Senin, 11 Februari 2013

Mengenal Vitamin B dan Manfaatnya



Vitamin B sudah begitu kita kenal dalam kehidupan kita. Nama vitaminyang satu ini jelas tidak asing lagi bagi kita dan sangat sering kita dengar. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang tidak mengetahui secara pasti apa saja yang terkandung di dalam vitamin B dan manfaatnya bagi tubuh kita.

Vitamin B ini terdiri dari beberapa golongan atau kelompok yang pembagiannya disesuaikan dengan kandungan yang terdapat di dalam masing-masing vitamin. Manfaat vitamin B secara keseluruhan sangat banyak dan vitamin B ini tersusun dari beberapa bagian seperti vitamin B1, vitmin B2, viatmin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 dan vitamin B12. Tiap bagian dari vitamin B ini memilki peran masing-masing dalam tubuh anda.

Pembagian keluarga vitamin B ini yaitu :

1. Pembagian Vitamin B - Vitamin B1

Vitamin B yang termasuk di dalam kelompok vitamin B1 ini ditemukan oleh seorang sarjana Belanda pada 1897 dengan kandungan di dalamnya adalah Tiamin. Vitamin B ini bisa kita dapatkan pada kuning telur, kacang-kacangan, gandum, beras merah dan ikan. Selain itu, vitamin B yang mengandung Tiamin ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi tepung terigu, makanan laut seperti kepiting, udang atau kerang, sereal dan roti.

Ada banyak manfaat dari vitamin B yang terdapat di dalam kelompok ini yaitu vitamin B akan mengoptimalkan aktivitas dan fungsi otak, mencegah terjadinya kerusakan syaraf, mengatur air di dalam jaringan tubuh, memperbaiki pengeluaran getah cerna, memperlancar metabolisme tubuh dan memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita.

Kekurangan vitamin B kelompok ini akan menyebabkan penyakit beri-beri yang dimulai dari penumpukan cairan di dalam jaringan tubuh, mengalami gangguan jantung, berkurangnya nafsu makan, sembelit. Untuk mencegah akibat dari kekurangan Tiamin di dalam tubuh maka kita harus selalu mengonsumsi makanan yang mengandung Tiamin seperti yang sudah disebutkan di atas.

Dengan mengonsumsi secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, maka berbagai akibat dari kekurangan vitamin B ini bisa kita cegah dan kita hindari.

2. Pembagian Vitamin B - Vitamin B2

Vitamin B yang berikutnya adalah vitamin B2 yang disebut juga Riboflavin. Makanan yang menjadi sumber vitamin B yang mengandung Riboflavin ini adalah hati, ginjal dan jantung ternak. Selain itu vitamin B yang mengandung Riboflavin ini juga bisa kita dapatkan dari biji-bijian, sayuran berwarna hijau serta dari buah-buahan dan dari umbi-umbian.

Susu sebenarnya adalah sumber Riboflavin yang sangat bagus karena kandungan Riboflavinnya cukup tinggi, sayangnya, susu di dalam botol jernih yang terkena sinar matahari, akan langsung kehilangan kandungan Riboflavinnya hingga tujuh puluh lima persen.

Kekurangan vitamin B yang mengandung Riboflavin akan menyebabkan gangguan pada pernafasan sel di dalam tubuh, gangguan jaringan tubuh, tumbuh luka pada bibir serta di sudut mulut. Bahkan pada wanita yang kekurangan vitamin B yang mengandung Riboflavin ini akan mengalami kulit kaki dan tangan yang pecah-pecah, kerak pada kulit bahkan luka di mulut yang semakin hari semakin sakit.

3. Pembagian Vitamin B - Vitamin B3

Vitamin B yang masuk dalam kelompok ini adalah vitamin B yang mengandung niasin. Tubuh kita membutuhkan asupan niasin yang cukup karena jika kita kekurangan niasin maka kita akan sering mengalami sakit tenggorokan, kulit sering mengalami dermatitis, pecah-pecah pada kulit terutama pada kulit kaki dan tangan serta berbagai gangguan pada sistem syaraf dan gangguan pencernaan.


Karena itulah maka kebutuhan tubuh akan niasin ini harus benar-benar kita perhatikan dengan cara mengonsumsi makanan dari golongan padi-padian, kacang-kacangan, jamur dan terutama daging sapi.

4. Pembagian Vitamin B - Vitamin B5

Vitamin B yang disebut dengan Vitamin B5 ini sebenarnya memiliki nama kimia yaitu Pantothenic Acid. Vitamin B yang berada di dalam kelompok ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita karena vitamin B ini sangat berguna dalam proses pemecah protein, karbohidrat dan lemak yang akan diubah menjadi energi.

Selain itu vitamin B yang mengandung Pantothenic Acid ini sangat berguna untuk pembuatan Vitamin D di dalam tubuh dan sebagai pembentuk sel darah merah. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B ini maka kita sebaiknya banyak mengonsumsi ikan sarden, alpukat, semangka dan daging ayam.

5. Pembagian Vitamin B - Vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin B yang larut dalam air sehingga di dalam tubuh kita, vitamin B ini hanya mampu tersimpan dalam jumlah yang sangat sedikit. Padahal vitamin B ini sangat berguna untuk metabolisme lemak dan protein. Kekurangan vitamin B yang mengandung Piridoksin ini akan mengakibatkan tubuh kita mengalami kerusakan kulit, syaraf motorik terganggu dan kelainan pada darah.

Untuk itu, kebutuhan akan vitamin B yang mengandung Piridoksin ini harus dicukupi dengan mengonsumsi makanan yang berasal dari kentang, daging unggas, ikan dan daging sapi. Dari buah-buah kita juga bisa mendapatkan manfaat dari vitamin B ini yaitu melalui buah pisang, buah tomat dan buah-buahan yang berwarna ungu. Jangan lupakan pula sayuran hijau yang memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi.

6. Pembagian Vitamin B - Vitamin B7

Vitamin B7 adalah vitamin B yang mengandung Biotin. Atau dengan kata lain lebih dikenal dengan nama Biotin. Manfaat dari vitamin B yang satu ini tidak spesifik dan hampir sama dengan manfaat vitamin B pada umumnya yaitu sebagai pemecah lemah, protein dan mengubah lemak dan protein tersebut menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh untuk bergerak dan beraktivitas. Vitamin B ini bisa kita dapatkan dari daging ikan salmon, telur, susu, sereal, kacang tanah dan pisang.

Memang belum ada penelitian secara khusus akibat dari kekurangan vitamin B yang satu ini, namun sebaiknya kita tidak mengabaikannya. Karena bagaimanapun akan lebih baik bagi kita mencegah berbagai kemungkinan yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B ini daripada kelak harus mengobatinya.

7. Pembagian Vitamin B - Vitamin B9

Vitamin B9 adalah vitamin B yang bertugas untuk membentuk sel darah merah, membantu sel-sel tubuh berkembang dengan baik serta mencegah kerusakan saraf pada janin. Biasanya para ibu hamil akan diberikan asam folat dalam dosis yang cukup agar janin yang sedang dikandungnya dapat tumbuh dengan baik dan sehat. Karena itulah biasanya dosis asam folat yang diberikan kepada ibu hamil adalah sekitar 600 mkg per harinya.

Begitu juga dengan perempuan yang masih menyusui bayinya. Mereka akan membutuhkan vitamin B yang mengandung folat ini agar dapat membantu perkembangan sel-sel tubuh bayinya melalui ASI yang diberikan kepada bayinya. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B yang mengandung folat ini kita bisa mendapatkannya dari semua produk olahan susu, dari susu, buah bit, melon dan sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan kangkung.

8. Pembagian Vitamin B - Vitamin B12

Vitamin B yang paling sering disebutkan sebagai kebutuhan utama tubuh manusia adalah Vitamin B12 karena di dalam Vitamin B ini mengandung Kobalamin yang memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung, mencegah penyusutan otak yang membuat daya ingat kita menurun serta mengubah karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan.

Kekurangan Vitamin B jenis ini dalam jangka waktu yang lama akan membuat kita mudah terserang penyakit jantung koroner dan mengalami pikun. Karena itu, kita harus benar-benar memenuhi kebutuhan tubuh kita akan vitamin B yang satu ini.

Kebutuhan tubuh perempuan dan tubuh laki-laki akan vitamin B ini berbeda. Tubuh perempuan biasanya membutuhkan Kobalamin sekitar 2,4 mkg sedangkan untuk tubuh laki-laki membutuhkan vitamin B yang mengandung Kobalamin ini sebanyak 2,6 mkg.

Untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita akan vitamin B12 maka kita bisa mendapatkan vitamin B ini dengan cara mengonsumsi daging sapi, ikan, telur, hati, susu, kedelai dan rumput laut.

Melihat banyaknya manfaat dan kegunaan vitamin B di dalam tubuh kita, maka hendaknya kita benar-benar memerhatikan asupan makanan kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar