Senin, 17 Maret 2014

Kapan Tubuh Butuh Konsumsi Suplemen?


 
Nutrisi merupakan salah satu faktor penting bagi tubuh yang sehat. Namun terkadang mencukupi kebutuhan nutrisi dari makanan saja tidak cukup, sehingga sebagian orang pun memilih mengonsumsi suplemen.

Hanya saja, penelitian menunjukkan, suplemen tidak selamanya baik untuk dikonsumsi. Bahkan banyak orang yang mengonsumsi suplemen sebagai bentuk dari tindakan berlebihan yang sebenarnya tidak mereka perlukan.

 "Agar tidak salah mengonsumsi suplemen, kita perlu mengetahui tanda-tanda tubuh memerlukannya. Dan ada pula saat-saat tertentu tubuh paling membutuhkan suplemen," ungkap dokter spesialis gizi klinik Nanny Djaja saat dihubungi Kompas Health Sabtu (1/2/2014).

Nanny menjelaskan, tubuh membutuhkan suplemen biasanya apabila tubuh sedang mengalami kelelahan karena bekerja terlalu keras dan kurang istirahat. Saat ini umumnya sistem imun seseorang sedang menurun kekuatannya sehingga mudah sakit, sementara suplemen akan membantu tubuh untuk lebih berenergi dan memperkuat sistem imun tersebut.

Suplemen yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi orang yang sedang lelah biasanya berupa multivitamin dan mineral. Alasannya suplemen tersebut dapat membantu mengembalikan fungsi sel-sel tubuh sehingga meringankan kelelahan.

Kurang perhatian pada makanan yang diasup juga diketahui sebagai kondisi yang menyebabkan seseorang perlu mengonsumsi suplemen. Menurut Nanny, hal ini erat kaitannya dengan pemenuhan zat gizi yang tidak mampu dicukupi dari makanan saja.


Selain itu ada pula keadaan lain tubuh paling membutuhkan suplemen yaitu saat kurang nafsu makan. "Nutrisi dibutuhkan dari makanan, sehingga bila tidak nafsu makan, bagaimana nutrisi bisa cukup? Itu lah kenapa kita butuh suplemen saat kurang nafsu makan," jelas staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya ini.


Nanny menuturkan, kurang nafsu makan biasanya dialami oleh orang-orang usia lanjut lantaran adanya gangguan pengecap. Selain itu mereka juga rentan mengalami depresi karena merasa sendiri dan kesepian sehingga menurunkan nafsu makannya.

 Kondisi lainnya tubuh membutuhkan suplemen adalah kondisi pemulihan setelah sakit. Saat ini, tubuh masih dalam keadaan cukup lemah dan membutuhkan tambahan nutrisi untuk menjadikannya pulih kembali. Sayangnya kondisi setelah sakit biasanya diwarnai dengan nafsu makan yang belum pulih juga, sehingga suplemen bisa dijadikan pilihan.

 "Kondisi hamil, menyusui, masa pertumbuhan juga merupakan saat-saat yang paling banyak membutuhkan asupan nutrisi yang prima sehingga konsumsi suplemen mungkin juga dibutuhkan," pungkasnya.

 

 Sumber : health.kompas

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar