Selasa, 18 Juni 2013

Tentang Dental Implant



Sekarang implant gigi sudah menjadi tren dan dianjurkan untuk menggantikan gigi yang hilang. Implant gigi menggantikan gigi asli dengan sensasi, penampakan, serta fungsi yang menyerupai gigi asli. Definisi implant gigi sendiri, adalah akar gigi tiruan yang ditanam ke dalam rahang. Proses penanaman dilakukan melalui mekanisme pembedahan minor, yaitu dengan cara membuka gusi dan kemudian membuat lubang di bagian tulang dengan ukuran antara 3-4 milimeter.

Teknologi kedokteran telah mampu memberikan solusi terhadap tanggalnya gigi permanen dengan metode implant gigi. Menurut Drg. Djoko Micni, SpBM,FICOI; metode implant gigi sudah ditemukan di dunia kedokteran sejak 10 tahun terakhir. Teknologi ini sendiri telah mampu berfungsi untuk menggantikan gigi asli. Di dalam gigi asli terdapat dua bagian, yaitu akar gigi yang tertanam di dalam tulang dan mahkota gigi yang muncul di bagian rongga mulut.



Secara umum, implant gigi atau dental implant terdiri dari dua komponen yaitu komponen yang tertanam didalam gusi dan crown di atasnya yang menyerupai mahkota gigi yang terbuat dari porselen. Implant juga bisa menjadi penyangga untuk gigi tiruan lepasan bila kehilangan gigi cukup banyak.

Metode implant ini tidak dianjurkan kepada anak anak dibawah 17 tahun. Dental implant ini juga memiliki ketahanan yang cukup lama, sekitar 5 sampai 10 tahun, dengan catatan jika dilakukan terhadap pasien yang memiliki tulang gigi yang kuat.

Nah, gak mau implant gigi? Makanya selalu rawat gigi kita selagi masih sehat, agar tidak berlubang. Gigi berlubang itu merupakan akibat dari jarangnya kita memperhatikan kebersihan gigi dan juga mulut kita. Selalu rajin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari, karena ini merupakan langkah awal kita untuk mencegah kuman berkembang biak dalam mulut. maka sikat gigi sebanyak banyaknya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar