Rabu, 30 April 2014

5 Tanda Anda Butuh Jeda dari Pekerjaan


Setiap orang pernah merasakan kegagalan dalam pekerjaan. Merasa terlalu banyak bekerja, tidak melakukan banyak hal dengan baik, kehilangan kepercayaan diri, bahkan berpikir untuk mencari sebuah pekerjaan baru.
Namun tahukah Anda, setiap masalah tersebut bisa diselesaikan dengan satu hal sederhana, seperti mengambil jeda atau libur untuk bersantai sejenak?
Masalahnya, tak sedikit orang yang tak tahu kapan waktu yang tepat bagi mereka untuk mengambil jeda.
Berikut adalah lima tanda untuk mengenalinya.
 
1. Anda seharusnya mencintai pekerjaan Anda, namun sekarang, Anda membencinya.
Apakah Anda merasa cemas ketika harus bangun dan kembali bekerja setiap harinya? Apakah sebelumnya hal ini adalah sesuatu yang menyenangkan bagi Anda?
Mayoritas dari kita memang menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat kerja, jadi jika Anda lantas merasa tidak bahagia, maka jangan ragu untuk mengambil "jeda" untuk mengatasinya.

2. Atasan sering menegur Anda
Apakah atasan sering menegur dan menyarankan untuk memperbaiki pekerjaan Anda? Jika ya, dan Anda tetap tidak menunjukkan adanya perbaikan yang berarti, inilah saatnya untuk menilai apakah Anda memang benar-benar cocok untuk bekerja di bidang tersebut.
Mengambil jeda sejenak untuk beristirahat dan berpikir adalah langkah tepat, di samping memikirkan keputusan untuk pindah dan mencari pekerjaan yang sesuai.

3. Anda merasa telah kehilangan momentum penting
Apakah orang terkasih Anda, teman, atau anggota keluarga pernah berbicara tentang kecanduan Anda terhadap pekerjaan? Apakah Anda merasa telah kehilangan momentum penting karena Anda terlalu sibuk bekerja?
Mungkin inilah tanda, sudah saatnya Anda untuk pergi dan mengambil jeda untuk melihat apakah apa yang sedang Anda kerjakan ini benar-benar "berharga" seperti yang Anda pikirkan. 

4. Anda sedang mengalami sebuah peristiwa atau perubahan besar dalam hidup
Perceraian, kehilangan orang terkasih, perpindahan, kelahiran anak, apa pun yang mengganggu rutinitas normal Anda, menawarkan kesempatan untuk mempertimbangkan lagi bagaimana seharusnya memanfaatkan waktu Anda sebaik mungkin.  

5. Anda stres dan tidak sehat
Apakah Anda mengalami insomnia, masalah kesehatan, atau bahkan depresi? Ini adalah sebuah tanda yang jelas bagi Anda untuk segera mengambil "jeda". Jika hal yang merugikan mempengaruhi kesehatan Anda, maka saatnya mengatasi masalah sedari dini, sebelum semakin serius.

Memang, memberikan kesempatan pada hal baru, seperti merencanakan perjalanan besar, mengubah karier, atau memulai sebuah proyek baru kerap membuat Anda bimbang dan sulit lepas dari zona aman. Namun, Anda harus ingat, jika hidup ini pendek dan sebentar, mengapa harus memperjuangkan sesuatu yang membuat Anda tidak bahagia, demi masa depan yang Anda pikir "sudah aman"?
Mengambil jeda untuk liburan dan beristirahat memungkinkan Anda hidup untuk saat ini dan membuat pilihan yang lebih baik. Selain itu, Anda juga memiliki ruang dan waktu untuk mempertimbangkan dengan benar segala alternatif dan keluar dari segala hal yang membuat Anda tak bahagia.


Sumber : Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar