Minggu, 17 Februari 2013

SEBAB TUMBUH / MUNCUL UBAN DI USIA REMAJA




Berikut penyebab munculnya uban di usia remaja:

1. Kurang asupan vitamin
Mungkin tanpa disadari, nutrisi yang Anda konsumsi setiap hari tidak seimbang. Kurangnya gizi dapat mengakibatkan anemia atau kondisi ketika tubuh kekurangan zat darah merah. Anemia mengakibatkan tubuh tidak bisa menyerap vitamin B secara maksimal. Kekurangan vitamin B dapat mengakibatkan gangguan pada pigmen di rambut.
Kekurangan vitamin B12 juga bukan saja dapat memicu pertumbuhan uban yang tidak normal, namun juga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya seperti kepikunan di usia muda atau yang lebih dikenal dengan demensia.

Untuk menghindari hal tersebut tentu saja kita harus benar-benar memperhatikan asupan vitamin B12 yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini bisa didapat dengan mengkonsumsi telur, tempe, daging sapi, udang, kerang, tiram dan lain sebagainya.

2. Kelainan pada kelenjar tiroid
Menurut sebuah penelitian medis di Universitas Michigan, kelainan pada kelenjar tiroid mengakibatkan hormon di dalam tubuh tak seimbang. Hal tersebut dapat menimbulkan gejala hipotiroid. Salah satu gejala hipotiroid adalah munculnya uban sebelum waktunya. Apabila Anda memiliki sejarah penyakit tersebut, mungkin Anda perlu melakukan medical check up.

3. Rambut kekurangan sebum
Ketika rambut kekurangan cairan sebum yang berfungsi melembapkannya secara alami, maka rambut menjadi kering dan berubah warna menjadi putih. Kurangnya berbagai mineral seperti zat besi merupakan salah satu penyebab produksi sebum berkurang.


4. Menjalani gaya hidup tak sehat
Kebiasaan dan gaya hidup yang tak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, akan mempercepat timbulnya uban. Sebuah penelitian di Amerika menemukan, bahwa uban perokok lebih cepat empat kali timbul uban dibanding mereka yang tidak merokok.

5. Keturunan/Genetik
Alasan satu ini tak bisa Anda tolak. Beberapa orang memiliki kelainan bawaan yang mengakibatkan sel-sel yang memproduksi zat melanin (pigmen rambut) berhenti. Akibatnya, uban timbul lebih cepat dari seharusnya.

6. Kebiasaan merokok
Dalam rokok terdapat puluhan zat berbahaya bagi manusia, selain dapat memicu berbagai penyakit berbahaya, rokok juga dapat menyebabkan tumbuhnya uban secara prematur.

7. Kerusakan pada kelenjar tiroid
Kerusakan yang terjadi pada kelenjar tiroid menyebabkan produksi hormon tiroid terganggu, hal ini memicu pertumbuhan uban di usia muda. Kerusakan ini banyak terjadi pada kaum hawa.

8. Kerusakan kelenjar hipofisis
Kerusakan yang terjadi pada kelenjar tiroid umumnya disebabkan karena adanya masalah yang terjadi pada kelenjar hipofisis, secara tidak langsung gangguan ini mengakibatkan pertumbuhan uban secara tidak normal.

9. Pola makan yang buruk
Pola makan yang buruk biasa disebabkan karena metode diet yang salah, tidak mencukupi semua nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh pada ahirnya akan membuat anda rentan terhadap defisiensi yang meliputi rambut, gigi dan kulit.


10. Stress
Stress atau depresi berkepanjangan dapat memicu pertumbuhan uban di suia muda. Bukan cuma itu saja, hormon kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh saat kita sedang stress dapat mengundang berbagai penyakit berbahaya lainnya.

11. Penggunaan produk pemutih gigi
Kandungan hidrogen peroksida yang terdapat pada produk pemutih gigi dapat meningkatkan kadar hidrogen peroksida dalam tubuh yang pada ahirnya mengganggu enzim yang berfungsi sebagai pewarna rambut alami.

Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter terkait jika anda berencana menggunakan produk tertentu agar dapat terhindar dari efek negatif yang tidak kita inginkan. Kami lebih menganjurkan anda untuk mengikuti cara memutihkan gigi secara alami yang pernah kami tulis beberapa saat yang lalu.


12. Polusi
Lingkungan dengan tingkat kebersihan yang buruk bukan saja dapat berimbas pada kecantikan kulit, tapi juga akan mempengaruhi kesehatan rambut secara langsung.

13. Penggunaan produk perawatan rambut
Menggunakan produk perawatan rambut yang salah dapat memicul masalah uban pada remaja. Penggunaan produk-produk tersebut secara berlebihan pun dapat mengganggu ekosistim alami pada rambut.

..:: Mencegah - Mengatasi Rambut Ubanan ::..


Bagaimana cara penyeleseinnya??? Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Ubanan Di Usia Muda bisa dengan cara sebagai berikut :
Mengkomsumsi makanan yang kaya akan meneral seperti zat besi, natrium dan vitamin B. Perbanyak makan buah - buhan dan syuran.
Memijat rambut dengan minyak kelapa akan membantu menjaga rambut tetap subur, panjang, hitam dan kuat atau bisa juga menggunakan rebusan  daun kari dalam minyak kelapa dan memakainya untuk rambut.
Bisa juga Memakai minyak dan campuran bubuk gooseberry menjadi salah satu cara efektif mencegah dan pengobatan untuk uban.
Bisa menggunakan daun sembukan untuk mengatasi uban dengan cara ambil 10 – 15 lembar daun sembukan, kemudian cuci bersih dan jemurlah hingga kering. bakarlah dan ambil abunya. Abu ini kemudian direndam dengn air dingin selama 2 jam, kemudian saring air rendaman tadi untuk keramas, gunakan cukup 1 minggu sekali.
Bisa juga dengan rebusan kulit dan daun rambutan.
Bisa menggunakan minyak kemiri.
Semoga Cara Mencegah Dan Mengatasi Rambut Ubanan Di Usia Muda | Tips Kesehatan | Penyebab Rambut Ubanan Di Usia Muda ini Mudah - mudahan bermanfaat. jangan lupa tambahkan jaringan teman dan berikan dukungan untuk bisa mencerdaskan seluruh dunia,...


Sumber: metrotvnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar