Selasa, 18 Maret 2014

Manfaat bersepeda bagi wanita


Ladies Siapa sih yang tidak bisa atau tidak suka bersepeda ? saya rasa hanya sedikit saja orang-orang yang tidak bisa atau tidak suka bersepda karena seperti yang kita ketahui bersepeda itu sangatlah mengasyikan apalagi ketika kita masih kecil banyak sekali pengalaman yang sangat berharga yang bisa kita dapatkan ketika bersepeda. Selain menyenangkan, tahukah anda ternyata bersepeda itu memiliki dampak yang sangat baik terhadap kesehatan kita bahkan ada pula yang menyarankan untuk bersepeda minimal 1x dalam sehari.

Akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang yang enggan atau malas untuk bersepeda bahkan untuk jarak yang sangat dekat pun mereka lebih memilih menggunakan sepeda motor padahal dengan menggunakan sepeda motor kita telah ikut menyumbang karbondioksida yang merupakan salah satu dari sekian banyak pencemaran lingkungan. Nah, dengan faktor yang demikian tersebut pada hari ini saya akan berbagi informasi yang cukup menarik tentang banyaknya manfaat bersepeda bagi kesehatan.

Apa saja sih manfaatnya ? dibawah ini terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila kita terbiasa dengan yang namanya bersepeda, diantaranya :

Kemampuan otot
 Manusia tentunya mempunyai banyak otot yang dipakai setiap harinya untuk melindungi kesehatan. Tidak aktif sepanjang 1 minggu saja akan mampu untuk turunkan kemampuan otot sejumlah 50 % , kemudian merusaknya dalam periode waktu yang cukup panjang. Saat kita bersepeda, otot bakal makin aktif. Ini menjadikan otot makin kuat serta berperan dengan cara lebih efektif.

Tekanan darah
 Bersepeda dengan cara teratur dapat menghindarkan ataupun sekurang-kurangnya mampu kurangi tekanan darah. Menjaga dengan baik mengenai tekanan darah pasti bagus untuk hindari penyakit stroke ataupun rusaknya pada organ yang lain. Tekanan darah dapat juga di turunkan dengan turunkan kecepatan detak jantung, yang dapat dikerjakan dengan bersepeda teratur.

Memperkuat system imun
 System imun mempunyai peranan dalam membuat perlindungan bagi tubuh dari berbagai infeksi dan juga virus. Riset telah riset telah menunjukan bahwa aktivitas fisik misalnya berolahraga serta bersepeda dapat meningkatkan kemampuan bagi system imun, hingga menjadikan badan semakin bugar. Diluar itu, bersepeda dapat juga memperkuat system imun dari serangan sel sel kanker serta penyakit tumor.

System kerangka
 Kerangka yaitu bagian tubuh yang mendukung organ lain dalam badan kita, seperti halnya otot, tendon, ataupun organ yang lain. Bersepeda dapat menguatkan tulang serta mampu menaikkan fleksibilitasnya untuk aktif bergerak. Bersepeda juga mempunyai faedah yang baik untuk kemampuan dan kepadatan tulang kita.

Obesitas
 Bersepeda mampu untuk turunkan resiko kegemukan dan ketinggian berat badan ataupun obesitas sampai 70 %. Dengan berkurangnya berat tubuh, maka bakal makin gampang juga untuk badan supaya mengatur kolesterol. Apabila rajin olahraga semisal bersepeda khususnya di saat masa masa muda akan dapat turunkan terkena resiko obesitas di saat usia tua. Kemudian, dengan berat tubuh yang ideal, system metabolisme dalam tubuh juga akan turut terjaga.

Kesehatan mental
 Dengan bersepeda akan mempunyai dampak yang baik untuk menjadikan seorang jadi lebih tenang. Diluar itu, bersepeda dapat juga menstabilkan badan dengan cara fisik ataupun emosional. Bersepeda akan mampu untuk turunkan kekhawatiran, depresi, atau persoalan mengenai psikologi yang lain. Kemudian bersepeda bisa pula untuk menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh.

Penyakit jantung serta kardiovaskular
 Jantung yaitu satu diantara organ utama pada bagian tubuh manusia. Tetapi jantung dapat juga rusak disebabkan karena kurangnya aktivitas atau olahraga. Bersepeda yaitu salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Seluruh aspek yang dapat mengarah terhadap penyakit serangan jantung dapat dikurangi dengan cara olahraga bersepeda. Bersepeda akan mampu kurangi resiko terkena serangan penyakit jantung sampai 50 %.

Itulah banyaknya manfaat bersepeda yang bisa anda dapatkan kalau anda suka dan teratur dalam menjalankan program bersepeda. Setelah kita mengetahui betapa besar manfaatnya otomatis kita akan lebih giat lagi dalam melakukan aktivitas bersepeda. Bersepeda itu tidak hanya kita gunakan untuk pada hari libur aja, melainkan ketika kita mau berangkat kerja pun kita bisa menggunakannya apalagi kalau jarak tempat kerja tidak terlalu jauh. Yuk, kita bersepeda ria !


Sumber : sehatcantik

1 komentar:

  1. Thx utk infonya.. mampir yuk ke http://elementmtb.com/manfaat-yang-didapat-jika-gowes-bersama-pasangan-part-2/

    BalasHapus