A
Manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan syaraf penglihatan, mempercepat proses penyembuhan beberapa penyakit seperti infeksi, diare, campak dan lain-lain.

Pada seorang ibu yang sedang mengandung anaknya vitamin A juga berguna untuk melancarkan pertumbuhan janin dan organ-organnya. Sumber vitamin A yang paling banyak adalah wortel, kacang-kacangan, buah pepaya, tomat, apel dan lain-lain.

Vitamin B
Manfaat vitamin B secara keseluruhan sangat banyak dan vitamin B ini tersusun dari beberapa bagian seperti vitamin B1, vitmin B2, viatmin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 dan vitamin B12. Tiap bagian dari vitamin B ini memilki peran masing-masing dalam tubuh anda.
Vitamin B sangat berguna untuk memperlancar proses pertumbuhan pada anak-anak dan menguatkan tulang serta gigi. Selain itu vitamin B juga bisa diandalkan untuk memberi kekebalan pada tubuh bila cuaca sedang tidak bagus, sehingga virus mudah menularkan penyakit.
Manfaat vitamin B yang lain dan cukup menarik yaitu mampu mengatasi rambut rontok, radang pada kulit, kuku kusam dan mudah patah. Buktinya, beberapa produk perawatan rambut dan kulit di pasaran ditambahakan vitamin B untuk mengatasi masalah tersebut. Vitamin B ini juga dipercaya mampu membantu menyuburkan rambut.
Sumber terbaik untuk mendapatkan vitamin B adalah susu, beras merah, biji-bijian, daging, telur dan sebagainya.

Vitamin C
Manfaat vitamin C antara lain bisa menguatkan otot, terutama pada jantung dan menjaga kestabilan kolesterol serta melancarkan proses pembuangan kotoran keluar dari tubuh. Selain itu vitamin ini juga bisa membantu untuk memperlambat proses penuaan pada kulit dan menghambat pertumbuhan bibit penyakit kanker.


Sumber makanan yang paling banyak mengandung vitamin C adalah buah-buahan terutama yang berwarna merah dan kuning, sayuran yang berwarna hijau, wortel dan lain-lain.

Vitamin D
Manfaat utama dari vitamin D adalah untuk menghancurkan dan membunuh segala macam bakteri atau virus yang mendatangkan kerugian bagi tubuh sekaligus memberi kekuatan agar badan tetap kebal terhadap serangan suatu penyakit.

Cara paling murah agar tubuh kita bisa tercukupi kebutuhan vitamin D nya bukan dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Namun cukup berjemur di bawah sinar matahari di waktu pagi, sebelum jam sembilan. Sinar matahari bisa memberi asupan vitamin D yang cukup, asal kita mau berjemur diri secara rutin setiap hari.

Vitamin E
Manfaat vitamin E salah satunya adalah mengusir berbagai macam racun yang bersarang di tubuh kita. Sedang kegunaan yang lain adalah untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, menjaga agar kulit tetap sehat dan segera mengganti dengan yang baru bila ada sel yang rusak atau mati.

Sumber untuk mendapatkan vitamin E adalah sayuran yang daunnya mengandung warna hijau, kacang, buah mangga, jagung, gandum dan lain-lain.


Vitamin K
Fungsi: Membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.
Gejala kekurangan: Pembekuan darah tidak normal. Kekurangan vitamin ini jarang terjadi pada orang dewasa, tapi sering pada bayi yang baru lahir.
Dosis harian: 2 mcg per 1 kg berat badan
Sumber makanan: Sayuran hijau, kedelai, kol, brokoli, susu, hati, asparagus.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar