Sabtu, 27 April 2013

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Kulitmu Sensitif



 Sebenarnya, kulit sensitif itu yang seperti apa sih? Kulit sensitif adalah jenis kulit yang seringkali tidak tahan terhadap matahari, kosmetika, parfum, dan lain sebagainya.

Menurut ahli dermatologi Marianna Blyumin Karasik, M.D, kulit tiba-tiba berubah menjadi sensitif karena sistem immune tubuh berlebihan. Tubuh kemudian bereaksi terhadap sesuatu yang menyebabkan kulit kemerahan, gatal-gatal, mengelupas atau bentol-bentol.

Sebagian besar wanita ternyata mengalami hal ini. Dan tenang saja, Anda normal kok sekalipun memiliki kulit jenis sensitif.

Pun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kulit sensitifmu tetap cantik dan aman.

Pilih yang hypoallergenic

Saat memilih produk kosmetik apapun, baik bedak, eyeshadow, parfum, atau foundation, pilih yang hypoallergenic.

Apabila sebuah produk memiliki kemampuan hypoallergenic artinya aman digunakan oleh kulit sensitif dan tidak menimbulkan reaksi alergi. Sebelum membeli produk kosmetik atau parfum, tanyakan saja testernya sehingga Anda bisa mencoba di punggung tangan atau pergelangan tangan.

Biasanya kulit sensitif langsung tanggap apabila ada reaksi alergi. Dan, kulit akan menunjukkan reaksi panas, gatal-gatal atau kemerahan. 

Baiknya tidak memakai produk antibakteri

Padahal produk antibakteri kan baik digunakan untuk mengusir bakteri jahat.

Pernyataan tersebut ada benarnya, namun, seperti dikutip dari womenshealthmag, Marianna Blyumin Karasik, M.D., tidak menganjurkan pemilik kulit sensitif memakai sabun dengan antibacaterial agents. Kandungan EDTA dan triclosan cenderung membuat kulit menjadi kering, sehingga kulit jadi mudah terkelupas dan gatal-gatal.

Akan lebih baik apabila pemilik kulit sensitif menggunakan sabun khusus untuk kulit sensitif yang biasanya kaya akan pelembab.

Hindari produk micro mineral

Makeup yang berlabel micro mineral sebenarnya kualitasnya sangat bagus. Tetapi, karena berbentuk micro, ia cenderung tinggal dan bersarang di dalam pori-pori, terutama apabila jarang membersihkan kulit.

Nah, hal ini dapat memicu reaksi alergi berkepanjangan serta infeksi.

Pakai sun protection

Dianjurkan agar para pemilik kulit sensitif juga memakai sun protection selama bepergian dan beraktivitas di bawah sinar matahari. Kulit cenderung kering, merah-merah dan mudah mengelupas apabila seringkali terkena paparan sinar matahari langsung.

Bagaimana saat beraktivitas di dalam ruangan?

Lebih baik tetap pakai sun protection karena Anda tak pernah tahu seberapa besar paparan sinar matahari yang masuk lewat jendela atau kisi-kisi ruangan.

Tidak ribet kok sebenarnya merawat kulit sensitif. Hanya dibutuhkan kecermatan serta kedisiplinan agar kulit tetap cantik dan terawat.

Sumber : vemale.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar