Jumat, 19 April 2013

Cara Alami Mengurangi Mata Minus



Mata minus merupakan kelainan dari mata yang tidak bisa melihat benda-benda dengan jarak terlalu jauh. Permasalahan pada mata ini bisa saja dialami oleh siapapun, baik wanita, pria, anak-anak, maupun orang dewasa. Penyebabnya adalah sering membaca di tempat gelap, membaca sambil tiduran, terkena radiasi monitor, televisi, atau ponsel, dan lain sebagainya. Seseorang yang matanya minus, biasanya akan menggunakan kacamata atau lensa kontak untuk membantu penglihatannya. Namun, kedua cara tersebut tidak bisa mengurangi mata minus. Minus pada mata Anda malah bisa bertambah jika tak sering menggunakan kacamata atau lensa kontak.




Penyebab Mata Minus
  • Membaca sambil tiduran
  • Membaca di tempat dengan penerangan kurang
  • Membaca terlalu lama
  • Kurang mengkonsumsi makanan bervitamin A
  • Terlalu lama bekerja di komputer.
  • Nonton tv terlalu dekat
  • Main game dengan TV besar dan jarak dekat
  • Terlalu banyak nonton bioskop layar lebar, dll.

Gejala-gejala Mata Minus

Pada rabun jauh (miopia, mata minus), sumbu mata terlalu cembung, sehingga bayangan benda jatuh di depan retina. Akibatnya, benda yang jauh tidak terlihat jelas. Tanpa kacamata, penderita rabun jauh akan mengalami sakit kepala dan nyeri pada mata.

Gejalanya adalah kepala nyeri berdenyut terutama bagian depan, bola mata perih dan berat, terasa seperti mau keluar dan air mata meleleh berlebihan. Keadaan ini biasanya membaik bila mata diistirahatkan atau dengan minum obat antinyeri. Tapi sering kali kambuh beberapa waktu kemudian.

Lalu, bagaimana cara mengurangi atau mengobati mata minus?

Berikut cara alami mengurangi mata minus:

 1. Melakukan senam mata Anda bisa melakukan senam mata ini setiap hari. Senam mata berguna untuk melatih kembali kefokusan mata Anda. Senam mata yang bisa Anda lakukan, antara lain melihat berbagai benda dengan jarak yang berbeda, mengedipkan mata secara normal (tidak terlalu cepat dan lambat), menutup mata dengan telapak tangan, dan melihat benda bergerak.
2. Mengonsusmi sayuran dan buah-buahan Jika ingin minus pada mata berkurang secara alami, maka Anda disarankan juga untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk mata. Makanan itu diantaranya, ikan salmon, alpukat, bawang putih dan merah, telur, bayam, wortel, jeruk peras, dan sayuran hijau dan buah-buahan lainnya yang baik untuk kesehatan mata.
3. Menikmati pemandangan alam Untuk menenangkan mata, Anda bisa melihat pemandangan alam. Sering-seringlah pergi ke daerah pegunungan untuk melihat hijaunya pohon-pohon atau pergi ke kampung halaman untuk melihat persawahan. Selain itu, melihat laut yang luas juga bisa mengurangi minus pada mata.
4. Menggunakan kacamata terapi Kacamata dengan lensa terpolarisasi sangat bagus untuk mengurangi silau. Namun, lensa tersebut bisa membuat Anda jadi lebih sulit melihat layar ponsel atau LCD.

Itulah cara alami untuk mengurangi mata minus. Cara tersebut tentunya lebih mudah dilakukan daripada Anda harus melakukan operasi mata yang tentunya akan mengeluarkan banyak biaya. Jika Anda ingin melakukan cara di atas, maka harus dilakukan secara terus-menerus. Dengan begitu, Anda akan merasakan perubahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar