Selasa, 13 Oktober 2015

Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat!


Jika tidak dihentikan dari sekarang, tabiat berikut ini dapat menjadi biang utama munculnya jerawat membandel di wajah!

1. Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah. Baik disadari ataupun tidak, kebiasaan memegang-megang wajah sangat memungkinkan terjadinya transfer kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, sentuhan tangan Anda pun merangsang kulit untuk memproduksi minyak yang bercampur bersama kotoran sehingga berpotensi menimbulkan jerawat baru!

2. Akibat kurang rajin mencuci muka sampai bersih sebelum tidur, pori-pori kulit pastinya tersumbat dan menjadi cikal bakal jerawat. Biasakan untuk membersihkan wajah sebelum terlelap, honey.

3. Pola Makanan yang Kurang Tepat. Para ahli sepakat bahwa konsumsi fast food yang terlalu sering berakibat pada asupan lemak berlebih dan menjadi salah satu penyebab kemunculan jerawat, lho. Jadi, mulai sekarang hindari jajanan kentang goreng dan beralihlah pada buah-buahan agar kulit lebih sehat ya!

4. Bagi Anda yang pada dasarnya memiliki jenis kulit berminyak, mungkin terbiasa membersihkan wajah dengan lebih intensif. Misalnya saja, memakai toner secara berlebihan dan dengan frekuensi lebih tinggi. Masalahnya, hal ini justru memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum lebih banyak dan bukan tidak mungkin menjadikan kulit sebagai sasaran empuk jerawat!

5. Last but not least, penggunaan kosmetik yang salah tentu saja dapat membuat kulit semakin rawan akan jerawat. pastikan Anda menggunakan perawatan kulit maupun makeup yang bersifat non-comedogenic untuk menghindari pore-clogging. Berikut ini bahan-bahan yang terkandung dalam make up yang harus Anda waspadai dalam penggunaannya:

  • Pewarna buatan: jika terdapat FD & C dalam daftar bahan make up, berarti produk tersebut mengandung warna buatan. Bahan ini dapat mengiritasi kulit dan jika terdapat dalam lipstik atau blush on, dapat menyebabkan jerawat di sekitar mulut dan pipi Anda.
  • Lanolin: ini merupakan istilah ilmiah dari sebum domba (sebum = minyak). Meskipun bahan ini baik bagi Anda yang berkulit kering, namun buruk bagi kulit yang rawan berjerawat.
  • Minyak Mineral: Bahan ini menutupi sel kulit mati dan bakteri penyebab utama jerawat dan juga dapat menimbulkan milia, tonjolan putih kecil pada kulit Anda.
  • Minyak: bahan ini menggunakan minyak asli. Anda tidak harus benar-benar menambahkan lebih banyak minyak pada wajah Anda.
  • Isopropil Miristrat: bahan ini tidak hanya dapat membuat kulit Anda kering, tapi juga menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi kulit.
  • Pewangi buatan: ini juga dapat mengiritasi kulit dan menybabkan jerawat. Cobalah untuk tidak menggunakan produk make up yang mengandung wewangian.

6. Mengalami Stres atau Tekanan Batin
Salah satu penyebab jerawat adalah karena kadar hormon stres dalam tubuh berlebih. Dalam keadaan stress, produksi hormon stress dalam tubuh akan meningkat sehingga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Maka dari itu penting sekali bagi anda untuk menghindari hal-hal yang dapat menjadi peyebab stres.

7. Penggunaan Alat Make-up yang Kotor
Bagi kaum wanita pasti sudah tahu bahwa dalam alat kosmetik kita pasti mengenal yang namanya kuas, spon bedak dsb. Kita juga harus memperhatikan kebersihan alat-alat tersebut, jangan sampai kita menggunakan kuas make-up / spon bedak yang kotor karena bisa menyebabkan jerawat. Bukannya cantik, malah muncul jerawat.

8. Jarang Keramas
Selain bisa membuat kulit kepala berketombe, jarang keramas juga dapat menjadi sebab timbulnya jerawat. Alasanya adalah, minyak yang berlebih pada kulit kepala dapat mengalir ke wajah kamu bersama keringat. Apalagi jika aktivitas kamu mudah sekali menimbulkan keringat. Maka resiko jerawat juga akan semakin besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar