Rabu, 30 Januari 2013

Yang Bikin Ukuran Tensi Darah Anda Tinggi



MENGUKUR tekanan darah selalu dilakukan para perawat sebelum melakukan pemeriksaan kepada dokter. Namun demikian, tiga hal berikut dapat membuat tensi darah meningkat dari sebelumnya.

Menurut American Heart Association (AHA), tekanan darah dapat berubah setiap hari. Hal ini berpengaruh pada pola makan dan kebiasaan tidur yang tidak menentu. Namun, itu dapat dihindari dengan mengubah pola hidup sehat.

Berikut ini tiga hal yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat tanpa efek dari pola hidup sehat, sebagaimana dilansir Emaxhealth, Kamis (24/1/2013).

Mendengar kabar buruk

Mendengar kabar buruk menurut penelitian dapat membuat tekanan darah meningkat. Saat kita mendengar kabar buruk, jantung memompa darah dengan cepat dan aliran darah menjalar ke seluruh tubuh. Menurut Dr. OZ dari Missouri University, Amerika Serikat mengatakan, kabar buruk dapat memacu seseorang untuk stres dan menyebabkan tekanan darah memuncak.

Setelah berolahraga

Menurut AHA, aktivitas fisik dapat menyebabkan tingginya tekanan darah. Salah satunya olahraga, setelah melakukan olahraga, tekanan darah akan naik dengan sendirinya. Namun dengan melakukan aktivitas fisik, pembuluh darah akan terbuka dan hipertensi akan berada pada level yang normal.



Gen turunan

Faktor turunan merupakan peranan utama terhadap kondisi tekanan darah. Tetapi beberapa peneliti mengatakan, mereka yang memiliki tekanan darah tinggi tidak berarti akan berpeluang memiliki tekanan darah tinggi. Faktor turunan ini dapat dihindari dengan cara gaya hidup sehat dan berolahraga.

Sumber : okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar