Rabu, 16 September 2015

Inilah 5 Kebiasaan Ini Sebabkan Gangguan Kulit



Kecantikan – Setiap wanita menginginkan kulit yang indah. Akan tetapi, kebiasaan yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari mampu memunculkan beragam gangguan kulit, mulai dari hiperpigmentasi atau munculnya noda hitam hingga perubahan warna kulit. Apa saja sebenarnya kebiasaan yang dimaksud dan baiknya dihindari?

1. Tidak mengaplikasikan tabir surya
“Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet secara terus-menerus, maka akan menyebabkan noda kecoklatan dan hiperpigmentasi akibat produksi melanin berlebih. Karena noda kecoklatan disebabkan oleh sinar matahari, maka hal ini seolah memberitahu Anda bahwa kulit terpapar sinar matahari berlebih. Oleh sebab itu, pakailah pelindung atau kembali aplikasikan SPF,” ujar dr Denis Gross, seorang dermatolog.

2. Menggunakan produk perawatan kulit yang terlalu agresif 
Apabila kulit Anda menjadi kemerahan setelah menggunakan produk perawatan kulit, maka ini akan menyebabkan perubahan rona kulit tanpa peduli jenis atau warna kulit Anda. Kondisi ini disebut dengan Post-inflammatory Hyperpigmentation (PIH) dan akan terjadi bila formulasinya terlalu kuat atau Anda mengaplikasikannya lebih sering dari yang disarankan.

3. Perawatan luka yang terselesaikan 
Noda bekas jerawat seringkali menimbulkan bekas berupa noda kecoklatan. Perlu disadari bahwa salah satu cara tubuh dalam merespon luka adalah dengan memproduksi melanin secara berlebih. “Tubuh merespon luka dengan inflamasi yang mendorong produksi melanin dan mengakibatkan munculnya noda kecoklatan. Noda bekas jerawat adalah salah satu contoh PIH,” jelas dr Gross.

4. Merokok 
Kebiasaan merokok pun dapat merusak kulit. Segala macam kandungan bahan kimiawi beracun yang terdapat pada rokok akan menguras antioksidan di dalam tubuh dan tubuh akan memproduksi lebih banyak radikal bebas yang merusak sel-sel kulit. Akhirnya, pembentukan noda-noda berwarna gelap pun akan meningkat seiring semakin seringnya Anda menghisap rokok.

5. Stres
Stres akan mengganggu tubuh Anda, tidak terkecuali kulit. Ketika Anda stres, tubuh akan memproduksi hormon yang mendorong respon berupa munculnya jerawat dan ruam pada kulit. Selain itu, tubuh dan kulit pun akan menjadi rentan akan gangguan lantaran adanya peningkatan jumlah radikal bebas. Oleh sebab itu, cobalah memiliki aktivitas yang mampu menenangkan diri Anda sekaligus dapat mengusir stres.


Sumber : female.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar