Selasa, 07 Juli 2015

Waspadalah! 12 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Kamu Lebih Cepat Tua!



Penuaan dini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari sinar UV, polusi hingga penggunaan AC. Di samping 3 hal tersebut, ternyata kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari sering kamu lakukan setiap harinya, juga berpengaruh dalam mempercepat proses penuaan dini pada tubuh kamu.

Lalu kebiasaan-kebiasaan seperti apa saja yang dapat membuat kamu lebih cepat tua?

1. Stres yang berlebihan
Stres tidak hanya dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental dan emosional, namun juga berdampak pada kondisi fisik, salah satunya membuat kamu tampak jauh lebih tua dari yang seharusnya. Apakah kamu orang yang sering merasa stres karena terlalu banyak hal yang dikhawatirkan? Kamu dapat mencoba melepas stres yang kamu alami dengan cara-cara relaksasi seperti mendengarkan musik-musik yang menenangkan, menambahkan aromaterapi di kamar tidur, melakukan meditasi, yoga dan sebagainya.

2. Minum menggunakan sedotan
Lebih suka menggunakan sedotan saat minum? Sebaiknya kamu mulai menghentikannya karena hal tersebut akan berdampak negatif bagi kesehatan kulit wajah. Gerakan mengerutkan bibir ke depan saat menyedot dapat menimbulkan garis-garis halus di sekitar bibir. Jika sering dilakukan, hal tersebut akan  membuat kulit bibir menjadi tegang dan semakin memperdalam serta memperjelas lipatan-lipatan pada bibir.

3. Mendengarkan musik dengan suara keras
Tanda-tanda penuaan dini bukan hanya terjadi pada kulit, namun juga pada organ-organ tubuh lain seperti telinga yang ditandai dengan semakin menurunnya kemampuan telinga dalam mendengarkan. Penuaan dini pada telinga ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu diantaranya karena mendengarkan musik dengan suara yang keras. Mendengarkan lagu favorit dengan suara yang keras memang menyenangkan dan dapat melepas stres yang kamu alami. Namun jika dilakukan dalam waktu yang lama dan secara terus-menerus, hal tersebut justru akan meningkatkan resiko gangguan pendengaran dini, apalagi jika kamu mendengarkannya dengan menggunakan headset. Untuk menghindari dampak yang ditimbulkannya, gunakanlah speaker untuk mendengarkan musik dalam volume yang besar.

4. Mengabaikan perawatan kulit
Perawatan kulit secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara untuk memperlambat terjadinya penuaan dini pada kulit. Tidak perlu perawatan kulit yang mahal, kamu bisa melakukannya sendiri dengan cara-cara yang sangat mudah. Misalnya, selalu gunakan krim malam sebelum tidur untuk menjaga kelembaban kulit dan mempercepat proses regenerasi kulit.
Selain itu, pastikan pula kamu tidak melewatkan tabir surya saat akan beraktivitas di luar rumah. Sinar UV dari matahari menjadi penyebab utama terjadinya penuaan dini pada kulit seperti munculnya kerutan halus, flek hitam dan pori-pori kulit yang semakin membesar. Gunakanlah krim wajah dan lotion tabir surya yang mengandung SPF sebagai pelindung dari bahaya sinar UV.

5. Kurangnya olahraga
Kurang berolahraga akan menyebabkan menurunkan kebugaran tubuh, yang pada akhirnya juga akan mempercepat proses penuaan pada kulit. Oleh karena itu, olahraga teratur sangat diperlukan untuk menurunkan resiko terjadinya penuaan dini.
Selain memperlambat penuaan, olahraga secara teratur juga dapat menambah panjang umur kamu hingga 10 tahun lho, Toppers. Jadi kalau mau tetap awet muda dan berumur panjang, jangan lupa untuk berolahraga setiap hari yah, setidaknya 30 menit setelah bangun tidur di pagi hari.

6. Mengabaikan tidur/Kurang Tidur
Tidur merupakan waktu dimana sel-sel tubuh, termasuk sel kulit untuk melakukan regenerasi atau perbaikan. Pada saat beraktivitas di luar rumah di siang hari, sel-sel kulit sudah berjuang melawan paparan sinar UV dari matahari dan radikal bebas. Oleh karena itu, diperlukan waktu tidur yang cukup agar sel-sel kulit dapat melakukan perbaikan. Kurangnya tidur akan menyebabkan proses regenerasi sel terganggu sehingga menyebabkan penuaan dini pada kulit yang ditandai dengan kulit wajah yang kusam dan munculnya lingkaran hitam pada area mata.
Selain waktu tidur, posisi tidur juga sangat berpengaruh terhadap penuaan pada wajah. Tidur dengan posisi menyamping dan tengkurap membuat beban kepala bertumpu pada wajah dan membuat kulit wajah terus tertekan. Posisi telentang merupakan posisi tidur terbaik untuk tetap menjaga kekencangan kulit wajah kamu. (Baca juga: 6 Posisi Tidur dan Pengaruhnya bagi Kesehatan)

7. Merokok
Pastinya Toppers sudah tahu kan merokok akan memberi banyak dampak negatif bagi kesehatan tubuh kita? Selain tidak baik bagi kesehatan, rokok juga menjadi kebiasaan buruk lainnya yang dapat mempercepat proses penuaan. Hal tersebut karena paparan dari asap rokok secara langsung juga dapat membuat kulit kering dan lebih cepat keriput. Nah jika kamu seorang perokok, sebaiknya kamu mengurangi dan menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut mulai dari sekarang.

8. Pola makan yang buruk
Jika kamu terbiasa mengkonsumsi makanan instan dan gorengan, kamu harus mulai mengimbanginya dengan konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah kaya akan antioksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kulit. Kerusakan sel kulit ini dapat berupa munculnya garis-garis halus atau keriput dan flek hitam pada kulit. Dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar secara rutin setiap hari, kamu dapat memperlambat proses penuaan pada tubuhmu dan menurunkan resiko terkena berbagai jenis kanker.

9. Menyipitkan mata saat melihat
Sering menyipitkan mata saat ingin melihat sesuatu dengan lebih jelas? Jika iya, kamu harus mulai menghentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Hal tersebut karena menyipitkan mata akan membuat kerutan di area sekitar mata terlihat semakin jelas. Jika kamu memiliki gangguan penglihatan seperti mata minus, sebaiknya gunakan kacamata atau soft lens untuk membantu kamu melihat dengan lebih jelas, tanpa harus menyipitkan mata.

10. Tidur tanpa menghapus make-up
Setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah, mungkin kamu seringkali merasa malas untuk menghapus riasan pada wajahmu. Namun kebiasaan tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kamu tua sebelum waktunya. Debu dan polusi yang menempel di kulit pada saat kamu berada di luar rumah dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, flek hitam dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan dan mencuci wajah sebelum tidur yah, Toppers.

11. Mengeluh
Sering mengeluh terhadap pekerjaan atau hal-hal lain yang tidak kamu sukai? Ternyata selain akan membuat kamu terlihat seperti orang yang tidak bersyukur, kebiasaan ini juga dapat membuat kamu tua lebih cepat lho, Toppers. Pasalnya saat mengeluh, tanpa disadari kamu menyernyitkan dahi. Jika kamu sering mengeluh, jangan heran jika saat ini sudah muncul lipatan-lipatan di bagian dahimu.

12. Mengucek mata
Mungkin kamu sering mengucek mata saat sedang mengantuk atau saat mata terasa gatal. Namun ternyata kebiasaan tersebut dapat mempercepat munculnya keriput di daerah sekitar mata. Nah untuk menghindari terjadinya penuaan dini, sebaiknya mulai berhenti untuk mengucek matamu sekarang juga. Jika mata terasa gatal, kamu dapat meneteskan obat tetes mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar