Rabu, 28 Oktober 2015

Olahraga Kuno Yang Bisa Atasi Berbagai Penyakit




Info Sehat – Gerakan yang lambat dan mengalir dari tai chi, sebuah olahraga kuno dari China, telah terbukti memiliki banyak manfaat bagi orang lanjut usia dengan penyakit kronik.

Secara spesifik, mereka yang menderita kanker payudara, gagal jantung, osteoartritis, dan juga penyakit paru obstruktif kronik, mengalami peningkatan dalam kekuatan, keseimbanga dan postur tubuh. Manfaat nyata yang dirasakan adalah rasa nyeri berukurang dan pernapasan lebih lancar.

“Jika Anda sudah tua dan memiliki satu dari penyakit tersebut, tai chi dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan level kebugaran,” kata peneliti senior Darlene Reid, profesor dan kepala departemen terapi fisik di Universitas of Toronto, Kanada.

Gerakan Taichi



Tai chi adalah rangkaian gerakan yang lembut dan mengalir. Meski terlihat lembut, tapi jika dilakukan teratur olahraga ini akan meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, postur, dan kelenturan.

Pada tingkatan fisik Taichi adalah serangkaian gerakan yang memang disengaja dilakukan dengan lambat dan hati-hati. Latihan menekankan pada gerakan yang tepat, pernapasan, dan juga kesadaran.

Pada zaman sekarang, taichi justru dikenal sebagai seni bela diri yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Gerakan yang perlahan dan berisiko rendah menjadikan taichi sebagai latihan yang ideal bagi orang tua ataupun mereka yang kesulitan secara fisik. Taichi dipraktekkan tak hanya sebatas olaharaga tetapi juga kualitas estetika dengan komponen spiritual bersahaja, menggabungkan konsep Cina yin-yang dan chi, atau aliran energi.

Lebih dari itu, menurut Reid, tai chi memiliki manfaat pada aspek mental. “Banyak jenis tai chi yang punya komponen spiritual kuat. Karena itu ini berbeda dengan olahraga lainnya,” ujarnya.

Kelebihan lain dari olahraga ini adalah bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, bisa bersama-sama atau sendirian, dan tidak membutuhkan alat apa pun. Beberapa komunitas juga menggratiskan olahraga ini.

“Tai chi adalah gerakan yang lembut dan ritmis dan sudah dikembangkan sejak ribuan tahun, termasuk gerakan yanag diperlukan untuk menguatkan kelompok otot,” katanya.

Bagi mereka yang menderita radang sendi (osteoartritis), gerakan-gerakan tai chi dapat mengurangi rasa nyeri dan kekakuan sendi.


sumber: health.kompas.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar