Kamis, 20 Agustus 2015

Posisi Tidur Saat Moms Hamil Muda yang Aman untuk Kandungan




Ketika perut mulai membesar, biasanya mulai muncul rasa was-was dan takut saat sedang tidur.  Apalagi saat kandungan memasuki usia trimester kedua, saat kondisi fisik perut Moms tabah membesar.


Bagaimana posisi tidur yang aman saat hamil muda?


Moms, Jangan khawatir!. Tubuh Moms diciptakan unik, sehingga dapat memberikan perlindungan sempurna bagi janin!.  Pada dasarnya, janin ada dalam sistem proteksi tubuh Moms. Posisi apapun janin di dalam kandungan akan tetap merasa nyaman. Janin mengapung dalam cairan ketuban.  Ia memiliki cukup ruang sendiri untuk bisa bergerak bebas dan berkembang.

Ada fakta yang cukup membahagiakan, yang membuat para Moms tak perlu takut lagi menentukan posisi tidur saat hamil. Posisi tidur Moms saat hamil muda bisa apa saja, yang penting dalam kondisi yang nyaman dan nyenyak.


Ada beberapa posisi tidur yang bisa Moms coba untuk mendapatkan istirahat yang maksimal.


1. Tidur Tengkurap

Saat hamil muda, yang ukuran perutnya belum terlalu besar, tidur dengan posisi tengkurap masih cukup aman. Saat kehamilan trimester pertama, yang ditandai dengan bagian dada yang lebih sensitif, posisi tidur tengkuran menjadi terasa kurang nyaman.

Posisi tengkurap sangat tidak cocok bagi Moms yang perutnya mulai membesar (awal 14 minggu). Moms perlu menyokong paha dengan bantal, karena perut yang mulai membesar.


2. Tidur Telentang

Posisi telentang adalah posisi yang paling aman dan paling nyaman, terutama pada saat Moms sedang hamil muda.  Namun posisi ini berangsur kurang disarankan saat kehamilan sudah memasuki usia 16 minggu. Secara otomatis beban rahim akan bertumpu pada bagian belakang tubuh.  Posisi ini rentan terhadap gangguan kesehatan seperti sakit pinggang, gangguan pencernaan, dan juga wasir.

Posisi ini juga bisa memengaruhi stabilitas tekanan darah. Moms ada yang merasa pusing, dan sebaiknya ada yang justru meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi telentang sangat tidak dianjurkan.


3. Tidur dengan Posisi Miring

Posisi tidur Moms hamil muda yang sangat disarankan adalah posisi tidur dengan posisi miring. Posisi miring ini cukup aman untuk baby yang ada di dalam kandungan.

Tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri akan memberikan beberapa keuntungan untuk baby yang ada di dalam kandungan. Janin akan mendapatkan aliran darah dan nutrisi secara maksimal ke plasenta. Selain itu, karena vena cava inferior di sebelah kanan maka akan mengembalikan aliran darah ke jantung dari bagian tubuh bawah.

Selain itu, posisi tidur miring ke sebelah kiri akan membantu melancarkan pekerjaan ginjal dalam membuang zat sisa dan juga cairan dari dalam tubuh Moms. Hal ini akan mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.


Tips Posisi Tidur yang Paling Pas!

Sebenarnya, alasan utama di balik masalah tidur saat hamil adalah semakin membesarnya ukuran janin Moms. Berikut tips tidur yang nyaman ketika perut sudah menjadi lebih besar.


1. Menyamping ke Kiri.

Berbaring menyamping dengan menekuk lutut. Biar lebih nyaman lagi, letakkan bantal di antara kaki, bawah punggung, dan bawah perut. Inilah posisi tidur yang paling direkomendasikan dokter ketika perut membesar. Hati kita terletak di bagian kanan perut, sehingga tidur menyamping akan membuat janin terhindar dari tekanan organ hati. Posisi ini bisa juga mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin.


2. Menyamping ke Kanan

Tidur posisi ke kanan juga posisi baik. Moms dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Agar posisi miring lebih nyaman, tidak ada salahnya meletakan bantal di antara dengkul Moms dan satu di punggung Moms. Atau bisa juga membuat atau bisa membeli bantal khusus untuk ibu hamil.


3. Bersandar

Moms bisa meninggikan bantal, lalu tidur dengan cara bersandar pada bantal tersebut. Lutut akan terasa lebih nyaman lagi, jika Moms menaruh beberapa bantal di bawahnya. Tidur bersandar bisa jadi pilihan bila Anda tak mungkin tidur menyamping.


4. Bila Moms Sakit Pinggang

Tidurlah pada posisi telentang. Kepala diletakkan di atas tumpukan bantal, lalu sangga lutut dengan beberapa bantal.


5. Bila Moms Pegal pada Kaki

Tidurlah dengan telentang. Kepala dan bokong ditopang dengan bantal. Sandarkan kedua kaki  (kaki diluruskan) pada dinding, lalu renggangkan kaki sejauh mungkin dan istirahatkan. Jaga agar telapak kaki tetap mendatar.


6. Posisi Kehamilan Lanjut

Posisi telentang akan membuat tubuh bayi menekan pembuluh darah besar pada bagian belakang tubuh Moms. Tekanan darah menurun, sehingga Moms suka pusing. Telentanglah seperlunya saja! Kombinasikan saja dengan posisi miring ke kiri.


7. Pergantian Posisi

Bila Moms terbangun saat malam sudah menemukan diri dalam kondisi telentang, jangan khawatir!, Moms tidak melakukan sesuatu yang mencelakai janin.  Sejatinya, saat hamil Moms pasti sudah mengalami pergantian posisi yang berulang beberapa kali. Kembalikan saja pada posisi yang nyaman ideal, seperti posisi miring ke kiri.

Pada dasarnya semua posisi tidur itu baik-baik saja. Asalkan membuat Moms dan si janin dalam kandungan merasa nyaman. Selamat tidur!@


Sumber : www.cosmomom.net

1 komentar:

  1. KISAH NYATA: IBU DARYUTI DARI TANJUNG PINANG

    Assalamu'Alaikum" Wr'Wb...
    Perkenalkan Nama saya Ibu Daryuti, asal Desa Teluk Bintan,Tanjung Pinang,
    saya menjadi tulang punggung Keluarga sejak suami saya meninggal,
    saya bekerja tanpa lelah untuk menghidupi 4 orang anak sejak di tinggal
    mati sang suami 5 thn yg lalu, sejak itu keputusasaan menghampiri sy,
    dan hampir meninggalkan ke 4 anak saya krn sy sdh tidak sanggup dengan
    kemiskinan yang sy alami dulu. Namun stelah menjelang beberapa hari datanglah
    tetangga sy dan menceritakan perubahan hidup yang dia alami,
    dia mempunyai banyak uang tanpa harus bekerja keras..
    dan dia bercerita tentang orang yang membantunya bernama KH.Fhatulla Harun,
    konon beliu bisa memberikan solusi masalah kemiskinan sperti yg sy alami ini..
    dan dengan tekat yang bulat sy minta nomor KH.Fhatulla Harun,
    ketika sy telpon pak haji, dan menceritakan permasalahan hidup saya.
    dan beliu brsedia membantu sy untuk kluar dari lumbung kemiskinan,
    sy sangat snang skali mendengarnya,, kemudian sy langsung mengiyakan
    segala syarat2 yg di pak haji sampaikan, 2 hari kemudian saya sudah merasakan keajaiban nyata
    terjadi di rumah saya, lemari tua yang ada di pojok kamar saya sudah
    penuh dengan lembaran uang pecahan ratusan ribu sy kaget terus pingsan,
    saat saya sadar uang itu betul2 nyata masih ada dalam lemari,
    syukur allhamdulillah saya ucapkan..Berkat campur tangan pak haji
    saya sudah punya banyak uang dan tidak akan perna habis sampai
    7 keturunan, Semua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN.
    Yang diberikan KH.Fhatulla Harun benar2 nyataSemua ini berkat UANG GAIB, PESUGIHAN PUTIH NABI SULAEMAN. dan ISLAMI serta tidak musyrik,
    Saya sangat berterima kasih kepada KH.Fhatulla Harun yg sudah bantu saya dan
    jadi member pak haji hingga kini, saya juga berjanji tidak lupa dgn kewajiban
    saya untuk slalu shalat dan menyubang di masjid dan panti asuhan.

    Untuk sanak saudara seiman dan setanah air yang ingin cepat kaya..
    jangan ragu untuk mengikuti ajaran KH.Fhatulla Harun krn ini pesugihan putih
    yang islami. dan persugian KH.Fhatulla Harun bisa di ikuti semua agama..
    dan anda pasti akan dibantu apapun yang ingin anda minta.
    Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.untuk lebih jelasnya Hubungi Nomor Beliau.085-217-085-317
    ATau Kunjungi Situs Beliau Klik=>> Pesugihan Tanpa Tumbal Asli Tahun 2017 | Uang Gaib | Dana Gaib | Uang Balik Nabi Sulaeman Terima Kasih Dan Semoga Jadi Pemenang Berikutnya, AMin . Wassalam.Kesaksian Kisah Nyata 2017

    BalasHapus