Rabu, 06 Februari 2013

Makanan Terbaik Untuk Kulit Anda





Tubuh kita, termasuk kulit, membutuhkan makanan sehat, seperti lemak sehat, protein yang tepat, buah-buahan, dan sayuran. Inilah lima jenis makanan yang paling sehat untuk kulit Anda:

1. Almon.
Konsumsi segenggam almon sehari dapat meningkatkan kadar vitamin E, antioksidan terpenting untuk kesehatan kulit, juga melembabkan kulit kering. Selain itu juga melindungi kulit dari penuaan, peradangan, bahkan kanker kulit.

2. Teh hijau.
Tiga cangkir teh hijau sehari dapat menyumbang cukup antioksidan bagi tubuh Anda, sehingga mampu melawan penuaan dini serta peradangan. Risiko kanker kulit juga akan jauh berkurang.”

3. Brokoli.
Kaya akan vitamin A, C, dan K. Vitamin A dapat mengurangi produksi minyak, vitamin C merupakan antioksidan kuat, dan vitamin K dapat mencegah timbulnya lebam di kulit. Jadi, makanlah wonderfood ini.

4. Ikan.
Contohnya salmon dan cod kaya akan asam lemak omega-3. Ini penting diasup karena tubuh kita tidak bisa memproduksinya. Asam lemak ini akan memelihara kulit, melembabkan dan mencegah iritasi, bahkan dapat memperbaiki kulit dari penyakit kronis seperti dermatitis atopik dan rosacea. Ikan-ikan tersebut juga mengandung vitamin D yang baik untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Bagi yang tak suka ikan bisa menggantinya dengan flaxseed, hazelnuts, kacang kenari.

5. Minyak bunga matahari.
Berisi asam lemak omega-6 seperti asam linoleat yang penting untuk mencegah kulit kering dan meradang. Juga vital bagi pembentukan prostaglandin, hormon yang menjaga sel-sel tubuh berfungsi secara baik. Untuk mendapatkan kulit sehat, coba konsumsi salmon plus brokoli, lalu siram dengan sedikit minyak bunga matahari.

6. Telur
Telur merupakan sumber zink yang menjadikan ia makanan utama untuk kulit cerah. Sekiranya diet anda tidak mencukupi khasiat zink, anda cenderung untuk memiliki kulit yang kusam dan tidak bersinar. Zink juga bertindak menghalang kesan kulit oren dan jerawat.

7. Avocado
Buah avocado juga disenaraikan sebagai makanan untuk pencerahan kulit. Kandungan lemak yang tinggi di dalam buah menjadikan kulit lembap manakala vitaminnya sebagai anti radang. Tambahkan avocado di dalam salad atau hiris nipis-nipis untuk sandwish anda.

8. Strawberi
Strawberi kaya dengan anti oksidan dan menolong memperbaiki sel membran kulit. Sekiranya kulit anda mempunyai jerawat, kesan kulit terbakar dan kemerahan, jangan lupa masukkan strawberi dalam menu diet anda. Mungkin selepas ini anda bakal penggemar strawberi shortcake?

9. Bayam
Bayam – sayuran yang mungkin dapat membuat anda muntah ketika anda masih kecil namun juga dapat membuat Popeye menjadi sangat kuat  – adalah sayuran yang sarat dengan antioksidan dan juga mengandung zat yang dapat memerangi kanker seperti sulforaphane, beta carotene, vitamin C dan fiber. Bayam juga telah diteliti oleh ilmuwan Australia, dapat meningkatkan ingatan anda.

10. Brocoli
Jenis sayuran lain yang kaya akan zat antioksidan adalah brocoli. Brocoli tergolong dalam rumpun tanaman yang sangat membantu tubuh dalam memerangi racun dan kanker. Untuk mempertahankan enzim-enzim penting dalam brokoli, beberapa ahli nutrisi menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli dalam keadaan masih segar (mentah) atau setidaknya dimasak dengan cara dikukus.

Brocoli juga merupakan jenis tanaman yang kaya akan kalsium, dimana kalsium sangat dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis dan membantu penyerapan vitamin D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar