Senin, 28 Januari 2013

Jenis Olahraga Agar Pilek Cepat Sembuh




 Ketika sakit, tubuh meminta fase istirahat agar energi bisa terpusat dalam menangani masalah. Tetapi jika Anda hanya pilek, radang tenggorokan, dan bersin-bersin (tidak disertai badan meriang atau demam), Anda masih bisa berolahraga. Pada dasarnya, olahraga membantu meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat membantu Anda memulihkan diri lebih cepat. Syaratnya, lakukan latihan ringan yang tidak terlalu memforsir tubuh. Ini contohnya:

* Yoga. Pilih gerakan yoga yang ringan dan perlahan, bukan Vinyasa Yoga yang tergolong cepat dan mengalir sehingga menjadi seperti sebuah tarian. Yoga yang tergolong gentle akan membantu meregangkan tubuh dan melepaskan ketegangan, sehingga membuat Anda lebih rileks. Sekuens yoga yang bersifat pemulihan juga akan membuat Anda sembuh lebih cepat.

* Berenang. Tentu, Anda tak perlu berenang dengan terburu-buru dari ujung satu ke ujung yang lain. Berenanglah perlahan-lahan, tak perlu terprovokasi oleh aksi perenang lain yang seolah ingin segera mencapai finish. Gerakan yang lembut dan mengalir akan membuat tubuh bugar, namun tidak akan terasa terlalu berat.

* Joging. Hindari joging di jalan raya, karena polusi udara hanya akan membuat kondisi Anda memburuk. Joging saja di stadion, atau di jogging track di kompleks perumahan yang dikelilingi pepohonan supaya Anda bisa menghirup udara segar. Kemudian ketika Anda sakit, berlatihlah dengan intensitas 50 persen dari kekuatan Anda yang normal. Jika biasanya Anda joging selama satu jam, kurangi hingga 30 menit saja. Dengan begitu, Anda tak akan terlalu mengerahkan tenaga.


* Elliptical machine. Ini untuk Anda yang menjadi member pusat kebugaran. Pilih elliptical machine yang bisa menggerakkan tangan, kaki, dan tubuh Anda. Atur dengan intensitas yang ringan, sehingga Anda masih bisa membakar kalori, meregangkan paru-paru, sehingga Anda bisa bernafas lebih nyaman. Lakukan selama 35 menit untuk membakar sekitar 150 kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar