Sabtu, 10 Agustus 2013

Ini dia Kengapa Kulit Anda Terlihat 10 Tahun Lebih Tua


 Ladies pernahkah anda menjumpai seseorang yang terlihat tua namun ternyata berumur lebih muda dari Anda ? atau bahkan Anda mengalami itu sendiri ? Hampir setiap orang pasti mengalami hal ini. Mungkin tanpa kita sadari, ada banyak penyebab hal tersebut terjadi.

Ada pertanyaan masuk dari seorang wanita cantik. Ia bertanya, mengapa wajahnya tampak seperti orang berusia 25 tahun, padahal dia baru berusia 19 tahun. Mengapa wajah saya tampak lebih cepat tua?

Wajah yang tampak lebih cepat tua berarti mengalami penuaan dini (aging). Ada beberapa penyebab terjadinya aging. 

Berikut adalah alasan mengapa kulit Anda terlihat 10 tahun lebih tua :

1. Rabun Mata
Memburuk penglihatan Anda membuat otot-otot lain di sekitar bekerja keras untuk membantu Anda fokus, kata Ranella Hirsch, MD, mantan presiden American Society of Cosmetic Dermatology dan Aesthetic Surgery. Karena itu hal ini dapat memperdalam garis di sekitar mata, dan yang dapat membuat Anda terlihat lelah.
2. Kesehatan/Kebersihan Gigi
Gigi menambah struktur dan ketinggian vertikal pada wajah. Menggigit kuku atau mengunyah dengan agresif, atau ketika sebuah gigi yang sakit perlu ditarik, kulit wajah bisa menjadi lebih longgar, jelas Phil Haeck, MD, seorang ahli bedah plastik yang berbasis di Seattle dan mantan preseiden American Society of Plastic Surgeons. Dikombinasikan dengan hilangnya alami kulit elastisitas dari waktu ke waktu, hal ini dapat menyebabkan keriput dan kendur di sekitar mulut. Haeck juga mengatakan bahwa gigi palsu memang membantu mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh gigi yang hilang, tetapi implan gigi akan lebih baik untuk menjaga tinggi rahang Anda. Jaga kesehatan gigi Anda dengan menyikatnya dua kali sehari, atau membersihkan setidaknya sekali setahun di dokter gigi Anda.

3. Kacamata “Kaki Lima”
Kulit di sekitar mata Anda sangat tipis dan membutuhkan perhatian ekstra. Anehnya, bahkan orang-orang yang sering menggunakan krim tabir surya sering lupa untuk mengoleskannya di bagian ini, kata Hirsch, yang justru akan memperburuk keriput dan perubahan warna kulit di bagian tersebut. Kacamata hitam dapat menjadi pasangan yang tepay dengan krim tabir surya sebagai baris lain “pertahanan”, tetapi hanya jika kacamata tersebut memiliki perlindungan UVA / UVB yang baik, layaknya lensa buram sebuah kacamata cukup membuat Anda menyipitkan mata dalam cahaya terang. Ini dapat memperburuk garis kerutan dan keriput mata, Hirsch menambahkan.
Sebaiknya kita mulai menjaga kesehatan kulit kita, tidak hanya dengan memperhatikan 3 tips di atas, juga melalui pola hidup yang sehat.
4. Penyebab Lain dari dalam diantaranya faktor genetis, stress, kelelahan, dan kurangnya perawatan pribadi. Sedangkan penyebab dari luar diantaranya paparan sinar matahari, UV, polutan, merokok, atau karena oksidan.

Berikut ini beberapa tips merawat wajah agar tidak tampak lebih cepat menua.

A. Cara mengatasi penuaan dini dengan perbaikan pola hidup
  •  Jalankan pola hidup sehat. Makan-minum sehat, olah raga, imbangkan antara kerja dan istirahat yang cukup, hindari merokok, jangan sering begadang. Kebiasaan hidup yang tidak sehat akan tercermin pada kondisi kulit wajah yang cepat mengendur dan terlihat kusam.
  • Hindari stress. Meskipun tampaknya sulit, tetapi kalau kita selalu berusaha berpikir rasional dan santai maka stress bisa berkurang. Bila dirasa perlu jadwalkan untuk liburan secara reguler. Bisa keluar kota untuk menikmati pemandangan dan mengistirahatkan fisik dan pikiran. Lupakan semua masalah dan urusan kerja agar jiwa raga Anda bisa relaks.
  • Banyak minum air putih. Selain menjaga kesehatan ginjal, air putih mampu menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kelembaban, dan kekenyalan dan kulit.
  • Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Buah dan sayuran banyak mengandung vitamin yang baik untuk kulit, misalnya vitamin C sebagai antioksidan dan menjaga imunitas, serta vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit.
  • Bila perlu silahkan konsumsi supplemen makanan. Langkah ini bisa dilakukan jika vitamin dan gizi pada asupan makanan sehari-hari kurang.


B. Cara mengatasi penuaan dini menggunakan produk kecantikan

Untuk perawatan wajah menggunakan produk kecantikan, gunakan produk sebagai berikut:

  • Selalu bersihkan wajah dengan facial wash yang baik. Lakukan kebiasaan membersihkan wajah setiap kali selesai beraktivitas di luar, terutama malam saat hendak tidur. Gunakan facial wash dan toner yang baik untuk mengangkat seluruh kotoran dan sisa make up pada wajah.
  • Gunakan moisturizer. Bukan cuma mereka yang berkulit kering dan normal, bahkan yang kulit berminyak sekalipun sebenarnya perlu menggunakan pelembab. Mengapa? Karena kelembaban kulit bisa hilang karena pengaruh aktivitas sehari-hari, misalnya AC atau paparan sinar matahari.
  • Selalu gunakan sunblock setiap hari, terutama bila bekerja di luar ruang. Sinar matahari mengandung sinar UV-A dan UV-B yang bisa merangsang proses melanifikasi sehingga menyebabkan kulit menghitam dan tampak kusam. Silahkan baca cara menggunakan sunblock yang benar.
  • Gunakan whitening (krim malam). Selama istirahat malam cream whitening akan memudarkan pigmen melanin dan merangsang proses regenerasi kulit. Boleh ditambah penggunaan serum collagen atau cream antiaging untuk membantu mengencangkan kembali kulit wajah.
  • Gunakan masker wajah, baik gel peel-off dan clay. Penggunaan masker ini bertujuan untuk membersihkan, mengembalikan kelembaban, dan mengencangkan tekstur kulit.
  • Lakukan facial. Proses facial berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tidak terjangkau dengan pembersihan biasa. Selain membersihkan, proses facial akan membantu mempercepat proses pembaharuan sel-sel kulit, sehingga kulit tampak bersih berseri.
  • Bila perlu lakukan peeling. Seperti facial, peeling juga berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Fungsi peeling juga lebih efektif untuk mengikis flek hitam bekas jerawat agar wajah tampak bersih bebas flek hitam. Jika ingin lebih praktis Anda bisa gunakan personal peeling/home peeling untuk digunakan sendiri di rumah. Gunakan maksimal dua kali seminggu.

Nah, sekarang saatnya menjalankan tips tersebut di atas agar wajah Anda selalu bersih cantik dan awet muda sehingga terhindar dari penuaan dini.

Salam cantik !



Sumber : Dari Berbagai Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar