Minggu, 25 Oktober 2015

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami




Karang gigi (disebut juga: kalkulus gigi) adalah plak yang menggumpal atau bertumpuk pada sela-sela gigi. Hal ini terjadi karena kandungan garam pada air liur yang bersifat basa terkontaminasi oleh sisa-sisa makanan yang bersifat asam. Pada awal terbentuknya karang gigi berwarna kuning, tapi lama kelamaan berubah warna menjadi coklat kehitaman. Jika anda mempunyai kebiasaan merokok,minum kopi atau minum teh justru akan semakin memperburuk kondisi tersebut.

Beberapa efek negatif dari karang gigi adalah:
  • Menyebabkan bau mulut tak sedap
  • Gangguan pencernaan serta pernafasan
  • Infeksi pada gusi
Tips mencegah timbulnya karang gigi

1. Anda dapat mengurangi plak yang menempel pada gigi dengan cara sering mengkonsumsi air putih setelah makan atau cemilan. Karena air putih dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi anda dengan baik.
2. Setelah mengkonsumsi air putih, anda disarankan untuk berkumur setelah makan, hal ini akan membantu menghilangkan bau mulut dan sisa makanan yang membandel dan menempel di gigi.
3. Hal yang terpenting biasakan menggosok gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah bangun tidur dan sebbelum tidur. Cara ini akan sangat ampuh menghilangkan plak gigi. Karena kandungan fluoride yang terdapat dalam sikat gigi akan membantu membasmi menghilangkan bakteri penyebab plak gigi.
4. Lalu apa makanan yang bisa membantu menangkal plak gigi? Jawabannya adalah buah-buahan dan sayuran yang anda konsumsi setelah makan. Hal ini yang menyebabkan mengapa sayur dan buah masuk dalam kategori 4 sehat 5 sempurna karena buah dan sayuran akan membantu memperbaiki email gigi yang telah rusak serta mencegah timbulnya bau mulut.
5. Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan tepung
Kedua jenis bahan makanan ini adalah pemicu timbulnya plak pada gigi. Usahakan untuk menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan yang manis atau minimal berkumur menggunakan mouthwash.

Cara diatas merupakan tips mencegah timbulnya plak gigi, kemudian bagaimana jika mulut kita terlanjur terkena karang gigi? Untuk itu di artikel ini kami juga membagikan cara untuk membersihkan plak yang terlanjur menempel pada gigi.

Cara membersihkan karang gigi secara alami : 

1. Menggunakan Kulit Jeruk. Cara ini tergolong ampuh untuk membersihkan plak gigi. Terutama plak gigi yang membandel dan caranya pun cukup mudah. Anda tinggal menggosokan kulit jeruk bagian dalam ke gigi anda. Lakukan setelah makan akan efektif menghilangkan bau mulut.

2. Menggunakan Cengkeh. Seperti yang kita ketahui jika cengkeh juga merupakan obat ampuh untuk menghilangkan plak gigi. Caranya sangat mudah, yaitu anda tinggal menggosokan cengkeh ke plak anda, setelah itu dilanjutkan berkumur.

3. Menggunakan Strawberry. Strawberry merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang bisa membantu membersihkan karang gigi. Cara terbaik yaitu dengan sering mengkonsumsi strawberry. Hal ini akan membantu mengikis karang gigi degan cepat.

4. Menggunakan Biji Asam Kawak. Cara ini mungkin asing bagi sebagian orang karena jarang orang yang menggunakan asam kawak sebagai obat penghilang gigi. Asam kawak bisa membantu menghilangkan plak gigi dengan cara menumbuk biji asam kawak sampai halus kemudian campurkan dengan sedikit air hangat.Lalu digunakan sebagai pasta gigi. Lakukan secara rutin agar karang gigi cepat hilang dan bersih dari gigi anda.

5. Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Buah Apel
Mengkonsumsi apel tanpa dikupas dapat membantu membersihkan karang gigi secara alami. Manfaat lainya adalah kandungan gizi pada apel berfungsi melindungi gigi dari plak.

6. Menggunakan pasta gigi khusus
Ada beberapa jenis pasta gigi yang dapat digunakan untuk menghilangkan atau minimal mengurangi karang gigi. Pilih pasta gigi dengan komposisi fluorid atau tartar control, kedua zat ini mampu menghilangkan karang gigi.

7. Mengatasi Karang Gigi Dengan Baking soda
Baking soda adalah merupakan bahan alami yang efektif untuk menghilangkan karang gigi.
Cara penggunaanya:
-Tuangkan 1 sendok baking soda
-Basahi sikat gigi menggunakan air
-Jadikan baking soda sebagai pengganti pasta gigi

8. Melakukan sikat gigi dengan benar
Meskipun Anda menyikat gigi setiap hari, tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah, kototan pada gigi tidak akan bersih dengan sempurna sehingga dapat membentuk karang gigi. Gosoklah gigi dengan cara membuat bulatan kecil dari bawah ke atas, bukan dari kiri ke kanan seperti ketika menggosok pakaian.

Kunci dari semuanya adalah pola hidup sehat yang anda lakukan akan sangat membantu mencegah timbulnya karang gigi Yaitu minimal dengan gosok gigi 2 kali sehari dengan benar dan rutin. Namun apabila beberapa saran diatas kurang berhasil. Maka anda disarankan untuk segera ke dokter gigi untuk memeriksakan kondisi gigi anda agar tidak timbul hal-hal yang tidak diinginkan. Itulah beberapa cara alami menghilangkan karang gigi yang bisa dengan mudah anda lakukan dirumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar