Rabu, 12 Juni 2013

Telanjang Baik untuk Kesehatan


Telanjang atau tidak berpakaian tidak selalu berhubungan dengan kegiatan seksual atau pornografi. Meski telanjang sering diartikan tabu oleh kebanyakan masyarakat, rupanya telanjang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho. Namun Anda harus memastikan dahulu, jangan sampai Anda telanjang pada saat yang salah ya! Telanjanglah pada tempat dan waktu yang sesuai. Berikut Sharing di Sini Manfaat telanjang untuk kesehatan, dilansir dari healthmeup.

1. Mendapatkan vitamin D

Sinar matahari dapat berakibat jahat pada kulit . Jika Anda ingin berjemur di bawah matahari, sebaiknya gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda. Matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit jika Anda terpapar sinar UV dalam jangka waktu yang lama dan di atas jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Namun, jika berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari selama sekitar 10 – 15 menit akan membantu Anda dalam meningkatkan produksi vitamin D dan mampu meningkatkan mood baik Anda.

2. Mendapatkan kulit sehat

Kulit kita membutuhkan udara untuk bernapas. Terlalu lama memakai pakaian yang ketat dapat melemahkan kulit Anda, karena kulit menyerap kembali racun yang keluar saat tubuh berkeringat. Telanjang akan membantu kulit Anda untuk bernapas  pada area yang lembap dan sering tertutup, serta menghilangkan racun dari tubuh Anda.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Melepas baju akan membantu Anda mencegah munculnya tanda bekas merah yang disebabkan oleh tekanan bra atau celana dalam yang terlalu ketat. Melepaskan pakaian Anda untuk sementara waktu akan membantu meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

4. Menyehatkan otak

Menurut sebuah studi,  berjalan dengan bertelanjang kaki membantu  menurunkan risiko Alzheimer pada orang dewasa. Berjalan atau berlari tanpa alas kaki membantu menstimulasi otak. Dr Sunesara, dokter umum asal Mumbai mengatakan, stimulasi yang dibuat dalam telapak kaki mendorong otak kita untuk meningkatkan koneksi neuron. Selain itu, membantu meningkatkan fleksibilitas otak.

5. Lebih rileks

Telanjang di waktu dan tempat yang benar, sama halnya dengan terapi pijat untuk depresi,serta masalah mental lainnya. Berbaring dalam keadaan telanjang membantu untuk meningkatkan aliran darah Anda, mendetoksifikasi sistem tubuh, sehingga mendapatkan efek rileks, kehangatan dan merasa bebas dari tekanan.

6. menurunkan resiko infeksi

Ketika pakaian basah kuyup karena keringat, tentu hal ini bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri, sehingga berpotensi menyebabkan berbagai infeksi. Telanjang menurunkan risiko untuk terinfeksi jamur dan bakteri berbahaya juga menjaga kebersihan area pribadi.

7. Meningkatkan kesuburan

Mengenakan pakaian ketat  dapat membatasi aliran darah ke daerah genital dan menjadikannya lembap. Celana ketat akan menekan organ reproduksi Anda, yang selanjutnya secara perlahan-lahan membunuh reseptor saraf di daerah sekitar (penis, pada pria) sehingga menurunkan jumlah produksi sperma.

Nah, tidak ada salahnya, Anda bertelanjang atau mengenakan baju tipis dan ringan saat tidur malam. Sehingga tidur menjadi nyenyak, dan badan menjadi rileks


Sumber : health.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar