Selasa, 01 September 2015

Cara Menghilangkan Bau Ketiak



Ketiak dalam bahasa latin disebut dengan axilla yang merupakan daerah lipatan kulit atau lipatan tubuh manusia yang menghubungkan lengan atas dan bahu. Ketiak merupakan bagian tubuh yang tidak terlihat atau tersembunyi.

Rambut ketiak selalu tumbuh di ketiak, baik pada pria maupun wanita. Pertumbuhan rambut ini dimulai pada saat masa pubertas. Biasanya pada wanita, biasanya dicukur dengan alasan estetika. Pria biasanya tetap membiarkan rambut tersebut tumbuh dan hanya dicukur bila sudah cukup lebat. Akan tetapi, kini banyak pria mencukur rambut ketiaknya untuk menjaga popularitasnya sebagai seorang model atau atlet dan sebagainya.

Penyebab Bau Ketiak
Masalah bau ketiak disebabkan karena adanya keringat yang bercampur dengan bakteri dan juga sel kulit mati. Bau ketiak yang tidak sedap menimbulkan menurunnya rasa percaya diri. Hal ini disebabkan karena mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Selain akibat bercampurnya keringat dengan bakteri, penyebab lainnya dari bau ketiak ini adalah, karena makanan, hormon dan juga tidak seimbangnya pola diet yang diterapkan.


Menghilangkan Bau Ketiak
  • Menjaga Kebersihan Tubuh
Kebersihan tubuh harus dijaga dengan cara mandi 2 kali dalam sehari, mandi dipagi hari sebelum melakukan aktivitas dan mandi sore setelah beraktivitas seharian. Karena mandi bisa membantu membersihkan tubuh dari kotoran sehingga tubuh akan lebih bersih dan mencegah berkembangnya bakteri serta kuman yang menempel di tubuh.
  • Kurangilah Asupan Makanan Bawang Merah Dan Bawang Putih
Bawang merupakan salah satu jenis bumbu yang biasanya banyak digunakan untuk memasak. Namun, jika kita mengonsumsi bawang putih atau bawang merah dengan berlebihan maka hal ini akan membuat kandungan belerang yang ada didalamnya akan dikeluarkan lewat pori-pori dalam bentuk keringat yang kurang sedap baunya.
  • Hindari Junk Food
Cara mengatasi bau ketiak adalah dengan menghindari jenis makanan cepat saji, makanan cepat saji akan membuat  tubuh anda berbau tidak sedap. Karena makanan junk food makanan yang rendah akan serat. Makanan junk food ini akan mengalami pembusukan didalam perut dan bisa membuat nafas serta aroma yang ada didalam tubuh menjadi kurang sedap.


Selain dengan menerapkan cara diatas, obat bau ketiak alami adalah salah satunya dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih selain bermanfaat untuk mengatasi masalah keputihan dan mimisan juga bermanfaat untuk membantu menghilangkan bau ketiak. Daun sirih mengandung antiseptik alami yang mempunyai fungsi untuk mengurangi  jumlah kuman serta bakteri penyebab bau badan.

Untuk menghilangkan bau badan yang ada didalamnya, maka anda dapat membuat rebusan air daun sirih dengan menggunakan 5 lembar daun sirih dengan ukuran yang sedang dan direbus dengan 2 gelas air. Kemudian tunggulah sampai air yang tersisa hanya tinggal satu gelas saja. Kemudian saringlah dan minumlah airnya dua kali dalam sehari pagi dan sore hari. Sedangkan untuk membantu menghilangkan bau badan dari luar, maka cara yang dilakukan adalah merebus 10 lembar daun sirih dengan ukuran sedang. Rebus dengan air secukupnya. Gunakanlah air rebusan daun sirih tadi untuk mandi dalam satu kali sehari. Atau anda juga bisa menggosokkan daun dari rebusan tadi ke tempat yang paling mudah berkeringat seperti ketiak.

Selain daun sirih, daun alami lainnya yang bisa bermanfaat membantu menghilangkan bau ketiak adalah daun Kemangi. Kandungan zat aktif yang ada didaun kemangi sangat baik untuk membantu menghilangkan bau badan. Anda bisa mencobanya dengan makan daun kemangi dengan cara menjadikan lalapan.

Selain dengan cara di atas anda bisa juga melakukan dengan cara alami yang lain :

Cara Alami Menghilangkan Bau Ketiak
  1. Mandilah dua kali sehari, kemudian anda bisa menggunakan deodoran setelah mandi agar terbebas dari jamur, karena jamur serta bakteri merupakan salah satu penyebab bau badan.
  2. Saat anda mandi sebaiknya gunakanlah  tawas untuk membantu membersihkan daerah ketiak anda karena salah satu manfaat dari tawas adalah untuk membantu menghilangkan bau ketiak
  3. Anda juga bisa menggunakan cuka putih dibagian ketiak dan oleskan dengan menggunakan kapas, jangan berbarengan menggunakan cuka dengan deodoran.
Itulah beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang bisa anda coba sendiri di rumah, tetaplah mengatur pola makan serta pola hidup bersih dan sehat, semoga bermanfaat.



Sumber: Detiksehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar