Jumat, 19 April 2013

Obat Alami Untuk Mengatasi Terlambat Datang Bulan




Terkadang terlambat datang bulan dapat membuat seorang wanita menjadi cemas. Entah karena memang belum merencanakan kehamilan, atau kekhawatiran akan kesehatan rahimnya.

Umumnya, setiap tahun wanita mengalami haid 12-13 kali. Namun, tak jarang juga ada yang mengalami haid hanya 9-10 kali dalam setahun.

Ada berbagai hal yang menyebabkan haid datang terlambat. Seperti misalnya kurang tidur, terlalu capek, menopause, kesuburan yang tertunda, depresi, stres, pengaruh obat atau kecemasan berlebih. Selain itu, akhir-akhir ini penyakit seperti kista juga dapat menyebabkan wanita sering mengalami keterlambatan menstruasi.


Nah, untuk mengatasi keterlambatan haid ini, ada beberapa obat alami yang bisa Anda konsumsi.

PERINGATAN: Obat ini tidak diperuntukkan Anda yang tengah hamil atau dipergunakan dengan tujuan menggugurkan kehamilan.

Ramuan Wijen dan gula palem

Sangrai wijen putih atau hitam kemudian hancurkan hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan gula palem. Dapat diseduh atau dikonsumsi seperti permen.

Ramuan ini dapat membantu memperlancar haid dalam waktu yang cenderung singkat.

Ramuan pepaya

Buah pepaya juga dapat membantu melancarkan haid yang tidak teratur. Cukup makan 250 gram pepaya di pagi hari atau sebelum tidur. Dan dilakukan hingga si haid datang.

Ramuan Jinten dan gula palem

Didihkan jinten dan gula palem, minum airnya selagi dingin. Atau dapat juga memanfaatkan minyak jinten yang dicampur dengan gula palem. Ramuan ini dapat memperlancar datangnya haid.

Olahraga dan makan omega-3

Lakukan olahraga teratur agar haid tidak sampai datang terlambat. Diet menu kaya akan antioksidan dan omega-3 serta padukan dengan melakukan kardio ringan setidaknya 3-4 kali seminggu.

Latihan yoga

Yoga adalah latihan yang memiliki berbagai manfaat. Tak hanya menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh, yoga juga dapat membantu memperlancar haid.

Sayur pare

Sekalipun terkenal pahit, namun sayur yang biasa ditumis atau dikukus dalam menu siomay ini dapat memperlancar haid.

Tidur cukup

Pastikan Anda mendapatkan tidur cukup setiap harinya. Salah satu penyebab haid datang terlambat adalah tubuh yang terlalu lelah dan kurang tidur. Dengan memberikan jam istirahat yang cukup bagi tubuh, maka Anda tidak perlu khawatir si haid datang terlambat lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar