Jumat, 15 Februari 2013

7 Camilan Sehat agar Anda tak Malas Bekerja



Studi telah membuktikan bahwa ada hubungan langsung antara zat kimia dalam otak dan metabolisme tubuh Anda. Kedua hal tersebut juga tidak terlepas dari asupan gizi yang Anda butuhkan sehari-hari untuk membantu meningkatkan mood dan energi tubuh saat beraktivitas.

Pekerjaan yang terlalu berat baik bagi fisik dan pikiran Anda kerap membuat mood menjadi buruk dan dapat mengganggu produktivitas kerja. Nah, agar Anda senantiasa berada dalam mood yang baik dan tetap bugar sepanjang hari, berikut 7 camilan sehat yang bisa Anda konsumsi di tengah kesibukan Anda.

1. Bayam
Satu di antara berbagai sayuran terbaik untuk menghilangkan rasa lelah adalah bayam. Bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Membantu melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang juga menjadi penyebab menurunnya tingkat energi dan memperburuk suasan hati. Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang bekerja terlalu lama di depan komputer.

2. Pisang
Pisang mengandung karbohidrat, kalsium, serat, zat besi, vitamin B6, dan triptofan. Triptofan akan diserap menuju otak dengan bantuan karbohidrat. Vitamin B6 akan mengubah triptofan tersebut menjadi serotonin, zat yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Selain itu, serotonin juga dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

3. Jeruk
Tidak hanya berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan Vitamin C nya, wangi jeruk juga bermanfaat sebagai aromaterapi. Aroma minyak esensial jeruk dapat meningkatkan semangat dan membuat orang merasa lebih bahagia. Aroma ini juga bermanfaat sebagai obat antidepresi dan memberikan efek penenang, terutama bagi Anda yang sedang mengalami stres.

4. Daun Mint
Selain aroma buah jeruk, aroma daun mint juga dikenal luas memberikan efek penenang dan memperbaiki mood yang buruk. Bahkan ekstrak daun mint yang dibuat dalam bentuk minyak gosok dapat meredakan ketegangan otot yang terjadi akibat duduk terlalu lama atau nyeri otot saat berolahraga.

5. Salmon
Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran yang lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Salmon cocok dikonsumsi untuk menutrisi otak Anda sepanjang hari.

6. Selai kacang
Selai kacang merupakan salah satu sumber lemak sehat dan vitamin E terbaik. Vitamin ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi membran sel saraf. Bersama thiamin, vitamin E membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk sebagai sumber energi.

7. Oat
Sumber karbohidrat dengan GI (Glycemic Index) rendah ini dapat meningkatkan mood Anda dengan cara yang lebih sehat daripada nasi putih biasa. Oat dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk otak yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Oat juga diperkaya dengan serat, vitamin E, B, potassium dan seng untuk menjaga fungsi otak pada tingkat terbaiknya.

Bawalah makanan di atas sebagai bekal saat pergi ke kantor dan biasakan diri untuk selalu ‘ngemil’ makanan sehat rendah kalori yang dapat menghindarkan Anda dari rasa malas saat bekerja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar