Minggu, 16 Juni 2013

Pola Hidup Penyebab Hipertensi


Saat bicara mengenai pola hidup, ini akan berhubungan dengan pola makan, olahraga, dan kebiasaan-kebiasaan Anda.

Konsumsi garam dan gula berlebih akan membuat Anda makin dekat dengan hipertensi.
Hubungan antara hipertensi dan garam mungkin jauh lebih familiar di telinga  dibandingkan dengan hipertensi dan gula. Tapi masalahnya, konsumsi gula yang berlebihan berisiko membuat Anda berurusan dengan kelebihan berat badan.

Kelebihan berat badan akan memicu terjadinya penyumbatan di jantung dan memperlambat kerja darah. Tapi tenang saja, Anda bisa mengukur sendiri kemungkinan kelebihan berat badan pada diri Anda. Untuk pria, lingkar pinggang yang ideal adalah 90 cm. Jadi, kalau ukuran lingkar pinggang Anda sudah melebihi angka itu, barulah mulai  cemas.


Makanan lemak dan berkalori tinggi.
Meski Anda bukan penggemar makanan manis dan asin, belum saatnya bernapas lega. “Makanan dengan kandungan lemak dan kalori yang tinggi juga memiliki risiko yang sama,” kata dr. Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK., spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Medistra, Jakarta. Saat kandungan lemak dalam darah berlebih, maka kolesterol akan tertimbun pada dinding pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah akan menyempit dan tekanan darah jadi meningkat.

Konsumsi alkohol, kafein, kurang olahraga, dan merokok.
Menurut para ahli, kebiasaan-kebiasaan buruk Anda ini dapat menyebabkan kekakuan pembuluh darah. Hal ini dapat membuat kemampuan elastisitas pembuluh darah pada saat mengalami tekanan yang tinggi hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar