Jumat, 20 November 2015

Tips Mudah untuk Kenali Jenis Kulit Kamu & Cara Perawatannya



Perawatan kulit merupakan salah satu bagian terpenting dalam rutinitas kecantikan. Perawatan ini tentu selalu dimulai dari dalam tubuh, karena itu pastikan kita senantiasa rutin meminum setidaknya 6-8 gelas air setiap harinya, melakukan pola diet seimbang dengan mengkonsumsi buah serta sayur-sayuran, olahraga rutin dan tidur yang cukup. Namun perawatan kecantikan dari luar juga tidak boleh Anda sepelekan. Sebelum melakukan perawatan wajah, sebaiknya kita kenali dulu jenis kulit yang kita miliki karena tanpa mengetahuinya terlebih dahulu, bukan kulit sehat dan cantik yang didapatkan justru bisa terjadi sebaliknya seperti berjerawat dan kusam.

Pada dasarnya kulit wajah terbagi dalam lima jenis, yaitu:

Kulit kombinasi
Kategori : Apabila bagian dahi, hidung, dan dagu kamu berminyak, cenderung memiliki masalah pada area tersebut, sedangkan sisa area kulit wajah kamu seperti bagian samping dahi, area mata, dan pipi sangat kering, sudah pasti kamu  memiliki kulit jenis kombinasi. kulit kombinasi berarti kita memiliki kulit berminyak dan kulit kering (bukan normal). jika kertas minyak yang digunakan mendapati banyak minyak di daerah T, namun juga mendapati bahwa sisa kulit mengelupas atau kering dan kencang, maka kulit termasuk jenis kombinasi

Kulit Berminyak
Kategori : Cukup mudah sebenarnya untuk mengindentifikasi kulit berminyak. Pada umumnya kulit berminyak akan lebih terlihat setelah setengah hari beraktivitas dan cenderung memiliki pori-pori yang cukup besar. Kulit berminyak biasanya sering memiliki masalah pada kulit, seperti komedo baik komedo hitam ataupun putih, serta jerawat. kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur, kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya

Kulit Normal
Bersyukurlah jika kamu memiliki jenis kulit normal. Jenis kulit normal dapat diketahui dengan tekstur kulit yang lembut dan berkilau. Kompleksi kulit dapat dilihat dari kulit kamu yang tidak terlalu kering, juga tidak terlalu berminyak. Jenis kulit ini jarang sekali memiliki masalah kulit, dan senangnya lagi adalah kamu jarang mengalami reaksi atau masalah apapun apabila mencoba berbagai macam produk. Kategorinya :
  • kulit wajah akan terasa lembut dan kenyal di seluruh bagian wajah secara merata
  • tidak akan ada banyak sisa minyak, atau ada sedikit sisa minyak dari wajah di titik T-zone (dahi-hidung dan dagu)
  • biasanya setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang
  • kerutan seiring bertambahnya usia akan mudah terlihat ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir
  • kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.
Kulit Kering, kategori :
  • seperti kulit normal, tisu tak akan banyak mengandung minyak, namun akan ada kulit-kulit yang mengelupas, terasa kencang, dan kering
  • kulit mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari
  • di udara dingin, kulit mudah teriritasi atau gatal-gatal
  • daerah T-zone  kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
  • kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.
  • Jenis kulit kering paling jarang mengalami masalah seperti jerawat, atau komedo dan lainnya. Namun, jenis kulit kering cenderung memiliki kulit yang kasar dan lebih mudah mengalami kerutan sehingga terkadang make up akan susah menempel. Kamu dapat melakukan tes kecil untuk mengetahui apakah kulit kamu termasuk ke dalam jenis kulit kering dengan cara: tempelkan selotip berukuran kecil saja pada bagian dahi kamu, gosok perlahan dan lepaskan, apabila terdapat serpihan kecil yang tertempel pada selotip, ini menandakan bahwa kamu memiliki jenis kulit yang kering. 
Kulit sensitif, kategori:
  • kulit sensitif tidak akan banyak meninggalkan sisa minyak, tapi akan cenderung kering dan terasa kencang
  • sering berwarna kemerahan, mengelupas, dan sering terasa gatal ketika diaplikasikan produk perawatan kulit, juga rawan berjerawat.
Setelah mengetahui jenis kulit wajah maka akan lebih mudah untuk merawat dan membeli produk perawatan yang paling tepat untuk jenis kulit kita namun perlu diingat, ini adalah teknik dasar untuk mengetahui jenis kulit. Jika kita masih belum yakin atau ingin lebih dalam merawat kulit wajah, temuilah dokter kulit atau pakar kesehatan kulit untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.

  1. Perawatan Kulit Kering :
  1. Gunakan krim pelembab sesering mungkin, baik pada siang maupun malam hari.
  2. Gunakan tabir surya pada siang hari, karena jenis kulit ini sangat mudah terkena flek-flek kecoklatan.
  3. Berhati-hati memakai sabun pembersih wajah karena akan menambah kusam kulit yang sudah kering.
  4. Pakailah lotion berupa susu pembersih untuk mengangkat sisa-sisa riasan wajah. Bilas dengan air bersih, keringkan, bubuhkan larutan penyegar untuk melembabkan kulit wajah.
  5. Sebaiknya menghindari sabun antiseptik ber-pH tinggi, karena dapat memicu terjadinya reaksi foto alergi, yaitu reaksi kemerahan yang timbul pada daerah kulit yang terpapar sinar matahari.
  2. Perawatan Kulit Berminyak :
  1. Bersihkan wajah dengan sabun, terutama yang mengandung sulfur, lalu dibilas dengan air bersih setiap mau tidur, pulang aktivitas
  2. Larutan penyegar (face tonoc) arus selalu dipakai sesudah muka bersih.
  3. Pilihan bahan aktif untuk face tonic yang beralkohol dan mengandung zat aktif penutup pori pori (biasanya kalo di kosmetik yang astringent atau mentimun).
  4. Pemakaian alas bedak jangan terlalu lama.
  5. Kulit wajah dijaga agar tidak berkeringat.
  3. Perawatan Kulit Normal :
  1. Membersihkan kulit rutin dengan air sudah cukup. (ingedh aQuwh juja cumandh rajin cuci muka sebelum bhubhuk yang bikin aQuwh hampir ga pernah jerawat khan??? aQuwh emang jarang banget facial ke salon tapi dengan perawatan simpel2 tapi teratur kaya’gini justru yang bikin kulitQuwh rasanyaa enak dipegang enak dilihat,, hehehe)
  2. Sabun, susu pembersih dan face tonic hanya dipakai jika menggunakan rias lengkap, contoh alas bedak, bedak kompak, pemerah pipi.
  3. Krim pelembab dipakai hanya jika lingkungan udara kering, seperti ruang ber-AC.
  4. Facial hanya dilakukan 3 bulan sekali.
  5. Krim tabir surya tetap diperlukan saat diluar ruangan.
  4. Perawatan Kulit Kombinasi :
  1. Jangan sembarang memijat komedo karena bisa meradang.
  2. Selalu memakai susu pembersih, sabun wajah dan face tonic.
  3. Lakukan perawatan / facial minimal sebulan sekali.
  4. Oleskan tipis krim atau lotion pencegah komedo pada malam hari.
  5. Perawatan Kulit Sensitif:
  1. Perawatan utama untuk jenis kulit yang satu ini pertama-tama kita harus  hati-hati dalam memilih kosmetik… Karena kesalahan penggunaan kosmetik yang tidak sesuai bisa sangat merusak kulit yang sudah rentan ini…
  2. Untuk menjaga dan merawat kulit ini dgn baik, ada baiknya kamu rajin konsultasi dgn dokter kulit atau ahli kecantikan untuk menghindarkan kulit dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Perawatan Kulit Berjerawat:
  1. Melakukan Pembersihan muka secara rutin untuk membersihkan kotoran, debu dan sisa-sisa tata rias
  2. Pembersihan dengan sabun dapat mencegah timbulnya penyakit
  3. Lakukan juga penyegaran (fresher/toner) untuk menyegarkan & menormalkan kembali kulit wajah & merigkas pori-pori terutama untuk ulit bermasaah ini
  4. Jangan melakukan peeling seperti jenis kulit lainnya
  5. Dilarang melakukan massage
Nah, itulah tips untuk mengetahui jenis kulit kamu dan rekomendasi produk yang bisa kamu gunakan untuk perawatan kulit kamu. Semoga bermanfaat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar