Kamis, 20 Agustus 2015

Posisi Tidur Saat Moms Hamil Muda yang Aman untuk Kandungan




Ketika perut mulai membesar, biasanya mulai muncul rasa was-was dan takut saat sedang tidur.  Apalagi saat kandungan memasuki usia trimester kedua, saat kondisi fisik perut Moms tabah membesar.


Bagaimana posisi tidur yang aman saat hamil muda?


Moms, Jangan khawatir!. Tubuh Moms diciptakan unik, sehingga dapat memberikan perlindungan sempurna bagi janin!.  Pada dasarnya, janin ada dalam sistem proteksi tubuh Moms. Posisi apapun janin di dalam kandungan akan tetap merasa nyaman. Janin mengapung dalam cairan ketuban.  Ia memiliki cukup ruang sendiri untuk bisa bergerak bebas dan berkembang.

Ada fakta yang cukup membahagiakan, yang membuat para Moms tak perlu takut lagi menentukan posisi tidur saat hamil. Posisi tidur Moms saat hamil muda bisa apa saja, yang penting dalam kondisi yang nyaman dan nyenyak.


Ada beberapa posisi tidur yang bisa Moms coba untuk mendapatkan istirahat yang maksimal.


1. Tidur Tengkurap

Saat hamil muda, yang ukuran perutnya belum terlalu besar, tidur dengan posisi tengkurap masih cukup aman. Saat kehamilan trimester pertama, yang ditandai dengan bagian dada yang lebih sensitif, posisi tidur tengkuran menjadi terasa kurang nyaman.

Posisi tengkurap sangat tidak cocok bagi Moms yang perutnya mulai membesar (awal 14 minggu). Moms perlu menyokong paha dengan bantal, karena perut yang mulai membesar.


2. Tidur Telentang

Posisi telentang adalah posisi yang paling aman dan paling nyaman, terutama pada saat Moms sedang hamil muda.  Namun posisi ini berangsur kurang disarankan saat kehamilan sudah memasuki usia 16 minggu. Secara otomatis beban rahim akan bertumpu pada bagian belakang tubuh.  Posisi ini rentan terhadap gangguan kesehatan seperti sakit pinggang, gangguan pencernaan, dan juga wasir.

Posisi ini juga bisa memengaruhi stabilitas tekanan darah. Moms ada yang merasa pusing, dan sebaiknya ada yang justru meningkatkan tekanan darah. Pada kasus kehamilan dengan tekanan darah tinggi, tidur pada posisi telentang sangat tidak dianjurkan.


3. Tidur dengan Posisi Miring

Posisi tidur Moms hamil muda yang sangat disarankan adalah posisi tidur dengan posisi miring. Posisi miring ini cukup aman untuk baby yang ada di dalam kandungan.

Tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri akan memberikan beberapa keuntungan untuk baby yang ada di dalam kandungan. Janin akan mendapatkan aliran darah dan nutrisi secara maksimal ke plasenta. Selain itu, karena vena cava inferior di sebelah kanan maka akan mengembalikan aliran darah ke jantung dari bagian tubuh bawah.

Selain itu, posisi tidur miring ke sebelah kiri akan membantu melancarkan pekerjaan ginjal dalam membuang zat sisa dan juga cairan dari dalam tubuh Moms. Hal ini akan mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan.


Tips Posisi Tidur yang Paling Pas!

Sebenarnya, alasan utama di balik masalah tidur saat hamil adalah semakin membesarnya ukuran janin Moms. Berikut tips tidur yang nyaman ketika perut sudah menjadi lebih besar.


1. Menyamping ke Kiri.

Berbaring menyamping dengan menekuk lutut. Biar lebih nyaman lagi, letakkan bantal di antara kaki, bawah punggung, dan bawah perut. Inilah posisi tidur yang paling direkomendasikan dokter ketika perut membesar. Hati kita terletak di bagian kanan perut, sehingga tidur menyamping akan membuat janin terhindar dari tekanan organ hati. Posisi ini bisa juga mengoptimalkan aliran darah ke plasenta dan janin.


2. Menyamping ke Kanan

Tidur posisi ke kanan juga posisi baik. Moms dapat mengganti posisi ke kanan dan ke kiri untuk membuat anda tidur lebih nyaman. Agar posisi miring lebih nyaman, tidak ada salahnya meletakan bantal di antara dengkul Moms dan satu di punggung Moms. Atau bisa juga membuat atau bisa membeli bantal khusus untuk ibu hamil.


3. Bersandar

Moms bisa meninggikan bantal, lalu tidur dengan cara bersandar pada bantal tersebut. Lutut akan terasa lebih nyaman lagi, jika Moms menaruh beberapa bantal di bawahnya. Tidur bersandar bisa jadi pilihan bila Anda tak mungkin tidur menyamping.


4. Bila Moms Sakit Pinggang

Tidurlah pada posisi telentang. Kepala diletakkan di atas tumpukan bantal, lalu sangga lutut dengan beberapa bantal.


5. Bila Moms Pegal pada Kaki

Tidurlah dengan telentang. Kepala dan bokong ditopang dengan bantal. Sandarkan kedua kaki  (kaki diluruskan) pada dinding, lalu renggangkan kaki sejauh mungkin dan istirahatkan. Jaga agar telapak kaki tetap mendatar.


6. Posisi Kehamilan Lanjut

Posisi telentang akan membuat tubuh bayi menekan pembuluh darah besar pada bagian belakang tubuh Moms. Tekanan darah menurun, sehingga Moms suka pusing. Telentanglah seperlunya saja! Kombinasikan saja dengan posisi miring ke kiri.


7. Pergantian Posisi

Bila Moms terbangun saat malam sudah menemukan diri dalam kondisi telentang, jangan khawatir!, Moms tidak melakukan sesuatu yang mencelakai janin.  Sejatinya, saat hamil Moms pasti sudah mengalami pergantian posisi yang berulang beberapa kali. Kembalikan saja pada posisi yang nyaman ideal, seperti posisi miring ke kiri.

Pada dasarnya semua posisi tidur itu baik-baik saja. Asalkan membuat Moms dan si janin dalam kandungan merasa nyaman. Selamat tidur!@


Sumber : www.cosmomom.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar