Selasa, 11 Agustus 2015

Ini Manfaat Ilmiah dari Tertawa



 Ini Manfaat Ilmiah dari Tertawa. Banyak yang memiliki anggapan bahwa aktivitas tertawa dapat meringankan beban pikiran, stres dan sosial. Di dalam dunia penelitian ilmiah, diketahui di dalam tawa mengandung banyak sekali manfaat. Berikut ini sedikit di antaranya :

1. Fungsinya pada organ pembuluh darah
Aktivitas tertawa dapat memicu perluasan jaringan, yang akhirnya bisa membentuk lapisan di dalam pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah. Secara langsung, tertawa mampu mengurangi resiko kardiovaskular.

2. Mampu meningkatkan sisi kesehatan emosional
Di dalam tawa akan memicu reward di organ otak, selanjutnya hal ini akan menjadikan otak melepaskan zat dopamin. Pada zat ini akan membantu organ otak dalam meningkatkan respons rasa senang. Selainnya ada zat serotonin, yang bisa mengangkat kondisi suasana hati. Juga zat endorfin yang bisa mengatur rasa sakit.

3. Begitu penting pada situasi interaksi sosial
Pada hubungan interpersonal, tertawa dapat mencairkan suasana, mendekatkan apa yang tampaknya jauh dan menarik perhatian orang lain. Apalagi dengan orang yang baru saja dikenal, tertawa dapat menimbulkan kesan hangat dan akrab.

4. Tampak menjadi lebih menarik
Pada seorang pria, memiliki selera humor adalah modal yang bagus. Pun bagi seorang wanita, bisa tertawa sesuai dengan joke yang dilontarkan seorang pria akan menimbulkan ketertarikan antara satu sama lain. Dan pada umumnya, mereka yang memiliki selera humor, tampak lebih menarik banyak orang untuk mendengarkan dan mengikutinya.


5. Menjaga Suasana Hati Positif Tawa melepaskan endorfin dalam otak, sehingga suasana hati positif terjaga. Akibatnya, Anda justru akan tertawa lebih banyak.

6. Membuat Anda Merasa Lebih Santai Tawa membantu membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh dan otak, sehingga Anda merasa lebih rileks dan berenergi.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Tawa membantu mengatasi stres dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga Anda jadi lebih tak mudah sakit. Anda pun lebih cepat sembuh bila sedang sakit. Menjaga Cara Pandang Positif Tawa

8. membantu membentuk cara pandang positif dan sikap optimis, bahkan saat Anda menghadapi suatu masalah pelik.

9. Menurunkan stres dan kecemasan
Humor digambarkan sebagai unsur ketahanan dan memungkinkan Anda meningkatkan kemampuan mengatasi dalam situasi sulit. Ini bisa memoderasi efek buruk dari stres terhadap kesehatan dan meningkatkan suasana hati yang positif untuk membatalkan emosi negatif. Dan ingatlah, tertawa juga bisa menular.

10. Seperti Berolahraga Ini bermanfaat bagi sistem pernapasan.
Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar