Sabtu, 23 Februari 2013

Bagaimana Mengatasi Kaki Pecah-Pecah



kaki pecah-pecah ? Oppss….. Gak lah ya….. Jangan-jangan si dia malah ilfil alias ilang feeling. Penampilan udah ok, tapi kaki mirip parutan kelapa, jadi gak pede kan……..? Selain tak cantik, kaki pecah-pecah juga bisa mengakibatkan rasa tak nyaman, bahkan mungkin terasa sakit.
Masalah seputar kaki ini memang kerap kita alami. Dan penyebab telapak kaki  pecah- pecah ini ada beberapa faktor diantaranya: bisa karena perubahan cuaca yang drastis atau terkena detergent yang kurang cocok saat kita mencuci baju karena kandungan soda dalam detergent yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kaki kehilangan kelembapannya dan mengakibatkan kulit kaki menjadi sangat kering dan akhirnya  pecah-pecah. Faktor usia dan gangguan hormonal bisa juga merupakan salah satu pemicunya. Bertambahnya usia membuat kondisi tubuh kita  mengalami penurunan kualitas, termasuk kaki, sehingga rentan mengalami berbagai permasalahan. Bisa juga karena kekurangan vitamin yang berfungsi untuk meremajakan kulit. Atau sering berjalan di tempat yang kering dan terjal dengan tidak menggunakan alas kaki.
Sebenarnya masalah kaki pecah-pecah  tergolong masalah klasik karena setiap perempuan memiliki resiko yang sama dan itu tergantung bagaimana kita merawatnya. Luangkan waktu sekitar 20-30 menit, rendam kaki dalam wadah berisi air hangat yang telah ditambahkan beberapa tetes desinfektan yang berkadar soda rendah atau garam dapur. Fungsi garam disini terbukti dapat melembutkan sel sel kulit yang mati sehingga memudahkan pada saat kulit kaki yang bermasalah tadi hendak digosok atau disikat.
Gosoklah menggunakan batu apung atau alat penghalus telapak kaki yang biasanya dijual di gerai-gerai kecantikan. Alat ini mampu mengelupaskan bagian kulit yang kering. Dianjurkan setiap malam membersihkan kaki gunakan foot lotion yang mengandung emollient,  atau lidah buaya yang bersifat menyejukkan dan melembabkan. Pada malam hari adalah waktu yang tepat untuk merawat kulit karena saat itulah metabolisme tubuh sedang memperbaiki dan membangun kembali sel-selnya yang telah rusak itu. Hindari bertelanjang kaki di tempat yang lembap atau becek dan usahakan kaki tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dapat menyebabkan kulit kering.


Untuk mengatasi kaki pecah pecah Ada beberapa cara yang bisa dilakukan :



-  Memperbanyak konsumsi air putih dan buah
Kaki kering dan pecah pecah salah satu penyebabnya adalah kurangnya konsumsi air putih sehingga kaki kehilangan banyak cairan untuk menjaga kelambapannya. Bisa juga di tambah dengan konsumsi buah buahan yang banyak mengandung air

- Melakukan perawatan kaki secara berkala
Rendam kaki kedalam wadah berisi air hangat yang sudah ditambahkan beberapa tetes desinfektan. lalu gosoklah jari jari kaki dengan sikat yang lembut, untuk bagian tumit yang pecah pecah gosoklah menggunakan batu apung atau alat penghalus telapak kaki.

- Gunakan Cream khusus perawatan kaki pecah pecah

Selain itu Ada beberapa obat tradisional yang tanpa kita sadari ada di sekitar kita terbukti dapat mengatasi kaki pecah-pecah tersebut diantaranya:

1. Bawang putih
Gosokkan bawang putih yang telah ditumbuk halus pada kaki pecah-pecah. Lebih efektif kalau digunakan  pada malam hari sesudah beraktivitas. Karena ternyata menurut riset, bawang putih memiliki kemampuan untuk meningkatkan proses peremajaan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati.
2. Kemiri
Ambil kemiri secukupnya kemudian bakar hingga warnanya berubah hitam dan tumbuk hingga halus. Rendam kaki dalam air hangat angkat kemudian keringkan dan oleskan kemiri yang telah dibakar dan ditumbuk halus tadi selama kurang lebih 10 menit. Kemudian basuh dan tiriskan kaki pecah-pecah  tadi.
3. Getah pepaya
Belah sebutir pepaya muda dan tunggu hingga getah pepaya keluar. Gosokkan potongan pepaya pada bagian yang pecah  dan lakukan secara rutin hingga sampai masalah berkurang.
4. Apel
Ambil sebutir apel parut dan tumbuk hingga lembut. Oleskan apel yang sudah ditumbuk pada kaki pecah-pecah. Diamkan selama 15 menit, bersihkan kaki dengan air hangat dan tiriskan dengan handuk sampai kering.

Lupa, kenakan sepatu kulit yang lembut atau berbahan kain yang memungkinkan kaki tetap dapat bernapas. Usahakan jangan menggunakan sepatu tertutup sepanjang waktu. Sesekali lepaskan sepatu agar terjadi pertukaran udara. Pilih sepatu model terbuka, kaki yang tertutup sepanjang hari juga akan memunculkan aroma tak sedap.
Semoga dapat membantu sehingga kita terbebas dari masalah yang kita hadapi dan kita dapat timbul kepercayaan diri kita lagi berteriak “Selamat tinggal kaki pecah-pecah …..!!!!”


3 komentar:

  1. Salam Kenal
    Kaki adalah hal yg paling penting dalalm kehidupan, jika kaki mengalami masalah maka aktivitas akan terganggu.
    Artikel ini sangat bermanfaat dan menambah informasi mengenai bagaimana mengatasi kaki pecah-pecah,, thanks ya ^_^
    tetapi akan lebih baiknya dalam menjaga kesehatan kaki, sebaiknya menggunakan kaos kaki wanita agar lebih indah *_*

    BalasHapus
  2. salam kenal...
    Artikelnya menarik sekali..dan tangan taermasuk organ tubuh yang cukup menunjang kecantikan jadi membutuhkan perawatan yang lebih..begitu juga dengan kaki, karena itu kaki harus dilindungi dengan kaos kaki wanita agar tetap terjaga setiap hari...
    terima kasih..:)

    BalasHapus
  3. terima kasih ya...
    infonya menarik sekali...dan membuat saya jadi tahu kalau kemiri, getah pepaya, bawang putih, berkhasiat untuk menyembuhkan kaki pecah-pecah dan kalau untuk kaos kaki wanita yang saat ini sedang tren itu seperti apa ya...
    dan kami tunggu artikel lanjutannya

    BalasHapus