Selasa, 09 Desember 2014

Minum Kopi Dapat Cegah diabetes dan obesitas

Kandungan kafein yang terdapat di kopi masih menjadi hal yang kontroversial hingga saat ini, Kafein dalam kopi diketahui bisa memberikan tambahan energi secara instan dan membuat orang lebih mudah fokus. Namun konsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan tentunya tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan.



Baru-baru ini peneliti mengungkap manfaat lain di balik kopi. Penelitian menunjukkan bahwa minum tiga cangkir teh atau kopi sehari bisa menurunkan risiko diabetes. Selain itu, orang yang rajin minum kopi juga memiliki BMI dan lingkar pinggang yang lebih kecil.



Berdasarkan hasil penelitian dengan mengambil sempel 9.000 orang penikmat kopi. Peneliti dari University College London menemukan bahwa peminum kopi dan teh memiliki risiko terkena sindrom metabolisme 25 persen lebih rendah. Kemampuan kopi untuk menjaga berat badan juga dikaitkan peneliti dengan rendahnya risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Orang yang rajin minum kopi juga diketahui memiliki tekanan darah yang lebih rendah. Meski begitu, peneliti tak mengetahui penyebab dan alasan di balik kaitan antara kopi dan tekanan darah serta obesitas dan diabetes, seperti dilansir oleh Daily Mail (08/12).

Peneliti berpendapat bahwa kemungkinan hal ini disebabkan oleh zat polyphenol dalam kopi yang bisa mencegah peradangan. Peradangan adalah salah satu faktor risiko dari penyakit obesitas, diabetes, jantung, dan lainnya. Jadi, sudahkah Anda minum kopi hari ini?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar