Kamis, 24 Januari 2013

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami



Apa sih itu Komedo ? Komedo merupakan masalah kulit bagi sebagian orang, kulit akan terlihat kusam akibat bintik-bintik hitam yang menempel di wajah khususnya dibagian hidung. Timbulnya komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan. Hal ini terjadi bila Anda tidak rutin membersihkan kulit wajah, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk, dan minyak di permukaan kulit menutupi sel-sel kulit sehingga sel kulit tersumbat dan terbentuklah komedo pada wajah Anda.

Jenis-jenis komedo yang biasa menempel di wajah kita terutama di hidung.

Jenis komedo ada 2 yaitu:

1. Blackhead (komedo yang terbuka) merupakan pori – pori yang membesar dan berwarnah hitam yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori kulit karena teroksidasi dengan udara.
2. Whitehead (Komedo yang tertutup) merupakan kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang mengalami penyumbatan sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil pada kulit.

Beberapa Cara Menghilangkan Komedo yang bisa Anda coba :


  • Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan uap
Hadapkan wajah Anda di atas mankok atau wadah yang berisi air mendidih agar uap air menyentuh kulit wajah, tutup kepala Anda dengan handuk untuk mendapatkan uap yang maksimal. Uap tersebut akan membuka pori-pori kulit yang tersembat. Cara ini akan menghilangkan komedo sekaligus melembutkan kulit Anda.


  • Cara menghilangkan komedo dengan kulit jeruk
Campurkan kulit jeruk dengan air untuk membentuk pasta yang kental, setelah itu kulit jeruk yang sudah menjadi pasta tempelkan di daerah wajah yang terdapat komedo, biarkan hingga satu malam lalu bilas dengan menggunakan air bersih.


  • Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan putih telur
Kocok putih telur kemudian tambahkan 2 sendok makan madu segar lalu poleskan pada hidung atau wajah secara merata. Tunggu hingga menjadi kering selama ± 20-30 menit setelah itu bilas dengan air hangat, untuk hasil yang maksimal sebaiknya dipakai 1 minggu 2 kali.


  • Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya
Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area hidung yang berkomedo. Lidah buaya ini berfungsi untuk menghaluskan kulit serta mempercepat proses penyembuhan kulit.


  • Cara menghilangkan komedo dengan air garam
Garam berguna untuk mengurangi minyak berlebih di wajah, dengan kata lain akan membantu mengurangi komedo. Mungkin cara ini agak aneh tapi jangan remehkan cara yang satu ini karena cara ini juga ampuh menghilangkan komedo. Caranya dengan mencuci wajah Anda sehari sekali dengan menggunakan air hangat yang telah tercampur dengan garam.


Berikut adalah Tips agar kulit wajah dan hidung kita terhindar dari komedo:

Sebelum memilih produk kecantikan yang akan Anda gunakan, sebaiknya kenali dulu tipe kulit Anda, apakah termasuk kulit normal, kering, atau bahkan berminyak. Karena komedo dapat muncul akibat pemakaian kosmetik yang kurang cocok bagi kulit wajah kita.
Hindari makanan yang dapat memicu munculnya komedo diantaranya coklat, susu, durian, kacang tanah, telur, mete, keju, alpukat, gorengan, santan dan daging berlemak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar