Sabtu, 31 Oktober 2015

Inilah Kebiasaan Penyebab Kulit Tambah Berminyak




Kecantikan – Anda yang memiliki kulit yang cenderung berminyak pasti memiliki banyak ritual kecantikan tambahan guna menghilangkan kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Namun, beberapa hal yang Anda lakukan baiknya lebih diperhatikan karena ada kebiasaan yang ternyata malah berpotensi membuat kulit wajah tambah berminyak. Apa saja?

1. Salah menggunakan pelembap
Neelam A Vashi MD, asisten profesor dermatologi sekaligus direktur riset kedokteran kosmetik dan laser di Boston University School of Medicine menjelaskan, sebagian orang yang memiliki tipe kulit berminyak menggunakan produk seperti minyak kelapa, cocoa butter, atau minyak zaitun guna melembapkan kulit dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Namun, kebiasaan ini sebenarnya tidak benar.

“Sebaliknya, gunakan pelembap dimana tak mengandung minyak dan mengandung gliserin serta bahan lain yang menyerap air ke dalam kulit. Ketimbang menggunakan pelembap berbentuk krim yang membuat lengket, pilih pelembap berbentuk cair, gel, atau serum,” saran Vashi.

2. Mengenakan riasan tebal
Vashi menjelaskan, mengenakan riasan tebal dan tidak membersihkannya dengan teliti malah dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaliknya, ketika membeli produk tata rias, pilihlah produk yang tak mengandung minyak dan mengandung niasinamida, derivatif vitamin B yang terbukti menyerap minyak.

3. Menggosok kulit wajah
Banyak orang menganggap bahwa menggosok atau rutinitas scrubbing akan menghilangkan minyak. Namun, anggapan ini ternyata salah. Menurut Adrienne Fay, ahli estetika medis di The Rockoff Center, Boston, menggosok kulit wajah dengan kasar dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

“Sebaliknya, pilihlah produk perawatan pembersih kulit yang mengandung asam salisilat dan lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Asam salisilat mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak serta kotoran berlebih,” terang Fay.

4. Tidak membersihkan wajah setelah berolahraga
Mungkin Anda terlalu lelah setelah berolahraga hingga tidak memiliki tenaga ekstra untuk membersihkan wajah. Namun, selama berolahraga, keringat dan kotoran mampu menyumbat pori-pori termasuk pada wajah. “Sehingga, penting untuk membersihkan wajah usai berolahraga dengan produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolik, atau benzol peroksida,” jelas Vashi.

5. Terlalu sering membersihkan wajah
Mencuci muka memang membuat kulit semakin halus dan segar, namun jangan jadikan ini sebagai kebiasaan hingga terlalu sering dilakukan. Vashi mengungkapkan, kulit pun membutuhkan minyak alami dan apabila mencuci muka terlalu sering, minyak alami ini akan lebih banyak diproduksi dan membuat pori-pori semakin lebar.

6. Pola Makan
Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi, mengandung minyak dan santan secara berlebihan dapat meningkatkan kadar minyak di dalam tubuh anda. Dalam hal ini juga anda kurang mengkonsumsi vitamin dan nutrisi.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak 

1. Rutin Eksfoliasi
Eksfoliasi atau mengikis sel kulit mati menjadi kunci agar wajah bersih dan tampak segar. Anda bisa melakukan scrub, facial atau peeling seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan cara tersebut minyak di wajah akan lebih terkontrol.

2. Pembersih Wajah Khusus
Pilihlah pembersih wajah yang khusus untuk wajah berminyak yang dapat mengontrol minyak yang mengandung salicylic acid atau purifying clay yang aman digunakan setiap hari untuk menutup pori-pori yang besar dan terhindar dari minyak berlebih.

3. Toner
Hindari menggunakan toner yang memiliki kadar alkohol tinggi. Produk tersebut memang bisa membuat kulit segar dan bebas minyak, tapi hanya dalam jangka waktu pendek. Kandungan alkohol yang tinggi dapat membuat masalah baru seperti memicu tumbuhnya jerawat.

4. Mencuci Muka
Jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat membuat kulit kering dan memproduksi minyak semakin banyak lagi. Lebih baik gunakan produk pembersih yang bebas bahan kimia untuk mengurangi iritasi pada wajah dan tidak membuat kulit kering, dan oleskan pelembab setelah mencuci muka.

5. Mineral Make-up
Penggunaan produk-produk riasan berlabel mineral dapat mencegah kulit dari jerawat ketika menggunakan make-up. Pertama-tama adalah menggunakan primer. Primer membuat foundation bisa menempel sempurna pada wajah, sehingga make-up akan awet seharian. Dasar make-up tersebut juga dapat menyerap minyak berlebih di wajah.

“Dermatolog menyarankan Anda cukup mencuci muka dua kali, yakni di pagi dan malam hari. Cuci muka dengan takaran sepertiga dari porsi di dua waktu tersebut apabila kegiatan Anda menyebabkan keringat berlebih,” ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar