Selasa, 30 Juni 2015

Keajaiban Lidah Buaya untuk Kulit



Menjaga keindahan kulit tak selalu perlu biaya mahal. Dengan bahan alami, bahkan bisa kita petik di halaman rumah, kita sudah bisa merawat kulit. Salah satu tanaman berkhasiat tersebut adalah lidah buaya.

Tanaman lidah buaya (aloe vera) sudah lama tersohor baik untuk pengobatan atau kecantikan. Tanaman ini diketahui mempercepat penyembuhan luka kecil, serta mengandung antibakteri dan vitamin.

Selain sebagai penyubur rambut, ketahui apa saja manfaat lidah buaya untuk kecantikan.


- Pembersih makeup
Tidak semua orang cocok mengenakan pembersih makeup karena kandungan kimianya yang keras bisa membuat kulit kering. Sebagai alternatif, gunakan satu sendok daging lidah buaya yang sudah dilumatkan kemudian usapkan dengan kapas. Bersihkan muka secara perlahan lalu bilas dengan air.

- Krim kulit sebelum mencukur
Kandungan antibakteri dalam lidah buaya membuat lidah buaya menjadi krim kulit yang perlu dipakai sebelum mencukur rambut di kulit. Selain itu lidah buaya juga bersifat melembabkan.

- Meredakan bengkak
Ambil tempat cetakan es batu lalu isilah dengan lidah buaya, kemudian bekukan. Es lidah buaya ini bisa dipakai untuk meredakan bengkak karena gigita serangga atau mengurangi efek terbakar akibat sinar matahari.

- Sabun cuci muka
Campurkan satu sendok teh gel lidah buaya dengan satu sendok teh susu almond dan satu sendok teh lemon. Gunakan sebagai sabun untuk membersihkan muka. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas. Kandungan mineral dalam lidah buaya ternyata mengandung antibakteri sehingga sangat ideal untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat.

- Pengelupas kulit
Pengelupasan kulit memang tidak menyenangkan, tapi hal ini dibutuhkan jika kita ingin memiliki kulit wajah yang bersinar dan segar. Daging lidah buaya bisa menjadi bahan dasar untuk membuat scrub karena ia bermanfaat untuk melembutkan dan memberikan oksigen ke sel-sel kulit.

Campurkan setengah cup lidah buaya dengan brown sugar atau baking soda sampai teksturnya agak kasar. Kemudian gosokkan ke siku, kaki, tangan, dan bagian tubuh lain yang sering terasa kasar.

- Melembabkan kulit kaki
Sesekali manjakan kaki dengan masker lidah buaya yang dibuat sendiri. Caranya, campurkan setengah cup oatmeal, setengah cup body lotion tanpa parfum, serta 4 sendok teh gel lidah buaya. Kemudian gosokkan ke bagian kaki yang lelah dan bilas dengan air hangat.



Sumber : female.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar