Sabtu, 21 November 2015

Ketombe – Penyebab dan Penanganannya




Apa itu ketombe? Bagaimana cara menghilangkan ketombe?


Apa itu Ketombe?
Bila anda melihat atau menemukan serpihan kuning atau kilauan putih di bahu atau di rambut Anda, itu adalah tanda-tanda ketombe. Ketombe sebenarnya merupakan sel-sel kulit mati kepala anda yang rontok. Bila Anda memiliki ketombe, kulit kepala Anda mungkin terlihat bersisik atau merah dan terasa gatal.. Ketombe akan terlihat lebih jelas ketika Anda mengenakan atasan berwarna gelap.

Penyebab Ketombe Pada Kulit Kepala

Ada tiga faktor yang diperlukan untuk kondisi pembentukan ketombe:
1.  Malassezia globosa:  Ini adalah mikro-organisme yang dimiliki semua orang, dan beberapa orang sensitif terhadapnya.
2.  Minyak kulit kepala:  Malassezia globosa memakan minyak pada kulit kepala kita, yang dikenal sebagai sebum.
3.  Sensitivitas individual:  Bagaimana kulit kepala bereaksi terhadap zat yang ada berbeda-beda pada setiap orang.


Ada beberapa mitos dan kesalahpahaman terkait dengan ketombe, seperti mencuci rambut terlalu sering, tidak mencuci rambut setiap hari, tidak menggunakan sampo, sering makan makanan pedas, dsb. Namun, seperti yang disebutkan di atas, kemungkinan ada beberapa penyebab yang sama Diantaranya :

Tidak mencuci rambut
Tidak mencuci rambut secara teratur menyebabkan akumulasi kotoran dan debu di rambut yang dapat memicu ketombe. Demikian pula, peningkatan produksi minyak juga merupakan salah satu penyebab ketombe.

Penyakit kulit
Ketombe juga dapat disebabkan karena penyakit kulit tertentu seperti eksim dan psoriasis. Dalam kondisi ini, jaringan kulit mati lebih cepat, sehingga menimbulkan kulit kering dan bersisik.

 Perawatan rambut
Menggunakan produk yang mengandung bahan kimia, menggunakan sampo dan produk rambut lainnya yang tidak sesuai dengan jenis rambut anda juga dapat menyebabkan ketombe.

Cuaca
Ketombe juga dapat disebabkan karena pengaruh cuaca dingin dan kering. Pada saat yang sama, pengaruh kondisi iklim yang sangat panas dan sering terkena sinar matahari juga dapat menyebabkan kulit kepala gatal dan berketombe.

Ketidakseimbangan hormonal
Ketidakseimbangan hormon disebabkan karena alasan apapun, seperti pubertas, fungsi normal kelenjar, stres, dll, adalah alasan lain untuk ketombe. Stres itu sendiri juga dapat menyebabkan ketombe ringan sampai parah pada orang.

Selain yang disebutkan di atas, berikut adalah beberapa alasan tambahan yang dapat mengakibatkan ketombe pada pria dan wanita:
Malassezia, kulit berminyak, alergi, hipersensitivitas, kurang tidur dan istirahat, kutu rambut, penggunaan sisir, berkeringat, sistem kekebalan tubuh yang lemah, dan infeksi jamur.

Bagaimana cara menghilangkan ketombe?

Hal ini penting untuk menghilangkan ketombe dan segera diobati untuk mencegah munculnya lagi. Sebelum mencari pengobatan, anda harus melihat apa yang menjadi penyebab ketombe dan mencoba untuk mengatasi penyebabnya. Sebagian besar penyebab yang disebutkan di atas dapat diobati secara efektif. Menggunakan sampo anti ketombe adalah cara terbaik untuk mengobati kondisi ini. Selain itu, ada beberapa pengobatan rumah untuk ketombe yang dapat digunakan. Menggunakan minyak pohon teh dianggap sebagai salah satu metode terbaik untuk menghilangkan ketombe. Demikian pula, memijat dengan minyak dan setelah perawatan rambut yang tepat juga efektif.

Terakhir, anda harus ingat untuk selalu mengikuti metode yang tepat akan kebersihan dan kesehatan, memiliki pola makan yang baik dan menghindari percobaan dengan produk perawatan rambut, dapat membantu dalam mencegah ketombe.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar