Selasa, 18 Maret 2014

6 Makanan Penurun Kolesterol

 

Kolesterol tinggi (hiperkolesterol) tidak memandang gender maupun status sosial ekonomi. Kolesterol tinggi menjadi penyebab berbagai penyakit degeneratif yaitu jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.

Banyak faktor, misalnya keturunan, menjadi penyebab awal hiperkolesterol. Namun demikian,  kolesterol yang kelewat tinggi sebenarnya dapat dicegah melalui gaya hidup yang sehat.  Pola diet yang tepat dibarengi dengan olahraga dapat menjadi jurus jitu menjaga kadar kolesterol tetap dalam ambang sehat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL).  Memasukkan makanan ini dalam pola makan setiap hari diharapkan membantu kolesterol Anda terkendali

1. Strowberi

 Buah berwarna merah ini tidak saja enak, tapi juga mengandung antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Menurut hasil riset ilmuwan  dari Università Politecnica delle Marche, konsumsi stroberi dapat mengurangi jumlah total kolesterol buruk dalam tubuh. Sedangakan jumlah kolesterol baik tetap sama. Temuan ini dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry.

2. Minyak ikan

 American Heart Association merekomendasikan konsumsi minyak ikan sedikitnya dua kali penyajian per hari. Minyak ikan yang kaya asam lemak omega 3 akan memberi pengaruh positif pada penderita jantung koroner tahap awal (preexisting).  

3. Kacang pohon (tree nut)

 Kacang-kacangan jenis kacang pohon  (tree nut) seperti almond, walnuts, pistachio, cashew, chestnut dan pecan mengandung lemak jenuh yang rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi. Dengan kandungan ini, tree nut baik dikonsumsi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Dalam kesimpulan riset yang dimuat Medline menyebutkan, tree nut membantu menurunkan kolesterol LDL  3-19 persen lebih tinggi dibanding diet Western dan rendah lemak.

4. Fenugreek

 Fenugreek atau kelabat adalah sejenis herba yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan baik obat maupun rempah bahan makanan. Bagian tanaman yang dimanfaatkan meliputi biji dan daunnya. Laporan dalam CNN Health mengatakan, beberapa riset dari 1990 membuktikan variasi aneka resep fenugreek dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, dalam beberapa kasus penurunan terjadi sangat drastis.

5. Bawang putih

Peneliti dari Texas A&M University AgriLife Extension Service menemukan, konsumsi sedikitnya satu setengah siung bawang putih mentah per hari dapat meningkatkan 30 persen kadar kolesterol baik dalam darah. Riset tersebut juga menemukan, bawang putih bisa mencegah pembekuan, menurunkan tekanan, dan menjaga sirkulasi darah.

 6. Kunyit

Rempah kuning yang biasa untuk mewarnai makanan di negara Asia Selatan, ternyata memberikan lebih dari sekedar warna. Studi pada hewan yang dilakukan para ahli di University of Michigan menunjukkan, ekstrak kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol dan mencegah pembekuan akibat penumpukan kolesterol jahat dalam darah. 

 

Sumber : Kompas.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar