Jumat, 14 Agustus 2015

Membuat Bedak Dari Bahan Alami


Pada usia remaja pastinya bukanlah fenomena baru apabila ingin selalu tampil dengan sempurna. Cara yang paling sering dilakukan demi mendapatkan atau mendongkrak penampilan ialah dengan merias diri dengan menggunakan perlengkapan make-up. Apabila berbicara mengenai make-up, bedak sudah pasti tidak akan tertinggal. Penggunaan bedak pada bagian wajah yang akan dirias, berfungsi sebagai pelapis sekaligus pelindung dari debu dan kotoran. Namun, apabila penggunaan bedak yang tidak cocok bisa saja merangsang timbulnya jerawat di sekitar area wajah.

Jerawat yang merupakan salah satu penyakit kulit yang semua orang di dunia ini pasti mengalaminya adalah hal yang paling dibenci. Masalah kulit yang satu ini memang identik dengan masa-masa remaja ini, bisa muncul dengan berbagai macam faktor seperti, genetic, minyak berlebih, bakteri, dan ketidak cocokkan produk kecantikan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa pemilihan bedak yang salah bisa saja merangsang munculnya jerawat, masuk sedalam faktor terakhir penyebab munculnya jerawat.

Pada dasarnya bedak dibuat dari berbagai macam zat kimia. Dan apabila kulit yang dimiliki sifatnya sensitive terhadap bahan kimia, reaksi yang biasanya diperlihatkan oleh kulit ialah kemerahan, gatal, jerawat, dan yang paling parah bisa terjangkit penyakit kanker kulit. Sehingga diperlukan kewaspadaan dalam memilih bedak yang akan dipergunakan. Tetapi alangkah baiknya lagi untuk membuat sendiri bedak yang berbahan dasar alami. Penggunaan bahan alami tidak akan membahayakan, karena bahan alami tidak memiliki efek samping, dan cenderung lebih mudah diterima oleh kulit sensitive sekalipun.

Cara membuat bedak alami sendiri tidaklah sulit. Kita bisa membuatnya dengan cara yang sederhana. Cara yang tidak membutuhkan banyak alat-alat ataupun bahan. Karena dari dulu hingga sekarang yang alami seringkali jauh lebih aman dari yang modern. Aman karena penggunaan bahan alami untuk pembuatan bedak ini adalah bahan-bahan yang memang sudah disediakan oleh alam. Flora yang dapat dimanfaatkan oleh manusia.

Sebagai manusia yang arif tentunya akan mencari bahan-bahan alami yang tentu sudah jelas khasiatnya. Begitupun dengan pembuatan bedak alami ini. Salah satu bahan pokok dari bedak alami yang dapat digunakan adalah bengkuang. Umbi-umbian asal Amerika tropis ini memiliki nama latin Pachyhirus erosu. Berasal dari keluarga polong-polongan berbentuk umbi putih yang beratnya bisa mencapai 5 kg.

Buah ini memiliki kandungan utama berupa gula, kalsium, fosfor dan pati. Kandungan pati inilah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi bedak. Sebagai salah satu kosmetik  dasar yang digunakan hampir semua wanita di dunia. Sebagai perias muka sebelum menggunakan make up lainnya dalam merias wajah. Istimewanya bedak dari bengkuang tentunya berwarna putih dan aman bagi kulit wajah karena bebas pengawet. Itulah sebabnya bedak bengkuang ini masa penggunaannya relatif pendek yaitu hanya 2 minggu saja.

Bahan yang Dipergunakan
  • Bengkuang - Untuk mempermudah proses pengupasan Anda bisa pilih bengkuang yang besar-besar. Dengan begitu, pengupasan bisa lebih cepat dan lebih banyak daging yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bedak ini. Daging buah inilah yang menjadi bahan utama untuk membuat bedak. Semakin banyak daging buahnya maka semakin banyak juga bedak yang akan dihasilkan nantinya.
  • Air - Air yang dipergunakan adalah air bersih. Air yang bebas dari polusi dan tentunya memiliki syarat air bersih pada umumnya yaitu tidak berbau, tidak berwarna dan tidak berasa. Lebih baik lagi jika air yang digunakan adalah air matang yang sudah didihkan terlebih dahulu lalu kemudian ditiriskan. Fungsinya tentu agar air lebih steril karena kuman-kumannya uda mati.
  • Bunga Mawar - Bunga mawar ini adalah bahan tambahan yang dipergunakan untuk cara membuat bedak alami. Mawar dipilih karena Cara membuat bedak alami ini sepenuhnya mempergunakan bahan alami termasuk pewanginya. Nantinya sari dari bunga mawar inilah yang akan digunakan untuk memberi aroma khas mawar pada bedak alami berbahan bengkuang ini. Khasiatnya tentu untuk menghilangkan aroma tak sedap dari bedak bengkuang yang dihasilkan.

Selain itu Bisa Juga menggunakan bahan-bahan seperti dibawah ini :

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat bedak alami adalah beras 200 gram, temu giring 30 gram, temu putih 30 gram, serbuk biji pinang 1 sdm, dan 2 buah mahkota dewa. Langkah pembuatannya pertama rendamlah beras selama 2 minggu berturut-turut dengan pergantian air setiap harinya. Kemudian kupas temu giring dan temu putih lalu haluskan dengan blender. Selanjutnya rebus 2 buah mahkota dewa yang sudah dipotong-potong kecil, dan ambil air rebusannya. Gabungkan semua bahan tersebut hingga menjadi bulatan-bulatan kecil dan simpan pada tempat khusus.


Cara Membuat Bedak Alami dari Bengkuang
  • Karena bengkuang berada dalam tanah, biasanya menempel tanah-tanah kering pada kulitnya yang harus dibersihkan. Kupas bengkuang dari kulitnya setelah dicuci  dengan air bersih. Setelah dikupas dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan semua kotoran yang tersisa ketika pengupasan lalu dipotong sedang dan tiriskan.
  • Siapkan blander yang telah diisi air bersih matang yang telah ditiriskan secukupnya. Lalu masukan daging bengkuang dan haluskan dengan blender.
  • Saring bengkuang yang telah dihaluskan dengan kain berpori kecil untuk diambil sarinya. Sari inilah yang selanjutnya akan menjadi cikal bakal bedak bengkuang.
  • Jika sudah terkumpul sarinya langkah selanjutnya adalah mengendapkan sari bengkuang selama 4-5 jam. Tutup agar tidak terkontaminasi serangga dan bakteri lainnya.
  • Sementara itu siapkan beberapa tangkai bunga mawar yang diambil kelopak-kelopaknya saja. Tambahkan sedikit air dan diremas-remas hingga mengeluarkan sarinya. Selanjutnya didiamkan selama 30-60 menit untuk mendapatkan ekstrak wangi mawar. Selain mawar, Anda juga bisa ganti dengan bunga kenanga atau bunga lain sesuai dengan keinginan Anda. Untuk mendapatkan aroma yang berbeda dari bedak buatan Anda sendiri ini. Prosesnya sama hanya berbeda bunga dan wanginya saja.
  • Setelah 4-5 jam air dan pati dari bengkuang akan terpisah karena mengendap. Selanjutnya Anda tinggal membuang air yang tersisa dan membiarkan sisa endapan dari sari bengkuang ini.
  • Langkah selanjutnya yaitu mencampurkan ekstrak mawar yang diaduk rata pada endapan sari bengkuang tersebut.
  • Jemur di bawah matahari endapan sari bengkuang yang telah diberi ekstrak mawar hingga kering.
  • Setelah kering maka akan tersisa tepung atau pati bengkuang yang wangi yang dapat Anda gunakan sebagai bedak.

Khasiat Bedak Bengkuang

Walaupun cara pembuatanya sangat mudah dan sederhana, khasiatnya tak kalah dengan bedak modern. Ada beberapa khasiat dari  bedak bengkuang ini, diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Mencerahkan Kulit Wajah - Salah satu pemutih alami yang terkenal adalah bengkuang. Itulah sebabnya banyak produk kecantikan baik lotion, pelembab, krem lulur, dan sebagainya menggunakan bengkuang dalam pembuatan produknya. Dengan menggunakan bedak bengkuang maka kulit wajah akan terlihat lebih cerah jika digunakan secara rutin. Bintik-bintik hitam pada  waja karena matahari, penuaan dini atau bahkan bekas jerawat dapat memudar sedikit demi sedikit.
  2. Menyegarkan Kulit Wajah - Bedak bengkuang juga dapat menyegarkan kulit wajah karena terasa dingin di kulit. Membuat kulit Anda terasa lebih segar setelah berbedak. Dengan kulit wajah yang segar tentunya dapat membuat Anda lebih bersemangat dan percaya diri menjalani aktivitas Anda. Tidak ada lagi kulit wajah berminyak atau terasa kusam. Membuat Anda  segar setiap saat dengan bedak yang Anda buat sendiri.
  3. Mengencangkan Wajah - Khasiat lainnya yaitu membuat kulit terasa lebih kencang. Tidak perlu operasi pelastik ataupun face lift untuk mengencangkan kulit. Cukup menggunakan bedak alami berbahan bengkuang ini secara rutin. Kealamiannya membuat bedak yang Anda gunakan bebas efek samping. Anda tidak perlu takut alergi, atau bahkan kangker kulit karena penggunaan bedak ini. Bahaya yang mengintai Anda ketka Anda memilih menggunakan pengencang kulit modern. Obat-obatan yang mengandung bahan-bahan kimia yang berlebihan untuk mengencangkan kulit.
  4. Memberi Nutrisi Alami pada Kulit - Kandungan yang terdapat dalam bedak bengkuang juga berkhasiat untuk memberi makan kulit wajah Anda. Menjadi pemberi nutrisi alami kulit wajah sehingga kulit Anda akan tetap bugar dan sehat. Karena walau bagaimanapun sel-sel kulit juga membutuhkan nutrisi agar bisa terus beregenerasi. Membuat kulit Anda terlihat  awet muda
Semua hasiat itu bisa Anda dapatkan hanya dengan cara membuat bedak alami dari bengkuang sendiri. Beberapa langkah yang sederhana dari bahan yang tentunya mudah didapat namun menghasilkan banyak manfaat. Anda juga bisa menghemat uang Anda karena tentunya lebih murah dibandingkan dengan Anda membeli bedak modern di pasaran. Yang tak kalah penting  kulit wajah Anda terlindung dari paparan zat kimia yang dapat merusaknya.

Untuk tetap cantik tak harus mahal bukan? Anda hanya perlu mengorbankan sedikit waktu, sedikit tenaga untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Siapapun Anda, di manapun Anda pasti bisa membuat bedak alami ini sendiri. Siapa tahu bedak buatan Anda nantinya bisa menjadi sumber penghasilan Anda dan keluarga. Selain memiliki kulit wajah yang sehat, Anda juga bisa menamba pundi-pundi keuangan Anda . Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar