Selasa, 12 Februari 2013

cara alami mengatasi dan mencegah rambut bercabang




Cara Alami Mengatasi Rambut Bercabang - Rambut merupakan salah satu bagian dari tubuh yang terletak dibagian kepala, oleh karena itu rambut sangat mudah mengalami berbagai macam kerusakan karena seringanya terkena terik matahari, debu, maupun hal lainnya. Salah satu kerusakan rambut adalah yang paling sering dialami oleh seorang wanita adalah rambut bercabang, apalagi jika anda mempunyai rambut yang panjang.

Rambut bercabang sendiri diakibatkan karena lapisan kutikula di ujung rambut rusak, sedangkan penyebabnya karena seringnya terkena bahan kimia, terkena paparan sinar matahari, kekurang vitamin, dan perawatan rambut yang kurang.

Karena rambut merupakan mahkota bagi wanita. Pasti anda tak ingin mengalami kerusakan rambut bercabang kan? Nah, kali ini kita akan membahas cara alami mengatasi rambut bercabang, silahkan simak tips-tips berikut ini:

- Alpukat
Alpukat sangat kaya akan vitamin E yang bagus untuk kulit dan rambut, sekaligus mengatasi rambut bercabang. Caranya, haluskan 200 gram alpukat, lalu oleskan pada rambut anda terutama pada ujung rambut, biarkan sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin tanpa menggunakan shampo sampai bersih. Untuk mengeringkannya, cukup gunakan handuk tanpa menggunakan hairdryer karena malah dapat merusak rambut anda.

- Madu dan Minyak Zaitun
Gunakan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan minyak zaitun, lalu oleskan pada ujung-ujung rambut anda. Diamkan selama 20 menit dan  bilas dengan air dingin. Lalu gunakan handuk untuk mengeringkannya.

Cara Mencegah Rambut Bercabang

Untuk mencegah rambut bercabang Silahkan simak tips-tips berikut ini:



  • Hindari Menggunakan Bahan Kimia

Karena penyebab utama rambut bercabang adalah karena paparan bahan kimia seperti cat rambut. Maka, usahakanlah untuk mengurangi menggunakannya. Jikapun anda harus menggunakannya, usahakan hanya mengganti warna rambut anda hanya 6 bulan sekali.


  • Hindari Menggunakan Alat Elektronik Pada Rambut

Sama seperti terkena bahan kimia, terkena paparan alat elektronik pada rambut anda juga dapat merusak rambut anda terutama pada ujung rambut. Seperti catok, pelurus, pengriting atau hairdryer.


  • Jangan Menyisir Rambut Ketika Basah

Ketika  anda menyisir rambut ketika saat masih basah, lapisan kutikula pada rambut sangat mudah rusak karena dalam keadaan mudah hancur.


  • Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk

Sama seperti menyisir rambut ketika basah, menggosok rambut dengan handuk terutama handuk yang kasar dapat membuat lapisan kutikula pada rambut mudah rusak. Cukup keringkan rambut dengan menempelkan handuk pada rambut atau menekan-nekannya dengan lembut

  • Potong Rambut Secara Berkala

Ini berguna untuk membuang rambut bercabang atau calon rambut bercabang. Sebaiknya potong rambut 4 bulan sekali agar dapat lebih efektif mencegah rambut bercabang.


  • Gunakan Shampo Sesuai Rambut Anda

Gunakanlah shampo yang sesuai dengan jenis rambut anda, lakukanlah pengujian terlebih dahulu sebelum benar menggunakan shampo tersebut.

Demikian cara alami mengatasi dan mencegah rambut bercabang, mudahkan? Nah, jangan lupa untuk menerapkannya ya...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar