Selasa, 13 Agustus 2013

12 Manfaat Kopi



Kopi seringkali menjadi salah satu teman setia kita di pagi hari dan di setiap kita merasa mengantuk. Selain berfungsi untuk menahan ngantuk dan menyegarkan piiran, kopi juag memiliki berbagai manfaat lainnya untuk tubuh. Yuk simak artikel dari Sehat Cantik kali ini mengenai berbagai manfaat kopi :D


1. Mencegah Batu Ginjal

Peneliti di Harvard menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 4 cangkir kopi sehari memiliki risiko batu ginjal 25% lebih rendah. Penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya juga menunjukkan hasil yang sama.

2. Mencegah Depresi

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2011 menunjukkan bahwa wanita yang minum 2-3 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko 15% lebih rendah untuk terkena depresi. Sementara wanita yang minum 4 gelas kopi setiap hari memiliki risiko depresi 20% lebih rendah.

3. Mempertajam Ingatan

Kopi bisa membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek. Dalam sebuah penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh Radiological Society of North America, peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 2 kopi berkafein bisa meningkatkan ingatan dan kecepatan reaksi seseorang.
Uniknya, penelitian pada tahun 2007 menemukan bahwa wanita yang berusia 65 tahun ke atas dan meminum sekitar 3 cangkir kopi sehari memiliki ingatan yang lebih baik dan tidak menunjukkan penurunan ingatan dibandingkan wanita yang hanya minum 1 cangkir kopi setiap hari. Sayangnya hal ini tak berlaku bagi pria.


4. Menurunkan Risiko Diabetes

Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki risiko rendah terkena diabetes tipe 2. Orang yang minum empat cangkir kopi sehari memiliki risiko diabetes tipe 2 50 persen lebih rendah. Hal ini diketahui melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang diterbitkan pada awal Januari 2012.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Konsumsi kopi diketahui berkaitan dengan penurunan risiko kanker lever, payudara, prostat, dan penyakit yang berkaitan dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah penelitian tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa minum 2 atau 3 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko atau mencegah kanker payudara.

6. Meningkatkan Metabolisme

Kopi berkemungkinan membantu Anda menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi bisa meningkatkan metabolisme, terutama pada wanita. Kopi biji hijau juga diketahui bermanfaat untuk menurunkan berat badan.



7. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Journal of the American Medical Association di tahun 2000 menemukan bahwa konsumsi kafein dalam kopi bisa menurunkan risiko terkena Parkinson. Penelitian pada tahun 2010 juga menunjukkan bahwa minum 2-3 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko kena Parkinson hingga 25%.


8. Memiliki Zat Antioksidan

Edward Giovannucci, salah satu peneliti Harvard menunjukkan bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan kebanyakan sayur dan buah. Faktanya, kopi merupakan sumber antioksidan nomor satu untuk diet ala Amerika.

9. Meningkatkan Kinerja (Pembangkit Stamina dan Energi Ekstra)

Kopi dan kafein yang terkandung di dalamnya diketahui bisa meningkatkan kinerja dan daya tahan tubuh saat bekerja. Sebuah penelitian tahun 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein sebelum olahraga bisa meningkatkan aktivitas dan lama waktu olahraga.

10. Mencegah Gout

Penelitian pada tahun 2007 menunjukkan bahwa pria yang berusia di atas 40 tahun terhindar dari gout dengan seringnya mengonsumsi kopi. Gout bisa terjadi ketika ada peradangan akibat tingginya tingkat asam urat yang mengkristal pada sendi atau jari-jari. Orang yang rajin meminum 6 gelas kopi sehari memiliki risiko encok 60% lebih rendah.

11. mengobati sakit kepala

kopi sangat bermanfaat dalam mengobati sakit kepala, khususnya migrain, dan penelitian menunjukkan, orang yang minum kopi meningkatkan perlindungan terhadap rongga perutnya sendiri.

12. mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis

Bagi kaum hawa, mengkonsusmi satu hingga dua cangkir perhari mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Kafein juga diketahui dapat melegakan pernafasan bagi penderita asma dengan melebarkan saluran bronkial, saluran yang menghubungkan kerongkongan dengan paru-paru. Radikal bebas dalam tubuh yang merusak DNA, juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kopi secara teratur dan wajar.

Dalam penelitian lain juga menyebutkan bahwa kopi sebagai penyebab penyakit maag, tukak lambung, dan tukak usus halus, dikarenakan kopi meningkatkan asam dalam lambung dalam jangka waktu yang lama.

Bahkan para ahli memberikan peringatan bagi seseorang yang mengidap penyakit atau gejala serangan jantung, gangguan ginjal dan tekanan darah tinggi untuk mengkonsumsi kopi tak lebih dari secangkir per hari. Bagi para wanita, konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi kesuburan hingga meningkatkan dapat resiko terjadinya osteoporosis pada wanita usia menopause.

Para ahli kesehatan masih dirundung dilema dengan hasil penelitian mereka mengenai bahaya kopi bagi kesehatan manusia. Mengapa demikian? Karena para ahli kesehatan hanya meneliti dua kandungan dari 500 senyawa kimia yang terdapat dalam kopi. Sehingga seluruh penelitian hingga saat ini belum dapat dikatakan sebagai hal yang final. Ini menunjukkan, bahwa para ahli kesehatan sendiri tak sepenuhnya melarang mengkonsumsi kopi. Tetapi disarankan kepada kita untuk mengkonsumsinya secara wajar.

Itulah beberapa manfaat untuk kesehatan dari kopi. Cek kesehatan tubuhmu secara teratur, dan jangan lupa untuk menyeduh kopimu, friends! Have a nice day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar