Jumat, 02 Oktober 2015

Ini Dia Cara Praktis Melindungi Mata dari Bahaya Sinar Layar Gadget



Sebagai manusia yang hidup di zaman modern, tentunya kita sangat tergantung dengan penggunaan gadget. Setiap waktu di setiap harinya kita selalu menggunakan gadget. Namun, kebiasaan tersebut tentu saja mempunyai efek yang berbahaya bagi kita terutama bagi kesehatan mata Anda.

Namun jika kita menghindari pemakaian gadget, tentunya tidak akan mungkin. Maka dari itu tentunya kita harus mencari cara untuk melindungi mata kita dari bahaya sinar radiasi yang ditimbulkan oleh gadget yang kita pakai. Seperti apakah caranya? Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mata dari bahaya sinar layar gadget :

1. Berkedip dan Ubah Posisi Jarak Pandang
Ketika telah fokus mengerjakan sesuatu di depan komputer biasanya kita sering merasa lupa untuk berkedip. Padahal berkedip ini amat penting saat Anda sedang memakai gadget. Jika mata dibiarkan terbuka untuk waktu lama, maka akan terasa kering dan tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain itu, ubah posisi jarak pandang untuk beberapa rentang waktu tertentu supaya bola mata tidak terasa kaku.

2. Dapatkan Paparan Sinar Matahari
Usahakan untuk meluangkan waktu Anda beberapa menit saja untuk memperoleh paparan sinar matahari langsung. Tujuannya yakni guna menyesuaikan ritme sirkadian Anda dan juga untuk meningkatkan mood.

3. Mengatur Pencahayaan Layar
Jika Anda memakai gadget di ruangan ataupun tempat dengan cahaya yang melimpah, tingkatkanlah pencahayaan layar gadget Anda. Namun, apabila ruangan redup, pencahayaan gadget harus dikurangi.

4. Cegah Silau
Pastikanlah layar gadget Anda bersih. Usahakan ketika memakai gadget, Anda tidak merasa silau. Caranya dapat disiasati dengan cara memakai tirai jendela yang tepat ketika bekerja dengan komputer pada ruangan terang, atau sesuaikan pencahayaan ruangan dan juga cahaya dari monitor gadget Anda.

5. Gunakanlah Kacamata Khusus
Saat ini sudah ada kacamata yang dirancang khusus guna mengatasi silau dan juga melindungi mata dari paparan sinar monitor yang berlebihan.

6. Imbangi dengan Pola Makan yang Baik
Makanan yang memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, dan juga omega-3 amat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, Anda juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

7.  Posisikan Monitor Sepanjang Lengan Tangan
Saat bekerja dengan komputer atau laptop, usahakan jarak monitor adalah sepanjang lengan tangan dari mata Anda.

8.  Istirahat Setiap 15-20 Menit
Setiap 15-20 menit sekali, istirahatlah. Anda bisa gunakan waktu istirahat untuk berkedip, istirahat dengan memejamkan mata, atau jalan-jalan di sekitar ruangan.

9. Posisikan Layar 5 Inci Lebih Rendah dari Mata
Saat menggunakan ponsel atau tablet misalnya, posisikan layar 5 inci lebih rendah dari mata Anda. Dengan begitu mata akan terbuka lebih sedikit dan tidak mudah lelah.

10. Kurangi Penggunaan Gadget Sesaat Sebelum Tidur
Minimal sejam sebelum tidur, jauhkan diri Anda dari gadget apapun. Cara ini bisa membantu Anda lebih mengontrol penggunaan gadget setiap harinya.

Itulah beberapa cara praktis melindungi mata dari bahaya  sinar layar gadget Anda. Semoga bermanfaat!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar