Sabtu, 20 April 2013

Mencegah Menopause Dini




Kondisi dan keadaan seseorang yang berubah-ubah bisa memberikan berbagai reaksi bagi yang mengalami perubahan tersebut. Perubahan secara fisik seseorang adakalanya dapat mengurangi rasa percaya diri, demikian pula dengan adanya perubahan lain dalam kehidupan seseorang. Bagaimana menyikapi keadaan seperti itu? Ada banyak jalan dan pilihan yang bisa diambil. Nah untuk yang satu ini oleh kebanyakan perempuan ditakuti dan menjadikan momok yang kurang disukai yaacch apalagi kalau bukan menghadapi datangnya menopause. Memang kondisi seperti ini sudah wajar dan pasti akan dialami oleh semua wanita akan tetapi walau sudah tahu akan terjadi pada dirinya, keadaan tersebut jadi momok bagi sebagian perempuan, ada yang merasa bisa merenggangkan hubungan dengan pasangan ataupun hal dan alasan lain yang bermunculan.

Difase ini, memang akan dirasakan gejala-gejala yang menjadikan seseorang tidak nyaman, diantaranya, gairah seks berkurang, kulit mulai mengendur, rasa panas yang menjalar di dada dan wajah, selain itu pola periode menstruasi yang tidak teratur. Namun, menopause tidaklah dapat dihindari karena hal itu merupakan hal yang alami. Ada juga beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah agar datangnya menopause tersebut tidaklah kelewat dini, seperti dengan olah tubuh secara rutin, pola makan dan pola hidup dibarengi dengan gaya hidup sehat adalah cara menjaga dan merawat kesehatan tubuh secara keseluruhan yang harus dilakukan supaya memiliki kualitas hidup yang prima. Akan tetapi, ada kebiasaan yang sangatlah sulit dihilangkan sebab dapat dikatakan sudah mengakar dalam kehidupan seseorang yang mana hal ini bisa sebagai penyebabnya. Kebiasaan buruk yang berdampak bagi kesehatan dan kondisi seseorang inilah yang harus dihapuskan. Mau tahu kan kenapa ? Karena salah satu kebiasaan yang memicu menopause dini adalah merokok oleh karena itu segeralah menghentikan kebiasaan merokok, sebab pencetus menopause dini salah satunya adalah paparan nikotin. Hal ini berdasarkan riset dari Lembaga San Fransisco Cancer Risk Registry University of California yang sudah membuktikan hal tersebut. Perempuan yang menghisap hingga 20 batang rokok per hari diperkirakan akan mengalami menopause sebelum berusia 45 tahun. Normalnya menopause datang di usia 51 tahun.


Menopause dini memang memiliki banyak risiko kesehatan. Seperti meningkatnya risiko osteoporosis, penyakit jantung dan mulai terganggunya kehidupan seksual. Nah, agar Anda tidak mengalami menopause dini, berikut 4 cara alami untuk mencegahnya seperti dilansir boldsky:

Berhenti Merokok
Anda perokok? Sebaiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan tak sehat ini dari sekarang. Zat berbahaya dalam rokok dapat menghambat sirkulasi darah dalam tubuh. Terutama aliran darah menuju rahim dan ovarium. Imbasnya, Anda akan memiliki periode menstruasi yang kurang teratur.

Rajin Berolahraga
Apa pun tujuan Anda baik untuk mencegah menopause dini, menurunkan berat badan, atau menjaga tubuh tetap sehat, olahraga tetap menjadi aktivitas yang wajib dilakukan. Olahraga teratur merupakan cara yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sirkulasi darah yang berujung pada periode menstruasi yang lebih teratur.

Konsumsi Makanan Kaya Fitoestrogen
Menjelang menopause kadar hormon estrogen pada wanita akan menurun. Oleh karena itu, ketika tubuh tidak lagi memproduksi hormon estrogen dalam jumlah yang cukup, maka solusi terbaik adalah mengasupnya dari luar. Produk kedelai dan biji-bijian seperti gandum merupakan makanan yang kaya kandungan fitoestrogen dan dapat membantu mencegah menopause dini.

Tingkatkan Asupan Antioksidan
Menopause dan penuaan adalah dua hal yang berjalan beriringan. Jika Anda mengalami penuaan dini, maka risiko untuk menopause dini juga lebih besar. Untuk mencegah penuaan dini, konsumsilah makanan yang kaya antioksidan seperti sayuran dan buah-buahan segar. Sayur dan buah-buahan seperti bayam, brokoli, stroberi, anggur, dan apel dikenal ampuh dalam melawan proses penuaan.
Menopause memang terjadi secara alami. Namun jika Anda bisa menundanya, ini berarti Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk hidup sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar