Jumat, 22 Februari 2013

Cara Menghilangkan Bau Kaki


Menghilangkan bau kaki yang tidak sedap adalah salah satu kewajiban bagi anda yang terkena masalah ini.
Karena bau kaki biasa sangat membuat orang yang ada di sekitar tidak merasa nyaman.
Bau kaki kerap kali menyerang bagi mereka yang bekerja di kantoran, atau anak sekolah yang menggunkan sepatu.


Ada beberapa cara jitu untuk menghilangkan bau kaki, yang patut anda coba:

Karena bau kaki disebabkan oleh bakteri yang memakan keringat, cara utama untuk mengurangi bau tersebut.
1. Pertama, cuci kaki dengan sabun dan air hangat dua kali sehari, lalu keringkan hingga benar-benar kering.
2. Kedua, gunakan kaus kaki dengan bahan nyaman dan sirkulasi yang baik agar kaki tidak lembab. Hindari penggunaan kaus kaki berbahan nilon.
3. Ketiga, pakai sendal yang terbuka bagian depan saat cuaca sedang panas. Ketika di rumah, cobalah bertelanjang kaki.
4. Keempat, cek kemungkinan adanya infeksi jamur di antara jari dan bagian bawah kaki. Bila terlihat ada warna kemerahan atau kulit kering, gunakan produk perawatan untuk kaki atau bisa juga berkonsultasi dengan dokter mau pun petugas kesehatan.
5. Kelima, jangan menggunakan sepatu yang sama selama dua hari berturut-turut. Sebaiknya gunakan sepatu yang berbeda dalam dua hari berturutan. Hal ini akan memberi waktu bagi sepatu untuk kering dalam waktu 24 jam.

Jika Sepatu yang Bau:



1. Simpanlah Sepatu di tempat yang dingin selama semalam sambil dibungkus dengan Koran sampe rapet. Koran itu akan menyerap bau yang ada dalam sepatu.
2. Menggunakan kopi yang dibungkus dengan tisu, bungkusan kopi di masukkan  ke dalam sepatu,  atau menggunakan silica gel dimasukan ke dalam sepatu.
3. Menggunakan soda kue, Keringkan dulu sepatu yang akan dibersihkan. Ambil dua 2 sendok teh hingga 1 sendok makan soda kue untuk satu sepatu. Banyaknya soda kue disesuaikan dengan ukuran sepatu, lalu taburkan soda kue ke dalam sepatu dan biarkan selama satu malam. Keesokan harinya, cara yang paling bagus untuk membersihkan atau menghilangkan bekas soda kue yang menempel pada sepatu adalah dengan cara menyedotnya dengan mesin penyedot debu (vacum cleaner). Jika tidak mempunyai mesin penyedot debu, bisa juga dengan menepukkan antara sepatu yang satu dengan sepatu yang lain. Setelah sebagian besar soda kue hilang dari permukaan dan dalam sepatu, sekarang tahap terakhir adalah pembersihan di sela-sela sepatu dengan sikat gigi bekas.
4. Untuk mencegah agar sepatu tak mudah berbau, jangan pernah memakai sepatu bila kaki sedang basah. Hal itu dapat menyebabkan bakteri berkembang dan akhirnya sepatu Anda menjadi berbau tak sedap. Untuk pertahanan ganda, gunakan obat khusus berupa semprotan pewangi pewangi atau foot spray pada bagian dalam sepatu Anda. Setelah itu jangan langsung dipakai, segera angin-anginkan agar kering.
5. Bila sepatu terbasahi oleh air hujan, segera keringkan dengan cara memasukkan beberapa lembar tisu ke dalamnya untuk menyerap air. Gunakan shoe tree untuk menjaga agar bentuk sepatu dan bagian ujungnya tidak melengkung. Masukkan sepatu dalam kantung kain, kotak sepatu atau kantung plastik dan simpan di tempat kering. Jangan simpan sepatu di dekat sumber panas agar kulitnya tidak mengering.

Dari beberapa cara menghilangkan bau kaki di atas tentu sangat mudah untuk anda memahaminya, sekarang anda tinggal lakukan dan dapatkan kembali kaki anda yang tidak berbau. Jika memang anda sudah mencoba semua cara di atas, namun belum berhasil cobalah untuk hubungi dokter terkadang bau kaki sering terjadi, meski bisa juga menjadi tanda-tanda adanya masalah kesehatan.
Menghilangkan bau kaki memang tidak mudah namun anda harus mencobanya agar anda bisa benar-benar menghilangkan bau kaki anda untuk selamanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar