Minggu, 22 September 2013

Perkembangan Otak Anak Ditentukan Oleh Kasih Sayang Ibu



Sudah sepatutnya orang tua mengasihi buah hatinya sepenuh hati. Kasih sayang dari orang tua tidak hanya membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang bahagia, namun ternyata dapat mempengaruhi otak anak, yakni ukuran otaknya lebih besar. Sebuah pemindaian otak yang dilakukan kepada anak berumur tiga tahun membuktikan hal tersebut.

Anak yang mendapatkan kasih sayang dari ibunya secara signifikan mempunyai ukuran otak kiri yang lebih besar dan lebih ‘bersih’ dari bintik-bintik hitam dibandingkan dengan anak yang tidak cukup mendapatkan kasih sayang bahkan diabaikan oleh ibunya. Hal ini juga berlaku dengan otak kanannya.

Neurologis mengungkapkan jika hasil ini bisa dijadikan bukti bahwa perlakuan kepada anak pada awal usia kehidupannya sangatlah penting. Para ilmuwan mengatakan bahwa perbedaan ukuran otak kiri dan otak kanan anak tergantung dari perlakuan ibu terhadapnya.

Pengaruh kasih sayang ibu terhadap perkembangan otak anak
Bila dilihat sepintas, gambar hasil pemindaian akan menunjukkan bahwa otak kanan anak seperti habis mengalami sakit parah atau kecelakaan, padahal sebenarnya anak ‘hanya’ tidak mendapatkan kasih sayang, pengabaian, bahkan penyiksaan dari orang tuanya. Sebaliknya, gambar pemindaian yang menunjukkan otak anak lebih besar dan berkembang baik, mengindikasikan bahwa si anak mendapatkan kasih sayang dari ibunya dan dibesarkan di lingkungan yang penuh cinta.


Anak yang otaknya mengalami penyusutan akan mendapatkan kesulitan dalam perkembangan mentalnya. Selan itu, dia cenderung rentan mengalami gangguan kesehatan. Menurut Profesor Allan Schore dari UCLA, Los angeles, bayi sangat tergantung dengan ibunya dalam perkembangan otak yang sehat di awal usia dua tahun pertama kehidupannya di dunia. Dia mengatakan bahwa kurang dari 80 persen dari sel-sel otak akan tumbuh di dua tahun pertama kehidupannya. Bila pada masa ini otak tidak berkembang dengan baik, maka hal itu sangat sulit dibenahi di masa datang. Mengabaikan tumbuh kembang bayi bisa mengakibatkan kerusakan otak hingga permanen, akibat dari tidak berkembangnya otak secara optimal.

Penelitian ini tidak berdiri sendiri. Penelitian lain oleh tim dari Washington University School of Medicine, St.Louis, juga menunjukkan hal yang sama. Anak-anak yang mendapatkan kasih sayang yang cukup dari orang tuanya cenderung mempunyai hippocampus yang lebih besar. Hippocampus adalah inti dari struktur otak yang penting untuk proses mengingat, proses belajar, dan merespon stres. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa si anak lebih pintar.

Oleh sebab itu, bagi para pembaca sekalian, jika anda menginginkan anak anda bertumbuh kembang dengan optimal, berikanlah kasih sayang yang cukup padanya, ciptakan kebahagiaan untuknya sejak bayi agar mereka dapat tumbuh menjadi anak yang pintar dan bahagia. Semoga artikel ini bermanfaat..



Artikel Kesehatan | Kompas Health 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar