Rabu, 23 Januari 2013

Yang Harus Ada dalam Kotak P3K Anda




MENGHADAPI cuaca hujan seperti sekarang ini, tentu Anda membutuhkan perlindungan kesehatan agar tidak mudah terserang flu. Untuk itu, Anda perlu memiliki perlengkapan kesehatan untuk menangangi serangan flu yang bisa datang tiba-tiba.

Anda mungkin harus kembali memeriksa lemari obat untuk membantu melewati cuaca ekstrem dan serangan flu. Perlengkapan seperti obat penurun panas, termometer, dan peralatan lainnya harus disiagakan, agar Anda bisa menangangi serangan flu dengan baik. Berikut ini beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan, seperti dilansir Everydayhealth.


Obat demam

Gejala pilek dan flu, termasuk demam, menggigil, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan sakit badan sering dialami saat musim penghujan. Anda harus membedakan obat demam untuk orang dewasa, anak-anak, bayi, dan balita (jika anggota keluarga Anda memang terdiri dari orang-orang tersebut).  Ini dilakukan untuk menghindari kondisi yang berbahaya dalam memberikan obat, khususnya pada bayi, balita dan anak-anak.

Termometer

Termometer sangat dibutuhkan saat kondisi tubuh mengalami flu. Setidaknya Anda harus memiliki dua termometer digital, bukan hanya satu. Ini dikarenakan jika Anda memiliki bayi di bawah tiga bulan, suhu tubuh mereka harus diukur pada dubur. Setelah tiga bulan, Anda bisa mengukur suhu secara oral. Ingatlah untuk mencuci termometer dalam air sabun hangat dan bilas dengan air dingin sebelum menggunakan. Ingat, untuk demam yang hilang dan kemudian datang kembali, itu bisa berarti bahwa pilek atau flu telah berubah menjadi infeksi bakteri.

Tisu atau kain bersih

Pilek, bersin, dan batuk adalah gejala flu dan cara utama flu menyebarkan kuman di sekitar rumah. Selalu tutupi mulut dan hidung Anda saat batuk. Jika tisu tidak berguna, Anda bisa gunakan siku, bukan tangan. Ingatlah untuk tetap mencuci tangan Anda dengan sabun dan air usai menggunakan tisu.


Hand sanitizer

Virus flu seringkali menyebar dari tangan ke wajah. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air, terutama setelah bersin atau membuang ingus. Pembersih tangan berbasis alkohol juga merupakan alat yang baik ada dalam P3K Anda. Gunakan pembersih tangan jika Anda tidak dapat mencuci langsung dan hindari menyentuh wajah dengan tangan. Sebuah pembersih tangan yang baik setidaknya memiliki 60 persen alkohol.


Sumber : health.okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar