Kamis, 27 Agustus 2015

TANDA BAYI SEHAT



Bayi yang sehat ditandai dengan makan dengan teratur, berat badannya naik, dan Anda mengganti popoknya sekitar 5 sampai 8 kali sehari. Tidak hanya itu ciri bayi sehat. Ada tanda lain yang mengindikasikan bahwa bayi Anda sehat. Ini beberapa tanda itu :

  • Dia melihat pola, warna, dan gerakan. 
Anda mungkin tidak berpikir bahwa kemampuan bayi menatap kipas angin langit-langit akan menjadi tanda kesehatan bayi. Tapi itu fakta. Bayi dilahirkan jarak penglihatan antara 10 sampai 20 cm. Itu adalah jarak antara wajah bayi dengan wajah Anda ketika menyusui. Ketika usianya 1 bulan, dia bisa melihat hingga 45 cm. Dan ketika usia 2 bulan, sebagian besar bayi mulai melihat pola, warna-warna cera , dan benda-benda yang berputar seperti ponsel atau kipas angin. Mereka tidak memiliki penglihatan warna yang sempurna. Itulah sebabnya mengapa warna kontras cenderung menarik perhatian bayi.
  • Dia membuat kontak mata, tersenyum, cekikikan, dan menggoda orang-orang.
Saat pertama kontak mata dengan bayi biasanya terjadi ketika dia berumur satu bulan.  Senyum pertamanya sekitar 2 bulan, mendengkur pada usia 3 bulan, dan tertawa 4 bulan. Dan tidak satu pun proses tumbuh kembang ini datang terlalu cepat. "Saya ingin sekali berinteraksi dengan Zachary," kata Sally Lee, dari New York City, yang anaknya berusia 2 bulan. "Saya tidak dapat membayangkan bahwa suatu hari nanti dia benar-benar berbicara kepada saya."

Semua interaksi itu menunjukkan bahwa bayi Anda berhubungkan dengan Anda dan lebih sadar pada keadaan di sekitarnya. Pada tingkat tertentu, dia akan memahami bahwa orang-orang berinteraksi dengannya ketika dia berperilaku dengan cara yang menarik secara sosial. Pada saat bayi berusia sekitar 5 bulan, ia hampir selalu tersenyum ketika seseorang tersenyum padanya. Seolah-olah itu refleks.

Semua perilaku di atas adalah indikator penting dari perkembangan bahasa awal. "Bayi menggunakan bahasa tubuh, termasuk kontak mata dan ekspresi wajah  jauh sebelum mereka dapat berbicara," Jennifer Shu, Dokter anak dan penulis Heading Home With Your Newborn.
  • Dia sedikit menangis dan tidur lebih teratur.
Apakah Anda merasa bahwa ada pergeseran tak terlihat dalam rutinitas bayi Anda? Itulah hasil dari sistem saraf belajarnya. Rutinitas beberapa bayi ada yang terjadi lebih cepat dan biasanya rutinitas itu baru teratur sekitar usia 4 bulan atau lebih. Jika bayi Anda sudah berusia lebih dari 4 bulan dan masih makan dan tidur pada waktu yang tak terduga, cobalah membuat hari-harinya dijadwalkan lebih teratur.
  • Bayi mengenali suara baru dan dia diam untuk mendengarkan
Pertanda : Pendengarannya berkembang dan otaknya mengenali suara.
Indera pendengaran sudah matang sejak bayi baru lahir. Bayi perlu waktu untuk membedakan “white noise” yang dia dengar sehari-hari, seperti suara percikan air, dan dengung mesin cuci, dengan suara-suara baru. Pada usia 9bulan, bayi sudah bisa mengidentifikasi suara yang berjarak 1 meter darinya, termasuk ketika namanya dipanggil.
  • Bayi mulai menyangga berat tubuhnya sendiri
Pertanda : Otot-otot kecil itu kian menguat.
Pada usia 3 bulan, bayi umumnya sudah bisa menyangga kepalanya dan bisa melakukan beberapa keterampilan lain. Untuk membantu dia menguatkan otot, beri dia waktu untuk bermain di lantai dengan bertumpu pada perut (tummy time) yang bisa mempercepat perkembangan berbagai otot, termasuk otot yang berfungsi untuk berguling atau duduk tanpa bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar