Kamis, 24 September 2015

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Beras merah adalah salah satu jenis beras yang lebih difungsikan sebagai salah satu menu diet sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan di dalam beras merah memiliki kandungan yang memiliki peranan baik bagi kesehatan diantaranya vitamin B dan vitamin E, serat, mineral, dan zat gizi lainnya. Selain digunakan sebagai salah satu menu diet, beras merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh.

Beras merah juga sangat efektif untuk mengatasi beberapa keluhan diantaranya obesitas, diabetes, jantung, kolesterol dan lain-lain. Nah jika kita sering mengonsumsi beras putih sebagai makanan pokok, maka cobalah untuk mulai beralih mengonsumsi beras merah. Meskipun beras merah tidak seenak beras putih tapi bisa dipastikan manfaat yang didapatkan lebih dominan pada beras merah. Lantas apa sajakah manfaat beras merah bagi kesehatan tersebut? Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut !

Kapan Anda Harus Konsumsi Beras Merah ?
  • Ketika sedang diet.
  • Menghindari diabetes
  • Sudah terkena diabetes
  • Mengalami penyakit jantung
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan HDL.
Mengapa beras merah efektif untuk beberapa keluhan di atas ? nah pada artikel ini kita akan ulas secara mendetil. Banyak alasan mengapa anda harus menganti beras putih anda menjadi beras merah. Selain untuk menjaga kesehatan, tentu nutrisinya sangat penting untuk kebutuhan nutrisi tubuh.

Selanjutnya, mari kita simak berbagai kandungan gizi dan nutrisi serta mitos mengenai beras merah.

Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah ini membentuk persentase 1)
Karbohidrat – 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
Magnesium, fosfor dan kalsium – untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Inilah Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Menurunkan Berat Badan
Manfaat yang pertama dan utama dari beras merah adalah sebagai menu diet sehat atau membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan rendah kalori dan korbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam beras merah berperan menyuplai energi ke dalam perut sehingga dapat membuat perut tidak mudah merasa lapar. Jika dikonsumsi secara teratur maka masalah berat badan Anda akan teratasi dengen cepat.

Mencegah Penyakit Kanker
Zat selenium serta polifenol yang terkandung di dalam beras merah inilah yang memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh salah satunya adalah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Tulang
Manfaat beras merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang, hal ini dikarenakan kandungan vitamin D dan kalsium di dalam kandungan beras merah. Kedua kandungan tersebut memang sangat baik dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
kandungan serat tinggi di dalam kandungan beras merah inilah sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Seperti misalnya membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Bukan hanya itu saja kandungan serat juga sangat baik dalam menjaga dan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itulah mulai dari sekarang untuk dapat mengonsumsi beras merah untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

Baik Bagi Penderita Diabetes
Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya untuk beralih mengonsumsi beras merah dalam menu makan sehari-hari. Karena beras memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat yang tentunya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

Sumber antioksidan
Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar