Kamis, 14 Februari 2013

10 cemilan sehat bagi tubuh anda




Cemilan itu pada dasarnya berfungsi untuk memberi gizi dan mengurangi rasa lapar saat menunggu waktu makan, serta menjaga agar gula darah nggak turun. Yang perlu kita lakukan hanyalah lebih pintar saja memilih cemilan kita. Nggak hanya cemilan yang sekadar enak, tapi juga sehat.Mengkonsumsi cemilan bukan hanya untuk mengganjal perut dari rasa lapar. Tetapi juga harus dipikirkan dari sisi kesehatan yang terkadung di dalamnya.

Apakah Anda adalah salah satu orang yang suka ngemil? Banyak yang mengatakan kalau ngemil dapat membuat bobot tubuh naik, benarkah demikian?

Cemilan atau makanan kecil atau istilah populernya adalah snack, biasanya dimakan untuk mengisi waktu luang sambil menonton televisi atau bekerja, bahkan ada juga yang sering memakan cemilan sebelum atau terkadang setelah makan utama.

Cemilan sehat yang dapat Anda konsumsi antara lain:  Pisang, Wortel, Yogurt, blueberi, es krim, kacan almond, agar- agar, pisang, popcorn, wortel, brokoli, Cemilan ini tidak hanya akan memuaskan selera lidah Anda tetapi juga menambah asupan nutrisi.

Sebaiknya konsumsilah cemilan yang rendah kalori dan kaya kalsium. Seperti apa?

1. Smoothie Bluberi
Smoothie bluberi = 93 kalori. Smoothie menjadi salah satu cara nikmat mendapat tambahan kalsium dan antioksidan. Blender sepertiga cangkir yoghurt tanpa lemak dengan dua pertiga cangkir bluberi beku dan es. Kalau bluberi mahal, ganti dengan stroberi.

Smoothie ini akan memperlambat cara minum Anda. Semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk menghabiskan camilan ini, rasanya akan lebih nikmat.

2. Es Krim

Setengah cangkir es krim rendah lemak = 100 kalori. Tak banyak yang menyangka es krim bisa menjadi ide camilan bergizi. Memang harus dilihat dulu es krim yang akan disantap. Sebaiknya pilih yang rendah kalori dan lemak.


3. Yogurt dan keju

Kedua makanan ini juga merupakan pilihan yang baik untuk sumber kalsium. Yogurt atau Frozen yogurt dapat dikombinasikan dengan berbagai buah-buahan atau topping lainnya seperti sereal, biskuit yang memiliki kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium, karena dua mineral tersebut dapat membantu penyerapan kalsium lebih baik. Rasanya yang asam segar, dipadu dengan aneka jenis topping, membuat kita ketagihan mengonsumsinya. Nggak usah khawatir, karena yogurt biasanya low calories dan mengandung banyak protein, kalsium, kalium dan juga probiotik. Zat probiotik ini nggak hanya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga bagus untuk sistem pencernaan kita. Kita bisa memeriksa apakah yogurt itu mengandung probiotik atau nggak dengan melihat adanya label “active cultures” atau “live cultures” di kemasannya.

4. Kacang Almond
Sebanyak 14 butir kacang almond = 98 kalori. Kacang almond sudah cukup banyak tersedia di sejumlah supermarket. Sebaiknya pilih kacang almond yang belum ditambah garam.

Lebih baik lagi membeli kacang almond mentah lalu dipanggang tanpa garam. Karena rasanya enak, batasi asupan kacang almond tak lebih dari 14 butir agar kalorinya masih di bawah 100.

5. Biskuit
Biskuit mengandung banyak susu dan dapat memenuhi kebutuhan kalsium Anda. Pilihlah biskuit yang memiliki takaran perbandingan dengan segelas susu (misal satu kemasan 100 gram setara dengan satu gelas susu).

6. Agar-agar

Selain gampang dibuatnya, agar-agar mengandung kalori yang sedikit dan mampu menahan lapar cukup lama. Pilih deh, agar-agar polos yang hanya mengandung 10 kalori saja. Kalau suka agar-agar dengan buah atau gula di dalamnya, tingkat kalorinya juga masih rendah kok, hanya sekitar 70-80 kalori saja.

7. Pisang

Buah favorit monyet ini ternyata bisa jadi cemilan yang oke banget, lho! Rasanya yang manis, harganya murah, dan nggak tergantung musim. Pisang juga bergizi tinggi. Nggak hanya kaya vitamin B6, vitamin C, pisang juga kaya akan serat yang bagus buat pencernaan kita. Sebuah pisang juga mengandung kurang lebih 460 miligram kalium, yang bagus untuk jantung kita. Bair nggak bosan, kita bisa membuat smoothies atau mencampurkan pisang ke dalam sereal kita saat sarapan

8. Popcorn

Selain jadi teman yang oke saat menonton film, ternyata popcorn juga termasuk cemilan yang sehat, lho. Satu boks popcorn yang besar hanya mengandung 93 kalori dan 1,5 gram lemak.  Selain itu, popcorn juga mengandungzat antioksidan penting, vitamin B, vitamin E, magnesium dan serat. Sehat banget, kan?

9. Brokoli

Dengan mengonsumsi 1/2 cangkir brokoli mentah yang telah dipotong-potong, Anda sudah mendapatkan setengah dari anjuran dosis harian vitamin C (41 miligram). Sayur kaya nutrisi ini juga menawarkan folat dan sejumlah vitamin.  Di samping itu, brokoli juga mengandung jumlah kalsium yang setara dengan kalsium susu. Karena itu, sangat cocok untuk Anda yang menderita osteoporosis atau kekurangan kalsium.

 10. Wortel

Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin untuk sepanjang hari dengan mengonsumsi satu wortel ukuran sedang. Satu wortel saja mengandung 17.158 internasional unit (IU) vitamin A.

Sehari tiga kali menyantap makanan utama dan dua kali makanan kecil atau cemilan bisa menjadi cara agar berat badan kita tetap ideal.

Ahli gizi dr. Ida Gunawan, MS, Sp.GK menyarankan agar Anda memilih dengan tepat jenis camilan yang Anda santap. Ketimbang menyantap keripik, lebih baik mengonsumsi camilan kaya serat seperti buah, sayur, ataupun agar-agar. Satu buah pisang cavendish misalnya, mengandung sekitar 175 Kalori.

Apel merah berukuran kecil sekitar 85 Kalori. Yoghurt rendah lemak berukuran 125 ml bahkan memiliki kalori kurang dari 100 Kalori. Tinggal ditambahkan irisan buah segar seperti stroberi atau jeruk, jadilah kudapan menyehatkan.

Sekarang Anda sudah mengetahui beberapa cemilan sehat untuk dikonsumsi. Jadi, mulai sekarang pilih dan rencanakan cemilan sehat yang akan Anda makan, jangan tunggu sampai Anda kelaparan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar