Rabu, 23 September 2015

Cara Mudah Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah




Siapapun pasti menginginkan wajah yang bersih dan mulus. Tapi, Minyak di wajah yang membuat wajah kita tampak berkilap, selain menjadi tempat menempelnya debu, kuman, dan bakteri wajah berminyak merupakan salah satu  penyebab jerawat apabila tidak diatasi dengan segera.

Penyebab Kulit Menjadi Berminyak

Pola Makan
Kurangilah makanan yang mengandung lemak yang tinggi, ataupun makanan yang mengandung santan dan minyak. Bila berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan minyak maka kadar minyak dalam tubuh akan meningkat. Kekurangan nutrisi dan vitamin juga dapat menyebabkan kulit berminyak.

Kosmetik
Berhati-hatilah memilih kosmetik, karena salah menggunakan produk dapat menyebabkan kerusakan wajah, ditambah di zaman sekarang ini banyak kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya.

Pola Hidup
Pola hidup yang tidak sehat bisa mengakibatkan kulit wajah menjadi tidak sehat. Jarang olahraga, mengkonsumsi obat-obatan dan alkohol adalah beberapa kebiasaan yang tidak sehat.

Faktor Keturunan
Bila orang tua nada memiliki wajah yang berminyak, dan kulit wajah anda juga berminyak. Itu berarti wajah berminyak anda disebabkan oleh faktor keturunan.

Hormon
Ketika seseorang dalam masa pubertas ataupun perempuan yang sedang hamil sering mengalami ketidakseimbangan hormon, hal-hal ini dapat menjadi penyebab kulit wajah yang berminyak.

Stress
Ketika anda stress, Produksi hormon kortisol akan meningkat sehingga produksi minyak dari kelenjar minyakpun akan meningkat. Ini menyebabkan tubuh anda menghasilkan minyak berlebih dan membuat wajah anda berminyak.

Pergantian Musim
Peningkatan suhu dan kelembaban dapat menyebabkan produksi minyak dalam tubuh meningkat. Seperti di musim panas , kulit dapat lebih cepat berminyak. Sehingga wajah anda terlihat mengkilap karena berminyak.

Kulit berminyak tentu dapat mengganggu penampilan anda, dan harus segera diatasi sebelum masalah seperti jerawat timbul. Anda dapat mencoba tips-tpis di bwah ini untuk mengatasi kulit berminyak anda.

Mengatasi Minyak Berlebih pada Wajah

berikut ini kami menyediakan bacaan yang bisa anda juga pratikkan sendiri dari bahan-bahan alami mudah di cari, serta tips untuk menghilangkan minyak pada wajah.

1. Masker Lemon
Lemon mengandung vitamin C yang dapat menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Anda dapat membuat masker wajah dari lemon caranya dengan mencampurkan perasan jeruk lemon dan madu lalu oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih.

2. Masker Pisang
Pisang mengandung vitamin A, C, dan E yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Anda dapat membuat masker pisang dengan cara, menghaluskan makser pisang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih.

3. Masker Putih Telur
Gunakanlah putih telur sebgai masker, oleskan putih telur pada wajah anda. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap malam untuk mengatasi kulit berminyak.

4. Masker Bengkuang
Bengkuang bermanfaat untuk mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori-pori wajah. Buatlah masker bengkuang, dengan memblender bengkuang yang sudah dicuci bersih. Lalu oleskan ke wajaha anda diamkan hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.

5. Masker Alpukat
Alpukat berguna untuk menyerap minyak . Caranya mudah, yaitu dengan mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke wajah Anda , lalu diamkan 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

6. Membasuh Wajah dengan Air Hangat
Ambil handuk kecil, lalu celupkan ke air hangat, lalu lap atau kompreskan ke wajah anda selama beberapa menit. Lakukan hal ini setiap malam.

7. Masker Mentimun
Mentimun berguna untuk mengatasi kulit berminyak. Blender mentimun dan oleskan ke wajah anda, diamkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu basuh dengan air. Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu

8. Air Garam
cuci muka anda dengan air hangat yang dicampur dengan Garam. Dengan begitu, minyak di wajah tidak akan muncul lagi. Lakukanlah hal ini setiap hari.

9. Wortel
Sayur yang kaya akan vitamin A ini juga dapat menghilangkan minyak pada wajah. Pertama anda rebus wortel dengan 2 atau seperlunya, kemudian haluskan dengan merata hingga terasa lembut. Dan campurkan dengan 4,5 sendok makan madu. Trakhir anda oleskan pada wajah seperti masker, dan diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu bersihkan dengan air dingin.

Adapun tips untuk menghilangkankan kulit berminyak adalah sebagai berikut.

Perawatan kulit yang Baik
  • Makanan berminyak dapat membuat kulit mudah mengeluarkan minyak. 
  • Menjaga kebersihan, memperhatikan wajah, serta gaya hidup yang sehat, tentu akan menghasilkan dampak yang baik bagi tubuh. 
  • Make up yang berlebih bisa menjadi penyebab munculnya wajah berminyak. 
  • Saran dari kami, saat sebelum tidur, bangun tidur, dan selesai beraktivitas yang berlebih cucilah wajah anda. Hal ini dapat mengurangi minyak berlebih, karena di dalam sabun terkandung bahan pelembang. 
  • Gunakan pembersih wajah yang khusus untuk wajah berminyak. Dan pastikan sabun tersebut sesuai dengan kulit anda.
Bila anda mempunyai masalah kulit berminyak, cobalah tips-tips di atas. Karena, kulit berminyak perlu segera diatasi sebelum masalah semakin bertambah dengan jerawat yang muncul



Sumber: www.detiksehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar