Sabtu, 26 Januari 2013

Tips Agar Komedo Tak Berpotensi Infeksi




Jangan sepelekan komedo yang muncul pada wajah Anda. Jika kulit wajah dirawat dengan tepat, komedo bisa teratasi bahkan mencegahnya muncul di wajah. Dengan perawatan wajah yang tepat, komedo teratasi dan Anda terhindar dari infeksi yang bisa menimbulkan jerawat dalam kondisi lebih parah.

Dermatolog, dr Tina Wardhani Wisesa SpKK, mengatakan komedo hitam yang tampak jelas di wajah dan kerap mengganggu penampilan, sama berbahayanya dengan komedo putih yang kerap tak terlihat tapi kotoran tersimpan lebih dalam.

"Komedo dalam jumlah banyak merupakan jerawat yang juga perlu perawatan tepat," jelas dr Tina saat Media Workshopbersama Papulex di Madeleine Bistro, Kemang, Jakarta.

Menurut dr Tina, perawatan kulit dasar, seperti membersihkan, melembabkan, dan melindungi dengan tabir surya dapat mengatasi juga mencegah masalah komedo. Selain itu, facial berkala juga bisa mengatasi atau mencegah munculnya komedo.

"Komedo terbuka hitam bisa diatasi dengan pembersihan wajah teratur. Komedo putih bantu dengan krim atau facialrutin," sarannya.



Untuk facial, bagi kulit berminyak sebaiknya lakukan rutin dua minggu sekali. Sementara untuk kulit cenderung kering lakukan facial per tiga minggu atau sebulan sekali. Dengan perawatan sederhana ini, komedo pun bisa hilang dan Anda mencegah dari potensi infeksi yang menyebabkan jerawat pada tahap lebih lanjut.

"Kalau ada komedo bakal jadi jerawat lebih lanjut, terutama setelah mulai memerah karena infeksi. Perawatan yang berkesinambungan, dan sejak dini bisa mengatasi masalah komedo ini," tutupnya.



Sumber artikel: female.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar