Selasa, 29 Januari 2013

Trik-Trik Mudah Lepaskan Stres



SETIAP orang bisa mencapai titik stresnya cepat atau lambat. Agar terhindar dari berbagai keburukan akibat stres, Anda perlu melakukan manajemen pelepasan stres.

Mengatasi stres dalam hidup dan menjaga fokus setiap saat adalah satu-satunya cara menjalani kehidupan yang baik dan bermakna. Anda perlu memasukkan sebuah rutinitas yang membantu mengatasi stres. Mungkin ini akan membutuhkan beberapa usaha, tetapi ada teknik mudah dan cerdas yang harus bekerja dengan baik untuk melepaskan stres, seperti dilansir Quickeasyfit.

Menghitung napas Anda

Dengan bernapas, Anda bisa menenangkan sistem saraf dalam tubuh. Sebanyak 10 hitungan napas bisa menenangkan dengan baik pikiran dan tubuh Anda.

Bernyanyi

Anda dapat mencoba bernyanyi atau bersenandung untuk membantu mencapai efek yang sama. Seperti saat menyanyikan lagu, Anda tidak sadar memperpanjang keluarnya napas yang pada akhirnya membantu untuk menenangkan Anda.

Minum air

Dehidrasi ternyata dapat membuat Anda mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan. Jauhkan diri Anda dari dehidrasi. Mengonsumsi cukup cairan akan membantu Anda melihat dan berpikir hal-hal yang jauh lebih baik.

Tertawa

Tertawa terbahak-bahak. Mengapa tidak? Humor adalah kebalikan dari stres. Jangan biarkan diri Anda terlibat secara emosional dalam situasi stres. Tertawa dapat menjauhkan diri dari masalah, Anda akan hidup sehat dan bahagia.

Stres berkepanjangan dan perasaan tertekan yang mengakibatkan gangguan psikologis sudah pasti akan menimpa karyawan dengan tenggat waktu tinggi.
Tetapi, hal ini tidak ingin terjadi pada diri Anda bukan? Nah, seperti dikutip She Knows, berikut beberapa cara sederhana untuk mengusir stres karena pekerjaan : 



- Refresing ke tempat olahraga. Saat Anda merasa tertekan, biasanya kecenderungan untuk melepaskan amarah seperti berteriak, melempar atau memukul barang sangat besar. Daripada membuat seisi kantor terganggu, lebih baik lampiaskan kemarahan dan stres dengan kegiatan yang menguras tenaga seperti olahraga.
Pergilah ke gym, dan ikuti kelas-kelas seperti aerobik, yoga atau kickboxing. Bisa juga melakukan treadmill atau spinning.
Dikutip dari Times of India, olahraga bisa membantu mengurangi stres dan memberi waktu bagi tubuh untuk mengisi energi saat tidak berada di depan komputer. Setelah semangat kembali lagi, Anda pun siap mengerjakan tugas kantor dengan baik.

- Hindari kejar deadline. Pikiran yang tegang membuat otak tidak bisa berpikir dengan tenang. Bisa-bisa Anda malah melakukan sejumlah tindakan yang salah. Oleh sebab itu, menjauhlah sesaatdari meja kerja Anda untuk pergi ke kantin dan pesanlah minuman dingin serta makanan kecil untuk menyegarkan otak.
Mungkin saat itu, Anda bisa memesan es cokelat, karena cokelat mengandung senyawa yang bisa menenangkan pikiran. Untuk makanan, pilihlah camilan seperti kue pie, quiche atau kroket.

- Jangan terus berpikir serius. Stres akan terasa lebih menekan saat semuanya dipikirkan secara bersamaan. Cobalah membuat prioritas mana tugas paling penting yang harus diselesaikan terlebih dahulu.
Jika ada teman atau atasan yang mengejar-ngejar Anda dengan tugas lain, tegaskan dengan kata-kata yang bijak bahwa pekerjaan yang sedang Anda lakukan sekarang ini lebih penting dari segalanya.
Dengan menentukan prioritas, berarti Anda juga membuat pekerjaan sedikit lebih ringan karena bisa fokus pada satu hal saja.


- Berpikir realistis. Tentukan target sesuai kemampuan Anda, jangan mematok terlalu tinggi. Kenali kemampuan diri dan bentuk gaya kerja yang cocok untuk Anda, dengan begitu Anda bisa lebih santai dan menikmati dalam menjalankan pekerjaan. Misalnya saja, jangan menawarkan untuk menyelesaikan tugas yang sekiranya akan sulit Anda kerjakan dengan maksimal.
Mungkin Anda ingin memperlihatkan loyalitas dan dedikasi kerja, tapi menyanggupi pekerjaan yang jauh dari jangkauan adalah tindakan yang fatal dan justru bisa membuat Anda tambah stres.

- Hargai diri sendiri. Saat berhasil menyelesaikan pekerjaan berat, beri hadiah untuk diri sendiri. Misalnya, belanja sepasang sepatu atau sekedar memanjakan diri di tempat spa. Perlakuan tersebut bisa menjadi motivasi untuk bekerja lebih baik lagi tanpa ada beban atau pikiran yang membebani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar