Senin, 28 Januari 2013

Perawatan Untuk Basmi Jerawat di Punggung



Jerawat tidak hanya hadir pada wajah saja. Tanpa disadari, jerawat juga bisa timbul di sekitar dada dan punggung.

Meski dapat dikamuflase menggunakan busana yang tertutup, jerawat pada tubuh tetap saja mengganggu. Apalagi, jika mengenakan busana dengan potongan terbuka di bagian belakang, pasti Anda menjadi tidak percaya diri mengenakannya karena terdapat jerawat mau pun bekas jerawat.

Faktor utama pencetus jerawat, menurut dr.Tina yaitu cara merawat kulit yang keliru. “Kebiasaan memakai baju ketat atau yang tidak menyerap keringat juga bisa memicu jerawat di punggung,” katanya.

Kurang menjaga kebersihan kulit, memakai baju yang rangkap, hingga penggunaan suplemen obat juga dapat memicu hadirnya jerawat.

“Suplemen pembangun otot juga bisa menyebabkan efek samping jerawat di punggung. Jenisnya biasanya berbeda dengan jerawat wajah. Penggunaan bodyspray atau parfum juga memicu kelainan kulit seperti jerawat,” paparnya.

Pengobatan jerawat di punggung atau dada pada dasarnya sama dengan jerawat wajah. “Perawatan dasarnya sama, yakni membersihkan kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak,” katanya.

Selain itu pilih produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kebiasaan memegang atau memencet jerawat sebaiknya dihindari karena bisa memicu infeksi.

Jika Anda telah melakukan perawatan di rumah seperti lulur, tapi jerawat tetap meradang. Mungkin sudah saatnya Anda perlu berkonsultasi ke dokter kulit. Beberapa cara perawatan punggung tersebut yaitu:

1. Back treatment
Perawatan ini sama seperti facial namun pengerjaan di bagian punggung. Untuk jerawat yang tidak terlalu banyak dan tidak menyebar keseluruh area, anda bisa mencoba ini. Pertama punggung dibersihkan dengan air dan sabun khusus.

Kemudian dilakukan penguapan dengan menggunakan steamer khusus untuk membuka pori-pori. Selanjutnya dilakukan vacuum untuk menyedot jerawat-jerawat. Bagian selanjutnya sangat menyenangkan, yaitu punggung dipijat dan masker. Jika ada bekas-bekas jerawat yang mengganggu, terapis melakukan proses penggosokkan atau scrubing. Tapi untuk jerawat yang masih meradang tidak disarankan melakukan scrubbing , karena malah membuat kulit menjadi iritasi.

Setelah masker kering, punggung dibersihkan menggunakan air. Tahap terakhir, terapis memulaskan obat khusus jerawat pada titik-titik jerawat dengan bantuan sebuah alar. Perawatan ini fungsinya untuk mengurangi komedo, yang dapat menimbulkan jerawat dan membantu menghambat tumbuhnya jerawat. Dapat dilakukan dua kali dalam sebulan. Kisaran perawatan ini Rp 110 ribu sampai Rp 220 ribu.

2. Chemical Peeling
Ketika jerawat sedang meradang, sangat dianjurkan melakukan perawatan ini. Chemical peeling fungsinya untuk mematikan bekteri yang ada dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara pengerjaan hampir sama dengan back treatment hanya saja obat yang diberikan berbeda. Punggung dibersihkan, di uap dan di vacuum. Setelahnya, bintik jerawat yang meradang di tusuk dengan jarum steril yang kecil.

Lalu, area berjerawat dioleskan dengan peeling khusus, hanya di bagian yang berjerawat saja. Cairan peeling dibiarkan selama 30 detik, lalu dikompres dengan lap dingin. Cara ini untuk menghindari perubahan warna kulit menjadi hitam karena panas terbakar.

Setelah proses peeling, punggung di bersihkan lagi dan di pijat dengan alat massage khusus. Barulah dilakukan masker. Setelah masker kering, tiap area berjerawat di berikan obat jerawat khusus. Perawatan ini cukup dilakukan sebulan sekali hingga jerawat tak datang kembali. Kisaran harga perawatan ini sekitar Rp 300 ribu sampai Rp 400 ribu.

3. Microdermabrasi
Perawatan ini cocok untuk menghilangkan titik-titik bekas jerawat, sehingga tidak semua kondisi kulit punggung dapat melakukan perawatan ini. Pengerjaannya hampir sama dengan backtreatment.

Fungsi dari perawatan ini adalah menghaluskan permukaaan kulit, mengilangkan noda jerawat punggung. Setelah dibersihkan dan di uap, punggung akan diberikan pijatan ringan oleh alat dermabrasi (Sama seperti alat chemical peeling) namun pada ujungnya terdapat kristal dan cincin, di sekelilingnya bertekstur sedikit kasar.

Setelah melakukan dermabrasi, bekas jerawat terlihat sedikit memudar dan kulit jadi lebih halus. Sangat bagus, jika dilakukan perawatan secara rutin sebulan sekali. Perawatan Microdermabrasi sekitar Rp Rp 600 ribu sampai Rp 800ribu.

Dokter juga menyarankan untuk perawatan di rumah dengan mandi dua kali sehari, mengganti pakaian ketika berkeringat, menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan sehat. Jangan lupa juga mengganti sprei dua kali sekali dalam sebulan.

Sumber artikel: Dari Berbagai Sumber

2 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara cara menghilangkan jerawat kecil kecil yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

    BalasHapus
  2. Artikel yang sangat bermanfaat bagi pembaca. Untuk melengkapi artikel diatas silahkan anda membaca tentang cara cara menghilangkan jerawat kecil kecil yang mungkin bisa menambah pengetahuan dan saling berbagi informasi seputar jerawat.

    BalasHapus